Tips  

5 Cara Membersihkan Layar TV LED untuk Menghindari Kerusakan, Mudah dan Aman

Cara membersihkan layar tv led yang kotor

Apakah kamu sedang mencari cara membersihkan layar TV LED? Maka tepat sekali berada di artikel ini. Sebab, banyak di antara pemilik TV LED terkendala masalah untuk membersihkannya.

Cara membersihkan layar TV LED sebenarnya sangat mudah jika mengetahui langkah tepatnya. Namun bagi yang belum memahaminya justru membuat layar LED menjadi rusak dan bahkan tidak dapat digunakan lagi.

Baca juga: Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Tanpa Aplikasi, Online dan Offline

Maka dari itu penting sekali memahami setiap cara tepat agar tidak menimbulkan kerusakan. Akan sayang sekali TV dengan harga mahal menjadi rusak hanya karena salah cara membersihkan layar.

Lantas, bagaimana cara membersihkan layar TV LED dengan benar dan aman? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Cara Membersihkan Layar TV LED yang Kotor

Berikut inilah beberapa cara mudah untuk membersihkan layar TV LED yang bisa dilakukan oleh pemula:

1. Matikan Layar TV

TV merupakan barang elektronik yang mudah rusak dan akan menyetrum. Maka dari itu pastikan mematikan layar TV LED terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Sehingga bisa terhindar dari kesetrum karena kondisi TV LED yang masih nyala. Sebaiknya mematikan TV dengan mencabut stop kontak agar lebih aman.

Baca juga: Cara Nonton Tv di Android Tanpa Internet dengan Aplikasi, Mudah!

Mematikan TV LED saat dibersihkan dapat meminimalisir timbulnya kerusakan yang terjadi pada barang elektronik. Dengan begitu pastikan semuanya aman agar tidak merusak layar TV LED. Perlu diperhatikan saat akan membersihkan TV tunggu sampai keadaannya dingin setelah dicabut dari stop kontak sebab akan dibasuh dengan air.

2. Gunakan Cairan Screenclean

Dalam membersihkan layar TV LED memang tidak boleh sembarangan. Maka dari itu pemilik TV LED bisa menggunakan cairan screenclean. Cairan ini memiliki fungsi sebagai cairan pembersih layar monitor. Cara membersihkannya cukup dengan lap bersih ataupun bisa menggunakan kanebo.

Celupkanlah lap bersih atau kanebo pada air bersih dan peras sampai kering. Lalu semprotkan cairan tersebut pada bagian permukaan layar TV LED. Cara membersihkan layar TV LED ini dilakukan dengan mengusap satu arah dan jangan sampai dibolak-balik. Hal ini akan merusak dan bahkan menggores layar TV.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Foto dengan Lagu Lewat Hp Tanpa Aplikasi, Mudah!

3. Pilih Lap Bahan Lembut

Pemilihan lap yang digunakan untuk membersihkan layar TV LED sebaiknya dengan bahan halus atau lembut. Bahan tersebut berfungsi untuk menjaga keamanan pada layar TV LED agar tidak tergores. Jika pemilihan lap yang digunakan salah maka kemungkinan akan merusak layar TV LED menjadi lebih parah.

Baca juga: 10 Trik dan Cara Mempercepat Download di Google Chrome

Dengan penggunaan lap yang tepat maka akan membersihkan kotoran menempel pada layar LED lebih maksimal. Dalam hal ini pemilik TV juga bisa menggunakan bahan dari microfiber yang berbulu halus. Sehingga lebih aman digunakan dan tidak merusak perangkat elektronik khususnya di bagian layar.

4. Gunakan Minyak Kayu Putih

Keberadaan minyak kayu putih selain menghangatkan tubuh juga bisa bermanfaat untuk hal lain. Salah satunya untuk membersihkan layar TV LED dengan menghilangkan noda membandel. Cara melakukannya pun sangat mudah hanya dengan menggunakan kain lap yang telah disediakan.

Saat membersihkan jangan menekan terlalu keras dan lakukan secara lembut dalam membersihkan. Gunakan tetesan minyak kayu putih pada lap dan baru mengusapnya ke layar TV LED. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka jangan mengelap kembali dengan microfiber setengah basah.

Baca juga: Simak! Ini 5 Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja, Nomor 1 Paling Mudah

5. Periksa Kondisi Layar

Apabila layar TV LED sudah dibersihkan maka pastikan layar dalam keadaan kering. Dengan demikian bisa mengecek kondisi dari layar TV LED apakah ditemukan lecet ataupun kerusakan. Jika kondisi layarnya tidak ada goresan dan nyala normal maka dapat dipastikan bahwa layar tidak rusak.

Namun sebaliknya saat layar rusak maka ada kesalahan dalam membersihkannya tadi. Penekanan yang terlalu keras atau penggunaan lap tidak tepat dapat memicu terjadinya kerusakan tersebut. Maka dari itu lakukanlah dengan perlahan sehingga kondisi seperti ini tidak terjadi lagi

Demikianlah uraian tentang cara membersihkan layar TV LED melalui langkah tepat. Pastikan membersihkan layar secara perlahan guna menghindari terjadinya kerusakan.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News