Cara Membersihkan Keyboard dengan Baik dan Benar

0
Cara-Membersihkan-Keyboard

Banyak keyboard di pasaran saat ini hadir dengan model chiclet. Hal ini membuat bagian dalamnya sulit untuk dibersihkan. Apalagi tidak sedikit pengguna yang memakai keyboard dengan tangan yang tidak bersih. Nah, artikel tentang cara membersihkan keyboard dengan baik dan benar ini semoga bermanfaat untuk Anda.

Sebelumnya, Kopitekno.com pernah mengulas cairan pembersih laptop. Cairan ini sangat bisa dipergunakan untuk membersihkan kaeyboard hingga sela-sela bagian dalam yang tak terjangkau.

Cara Membersihkan Keyboard

Sementara itu banyak orang hanya membersihkan bagian luar saja. Sementara bagian dalamnya menyisakan kotoran yang bebal dan tak mau hilang. Kotoran ini kemudian menjadi bakteri yang berbahaya apabila tidak dibersihkan secara baik dan benar.

Cara Membersihkan Keyboard Chiclet

Untuk membersihkan keyboard chiclet, Anda jangan coba-coba mencabut tombol-tombolnya. Sebab kaitan pengaman yang ditarik secara paksa bisa menyebabkannya patah. Anda hanya perlu membalikkan keyboard tersebut dan menyapunya secara bersih.

Sambil disapu dan tetap pada posisi terbalik, silakan ambil cairan pembersih laptop yang biasa Anda pergunakan. Sangat disarankan Anda memakai isopropil alkohol, sehingga tidak meninggalkan residu yang bakal merepotkan Anda suatu hari nanti. Setelah selesai, Anda bisa melapnya dengan kain microfiber yang kering.

Keyboard chiclet memang tidak mudah untuk dibersihkan karena jarak dengan bagian bawahnya yang cukup rapat. Untuk itu Anda juga disarankan untuk memakai penghisap debu untuk menjangkau sela-sela yang kecil tersebut.

Cara Membersihkan Keyboard Mekanis

Untuk membersihkan keyboard mekanis relatif lebih mudah. Hal ini disebabkan tombol-tombolnya bisa dilepas dengan tingkat risiko kerusakan yang lebih rendah.

Silakan cabut satu-persatu tombol yang ada di keyboard tersebut. Jangan lupa perhatikan penempatannya agar tidak salah ketika memasangnya kembali. Anda bisa memotretnya terlebih dahulu sebagai pengingat yang lebih mudah.

Apabila tombol tadi sudah dilepas, rendam semuanya kedalam wadah berisi larutan sabun hangat selama kurang lebih 10 menit. Sikat satu-persatu tombol yang direndam. Kalau Anda malas melakukannya bisa dengan cara membasuh seluruhnya dengan busa yang dihasilkan dari air sabun tersebut.

Sementara itu, pakai kuas yang bersih dan halus untuk membersihkan bagian dalam keyboard yang biasanya berada dibalik tombol. Sapu perlahan hingga tidak ada lagi kotoran dan debu yang menempel. Apabila ada residu yang membandel, pakailah alkohol untuk melenyapkannya.

Usap juga keseluruhan rangka keyboard tadi dari ujung atas hingga ujung bawah dan kabel yang menjuntai hingga ke kepala USB. Pastikan seluruhnya bersih.

Angkat tombol-tombol tadi dan keringkan hingga benar-benar tidak ada lagi air yang menetes. Kemudian pasang jika tombol tadi tidak lagi basah. Ingat, pasang sesuai pola yang sudah dipotret.

Demikian cara membersihkan keyboard dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here