Selasa, Oktober 19, 2021

Cara Memasang RAM di NAS Synology Anda

Kopitekno.com NAS Synology mempunyai terbaik yang memudahkan pengguna untuk meningkatkan modul RAM. Sebab sebagian besar model NAS yang dirilis dalam tiga tahun terakhir memiliki fitur RAM yang dapat di-upgrade.

Jika Anda mengalami masalah saat melakukan banyak tugas dengan NAS yang ada, Anda selalu dapat menambah RAM. Nah, bagian terbaiknya adalah hanya butuh lima menit saja untuk melakukannya.

Cara Memasang RAM di NAS Synology

Jika Anda membeli NAS dalam tiga tahun terakhir, ada kemungkinan besar perangkat tersebut menggunakan jenis RAM DDR4.

Biar aman, buka saja halaman produk NAS Synology Anda untuk memastikan apakah model yang Anda miliki menggunakan DDR4 atau memori DDR3 yang lebih jadul.

Sayangnya, beberapa model seperti DiskStation DS220j tidak mengizinkan Anda meng-upgrade RAM, jadi pastikan Anda memiliki NAS yang memiliki slot memori tambahan.

NAS memiliki slot SO-DIMM (small outline dual in-line memory module), dan seperti namanya, slot ini lebih kecil dari slot memori ukuran penuh yang biasanya Anda temukan di desktop.

Sebabnya adalah Synology membuat modul RAM sendiri, tetapi enam kali lebih mahal daripada modul serupa dari pabrikan lain. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk mengambil modul RAM Synology dan menggantinya dengan merek lain.

Anda dapat menginstal modul memori apa pun di NAS Anda, dan itu tetap akan berfungsi dengan baik. Rekomendasi kami adalah modul Crucial 4G SO-DIMM. Sebab ini memberikan keandalan untuk jangka panjang, karena bisa mencapai 2400MHz. Dan tentu saja Anda juga bisa menemukannya dalam versi 8GB.

Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan RAM tambahan diluar merek NAS Synology. Sebab RAM lain selain merek ini akan menghilangkan garansi yang melekat.

Anda tidak memerlukan banyak RAM di NAS Anda, dan sebagian besar perangkat NAS bahkan tidak menggunakan lebih dari 6GB memori.

Jadi, jika Anda menggunakan NAS empat ruang atau lebih tinggi, Anda mungkin ingin menggunakan modul 8GB. Jika tidak, RAM 4GB harus lebih dari cukup.

Berikut cara memasang RAM di NAS Synology Anda:

  1. Matikan NAS.
  2. Keluarkan ruang hard drive.
  3. Temukan slot modul RAM. Biasanya berada di sisi yang sama dengan tombol power.
  4. Jika NAS Anda memiliki satu slot RAM, lepaskan modul yang sudah ada di slot tersebut.
  5. Masukkan modul RAM baru ke dalam slot, pastikan untuk menyejajarkan poni pada modul memori dengan yang ada di slot.
  6. Anda akan mendengar bunyi klik, yang menunjukkan bahwa modul sekarang dipasang di slot.
  7. Masukkan kembali ruang Drive.

Setelah Anda menyalakan NAS, buka Control Panel -> Info Center untuk melihat jumlah RAM yang terpasang. Jumlah yang tercantum harus sama dengan ukuran modul memori yang baru saja Anda pasang.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini