Cara Memasang Mi Wi-Fi Range Extender Pro

0
Mi Wi-Fi Range Extender Pro

Pernahkah Anda merasa kesal karena Wi-Fi yang terpasang di ruang tamu, sinyalnya tidak sampai hingga kamar, dapur, atau belakang rumah? Saatnya Anda memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi tersebut dengan Mi Wi-Fi Range Extender Pro.

Perluasan jangkauan Wi-Fi ini cukup penting, sebab sinyalnya kerap terhambat akibat jarak dan rintangan. Misalnya rumah Anda memiliki dua lantai, maka jika WI-Fi diletakkan di lantai pertama, lantai yang kedua kerap kehilangan sinyalnya.

Rumah dengan sekat yang cukup banyak juga akan menyulitkan sinyal Wi-Fi untuk menjangkau keseluruhan ruangan. Misalnya Wi-Fi di ruang tamu, tentu bakalan sayup-sayup jika menjangkau kamar yang terhalang tembok.

Itulah mengapa Anda membutuhkan alat semacam ini jika mengalami hambatan dalam menangkap sinyal di rumah Anda.

Mi Wi-Fi Range Extender Pro

Mi Wi-Fi Range Extender Pro merupakan alat untuk menangkap sinyal Wi-Fi dari modem utama, kemudian memancarkannya kembali seperti sinyal dari alat utama. Bentuknya ringkas dengan dua antena di samping. Ukurannya hanya sedikit lebih besar dari kepala charger ponsel.

Kecepatan sinyalnya 2,4 GHz dengan kapasitas yang diantar mencapai 300 Mbps. Jadi kalau kapasitas internet yang Anda miliki maksimalnya 500 Mbps, tentu kurang maksimal jika memakai alat ini.

Alat ini dibuat dan dijual oleh Xiaomi sebagai bagian dari ekosistem perangkat pintar untuk kebutuhan rumah tangga. Harganya juga tidak terlalu mahal. Di Mi Store dijual Rp149.000, sementara banyak juga yang menjual versi global berbahasa China dengan harga Rp125.000 hingga Rp135.000.

Pemasangan

Yang perlu diketahui, alat ini bukanlah pemancar tambahan, namun ia membuat akses poin yang baru. Sehingga ketika Anda memasangnya, maka akan ada dua akses poin Wi-Fi didalam rumah.

Misalnya begini, saya memiliki akses utama Wi-Fi dengan nama ‘zahra ro’. Hanya sedikit sinyalnya yang diterima oleh perangkat Android TV Box di kamar anak saya. Dengan memasang Mi Wi-Fi Range Extender Pro, maka ada akses poin baru yang otomatis diciptakannya. Nama akses poin barunya adalah ‘zahra ro_plus’.

Cara Memasang Mi Wi-Fi Range Extender Pro

Instal Mi Home

mi home

Untuk memasangnya, silakan persiapkan aplikasi Mi Home di ponsel Anda. Instal aplikasi ini hingga terpasang sempurna. Kemudian Anda wajib login agar bisa menggunakan fitur di dalamnya.

Unboxing Mi Wi-Fi Range Extender Pro

Silakan buka kotak Mi Wi-Fi Range Extender Pro. Di dalamnya Anda hanya akan mendapatkan buku panduan dan perangkatnya saja. Tidak ada apa-apa lagi disana. Silakan buka plastik pembungkusnya sebelum dipergunakan.

Pasang ke Colokan Listrik

Mi Wi-Fi Range Extender Pro yang saya miliki memiliki colokan yang pipih. Sementara yang dijual resmi memiliki colokan bulat yang sesuai dengan lubang colokan yang banyak dipakai di Indonesia. Pastikan lampu indikatornya berwarna kuning dan berkelip-kelip.

Buka Mi Home

Silakan buka Mi Home yang sudah terinstal di ponsel Anda. Temukan Mi Wi-Fi Range Extender Pro di bagian Penguat Wi-Fi atau New Product karena ini perangkat yang baru.

Instalasi dan Menghubungkan ke Wi-Fi Utama

Pada saat Mi Wi-Fi Range Extender Pro terbuka di Mi Home, perangkat ini akan melakukan pemindaian terhadap Wi-Fi utama. Ikuti saja petunjuk yang tertera di layar ponsel. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk menandai lokasi perangkat ini sesuai dengan pilihan yang ada di Mi Home. Kalau sudah terhubung, lampu indikatornya akan berubah menjdai biru.

Hubungkan Semua Perangkat Terdekat

Karena sudah ada akses poin yang baru, Anda mesti menghubungkan perangkat-perangkat yang lebih dekat ke Mi Wi-Fi Range Extender Pro. Nama akses poin baru ini akan ada tambahan ‘plus’ atau nama lain yang bisa Anda ubah. Password-nya sama dengan Wi-Fi utama.

mi-wi-fi-range-extender-pro

Repotnya alat ini adalah Anda memang membuat akses poin yang baru, seolah-olah memiliki dua perangkat Wi-Fi. Dan ketika Anda berpindah ke tempat lain, Anda mesti berganti ke sambungan Wi-Fi yang lain kalau ponselnya tak secanggih Asus ROG Phone 3 yang mempunyai kemampuan Unparalleled Connectivity.

Keuntungannya, ya Anda seperti memiliki dua layanan Wi-Fi yang berbeda. Padahal Anda hanya memiliki satu sambungan Wi-Fi saja. Pasalnya sinyal yang didapatkan pada akses poin utama dengan akses poin tambahan hasil dari Mi Wi-Fi Range Extender Pro sama saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here