BerandaTipsCara Memasang LED Strip untuk Desain Interior Khas Gamer

Cara Memasang LED Strip untuk Desain Interior Khas Gamer

Cara Memasang LED Strip – Memiliki nuansa latar belakang dengan pencahayaan yang mengikuti alur interior, rasanya hanya bisa dilihat di Pinterest maupun Instagram. Padahal hal ini bisa diwujudkan dengan memakai LED strip.

Saya sendiri sering melihat penggunaan desain interior ini di latar belakang yang dipergunakan oleh pengulas gawai, semisal Gadgetin dan Sobat Hape, apalagi para YouTuber gaming.

Nah, LED strip ini juga jadi penentu utama dari desain interior khas gamer. Jika para pengulas gawai diatas lebih banyak memakai warna-warna dominan cerah, namun gamer (tentu saja) bernuansa khas RGB yang agak gelap.

Tentu saja semua itu preferensi masing-masing yang tak bisa dijadikan patokan. Sebab ada juga yang senang memakai warna RGB alias merah, hijau, dan biru meskipun bukan seorang gamer, dan banyak juga gamer yang menyukai warna merah muda terang, terutama para gamer perempuan.

Mengenal LED Strip

cara memasang led strip

LED strip merupakan sebuah lampu dari jenis light-emitting diode (LED) yang dipasang pada sirkuit berbentuk strip atau pita berbahan plastik. Itulah kenapa disebut dengan LED strip.

LED strip ini nyaris berusia setua dengan LED biasa. Banyak yang menyebut sejak Nick Holonyak, Jr. menemukan lampu LED pertama kali, sepuluh tahun kemudian LED strip mulai dibuat.

Popularitas LED strip kemudian meningkat setelah media sosial mulai masif. Beragam postingan “meja komputer khas gamer” mulai banyak mendapat tempat. Ia menciptakan niche tersendiri dalam industri desain interior.

Hal ini ditunjang pula dengan semakin murahnya harga sebuah LED strip. Saat ini banyak yang menjual LED strip seharga Rp10.000 permeter. Meski pada beberapa pelapak harga tersebut belum termasuk adaptor, namun harganya yang semakin terjangkau membuat lampu ini semakin populer.

Cara Memasang LED Strip

Jika kamu menginginkan LED strip menghias interior rumah kamu, baik meja komputer, rak buku, maupun rak lainnya, maka ada beberapa yang harus kamu persiapkan.

Siapkan LED strip dan tempat pemasangan

Pertama tentu saja kamu mesti menyiapkan LED strip. Pastikan lokasi pemasangannya dekat dengan sumber listrik jika LED kamu tidak menggunakan baterai. Kemudian siapkan pula pembersih permukaan. Kamu bisa menggunakan alcohol swap maupun air bersih, asalkan kamu bisa memastikan permukaan yang bakal dipasang LED strip bersih tanpa debu.

Ukur LED strip dan sesuaikan dengan lokasi pemasangan

Pastikan LED strip yang kamu miliki sama panjangnya dengan lokasi yang bakal ditempel. Sebab ketika keduanya tidak pas, yaknilah desain yang bakal kamu buat tidak akan terlihat bagus.

Ketika LED strip kamu terlalu panjang, maka sorot cahaya yang berlebihan itu akan mengganggu. Sama halnya dengan ruang gelap yang tersisa akibat kekurangan LED strip. Dua-duanya tidak menghasilkan tampilan yang kamu inginkan.

Jika LED strip yang kamu miliki terlalu panjang, kamu bisa memotongnya tepat di bagian sambungan tembaga. Jika kurang panjang, silakan lakukan penyolderan diantara lempengan kawat tembaga tersebut.

Bersihkan permukaan yang akan ditempel

Kalau bisa jangan menempel LED strip pada tembok. Sebab cat yang menempel pada tembok akan ikut menempel pula pada LED strip yang mengakibatkan pemasangan tidak berjalan dengan baik. Tapi kalau tembokmu kuat, ya tak apa-apa.

Lakukan penempelan di interior, baik meja, rak buku, lemari, CPU, maupun monitor. Kemudian bersihkan permukaan yang akan ditempeli LED strip.

Pastikan LED strip hanya sekali menempel

Penempelan ini hal yang sangat krusial. Sebab ketika LED strip sudah menempel namun kamu pengin mencabutnya, daya rekatnya bakal berkurang drastis. Kamu akan dikecewakan oleh daya tempelnya setelah itu.

Pastikan pula pelan-pelan dalam melakukan penempelan. Kelupaslah sedikit demi sedikit kertas pelindung stiker yang menempel. Sebab ketika kertas pelindung ini kamu kelupas semuanya sebelum ditempel, dikhawatirkan LED strip kamu akan menempel dimana-mana.

Sambungkan adaptor ke colokan listrik

Yang terakhir, silakan sambungkan adaptor LED strip ke colokan listrik yang tersedia. Sekarang kamu bisa mengatur warna LED tersebut dengan alat yang tersedia jika kamu menggunakan LED dengan fitur tersebut.

Sekarang kamu bisa menikmati tampilan cahaya penuh warna dari desain interior kamu. Selamat mencoba.

Artikel Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru