Cara Memanfaatkan Kamera Canon untuk Webcam di Komputer

0
Cara-Memanfaatkan-Kamera-Canon-untuk-Webcam

Canon rupanya memahami tren yang diakibatkan oleh pandemi. Dimana banyak orang melakukan kerumunannya lewat video online. Untuk itulah pabrikan yang bermarkas di Tokyo ini membuat cara memanfaatkan kamera Canon untuk webcam.

Aplikasi rapat online yang selama ini berjalan, masih memanfaatkan webcam di komputer yang kualitasnya masih sangat standar. Sebagian memilih melakukan peningkatan dengan membeli webcam khusus. Namun sebagian cukup puas dengan alat yang ada.

Cara Memanfaatkan Kamera Canon untuk Webcam

Untuk yang menjalankan aplikasi rapat online di ponsel, rasanya lebih baik. Sebab kebanyakan ponsel saat ini sudah mendukung kamera depan yang resolusinya bagus. Cuma masalahnya aplikasi rapat online mobile tidak sama leluasanya dengan aplikasi di komputer. Terlebih mereka yang menjadi admin dari rapat tersebut.

Dilema ini rupanya dipahami oleh Canon. Untuk itu mereka membuat aplikasi di komputer yang bernama EOS Webcam Utility. Aplikasi untuk Windows ini masih beta, namun tak ada salahnya untuk dicoba. Saat ini sebagian besar aplikasi rapat online sudah mendukung software tersebut. Jadi tak perlu khawatir soal kompatibilitasnya.

Untuk pengguna Mac, Canon memohon maaf kalau sampai saat ini EOS Webcam Utility ini belum tersedia untuk pengguna sistem operasi komputer dari Apple tersebut.

Cara Memanfaatkan Kamera Canon untuk Webcam

Untuk memanfaatkan kamera Canon sebagai webcam, yang pertama kali perlu dilakukan adalah mengunjungi laman Canon. Disitu ada daftar kamera Canon yang mendukung pemasangan EOS Webcam Utility. Silakan disimak baik-baik, apakah kamera yang Anda miliki berada di daftar tersebut?

Apabila ketemu, silakan klik pada nama kamera yang Anda miliki. Nantinya Anda diarahkan ke laman unduh spesifik kamera tersebut. Disana tampak daftar Drivers & Downloads. Pada tabel daftar software, temukan EOS Webcam Utility Beta 0.9.0 lalu klik tombol “download”.

Hasil unduhannya berupa file .zip. Silakan lakukan ekstraksi terlebih dahulu. Kemudian instal software hasil unduhan tersebut di komputer Anda. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Aplikasi akan meminta untuk melakukan restart komputer ketika instalasi selesai.

Ambil Canon Interface Cable IFC-600PCU alias kabel koneksi yang memiliki dua antarmuka. Yang pertama memiliki kepala USB, satunya lagi berkepala USB Micro-B. Hidupkan kamera Canon Anda, kemudian atur ke mode video. Lalu sambungkan USB Micro-B ke kamera, dan USB ke lubang yang ada komputer.

Buka salah satu aplikasi rapat online yang biasa dipergunakan. Kemudian atur kameranya ke EOS Webcam Utility. Dan sekarang Anda bisa memiliki kamera webcam dengan resolusi yang lebih baik.

Untuk lebih jelasnya, tim Canon sudah membuatkan video tutorial singkat cara memanfaatkan kamera Canon untuk webcam. Silakan disimak videonya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here