Cara Memakai Ponsel untuk Webcam di Laptop dan Komputer

0
Cara Memakai Ponsel untuk Webcam

Live streaming maupun video conference memang menyenangkan. Kita hanya perlu duduk di rumah, namun bisa mengikuti rapat, seminar, pertemuan, hingga video call dengan orang terkasih.

Ada yang bisa melakukannya dengan berbekal ponsel. Namun lebih sering mereka memanfaatkan komputer maupun laptop sebab memiliki konfigurasi dan tampilan yang lebih baik.

Sayangnya meski tampil dengan pengaturan yang lebih leluasa, tidak semua orang memiliki webcam yang bagus. Apalagi webcam bawaan laptop yang resolusinya terbatas.

Kopitekno.com sudah memberikan cara memanfaatkan kamera Canon untuk webcam. Namun buat Anda yang tidak memiliki kamera mirrorless maupun DSLR terbaru, tak perlu khawatir. Anda bisa tetap mendapatkan video dengan resolusi yang lebih baik dibanding webcam bawaan laptop.

Cara Memakai Ponsel untuk Webcam

Ya, Anda bisa memanfaatkan ponsel sebagai webcam di komputer. Silakan ikuti cara memakai ponsel untuk webcam di laptop dan komputer berikut ini.

  1. Instal aplikasi Droidcam Wireless Webcam di ponsel Anda. Anda juga bisa memasang versi Pro dengan membayar Rp50.000. Tunggu hingga terpasang sepenuhnya dan memunculkan tampilan IP Wi-Fi anda.
  2. Sembari menunggu, Anda juga mesti memasang Droidcam Client di komputer Anda.
  3. Setelah keduanya terpasang, silakan masukkan IP Adress dari Wi-Fi ponsel yang ditunjukkan aplikasi Droidcam Wireless di Droidcam Client pada komputer.
  4. Ketika berhasil terhubung, Droidcam Client ini akan memunculkan tampilan yang berhasil ditangkap kamera ponsel Anda.
  5. Bagian selanjutnya adalah mengatur agar aplikasi rapat online, baik Zoom, Google Meets, Webex, dan lainnya memakai Droidcam Source.
  6. Selesai. Anda sudah bisa memakai ponsel sebagai webcam di aplikasi video call Anda di komputer.

Cara ini bisa dimodifikasi dengan aplikasi-aplikasi yang lain. Cuma kebetulan, Kopitekno.com memakai aplikasi ini untuk menghubungkan kamera di ponsel sebagai webcam. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here