Google Duo Bisa Buat 8 Orang, Inilah Cara Menginstal dan Memakainya

0
google-duo

Bekerja dari rumah atau bahasa Inggrisnya work from home memang menjadi pilihan ketika terjadi pandemi. Bagi banyak orang, bekerja dari rumah juga sudah menjadi kebiasaan. Mereka tetap terhubung dengan atasan dan rekan kerja dengan beragam aplikasi live-video. Salah satunya adalah Google Duo.

Mengenal Google Duo

Google Duo merupakan aplikasi percakapan live video yang tersedia di Android dan iOS. Untuk pengguna komputer, aplikasi ini juga tersedia versi websitenya namun dengan fitur yang lebih sedikit dibandingkan di ponsel.

Seperti namanya, Duo merupakan aplikasi gratis yang dibuat oleh Google dengan kemampuan end-to-end encryption. Aplikasi ini dibuat dengan tampilan khas Google yang simpel dan ringan.

google duo

Anda bisa melakukan percakapan hingga delapan orang dengan kemampuan menambahkan fitur filter dan efek tertentu. Ada fitur yang cukup menarik juga dari Duo ini, yakni fitur Knock Knock. Fitur ini memungkinkan orang yang menerima panggilan bisa melihat video langsung dari orang yang memanggil. Jadi semacam lensa cekung di pintu apartemen buat mengintip tamu yang datang.

Cara Menginstal Google Duo

Tentu saja sebelum menggunakannya di ponsel Anda, Duo ini harus terlebih dahulu diunduh dan diinstal. Siapkan ponsel Anda, pastika nomornya aktif untuk mendapatkan kode verifikasi. Anda juga mesti memiliki akun Google untuk menautkannya dengan Duo apabila bakal memasangnya di ponsel iOS maupun komputer.

Apabila semuanya sudah siap, silakan mulai langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Mengunduh Google Duo

Aplikasi Duo ada di Google Play Store maupun Apple App Store. Silakan sesuaikan dengan ponsel Anda. Ikuti tautan tersebut atau langsung saja menuju ke aplikasi Play Store atau App Store di ponsel Anda, dan lakukan pengunduhan seperti biasa.

2. Verifikasi Kode

Masukkan nomor telepon yang sudah Anda persiapkan sebelumnya di kolom yang tersedia. Apabila nomornya benar, Anda bakal mendapatkan pesan masuk berupa kode verifikasi yang mesti dimasukkan ke format yang ada.

3. Google Duo Sudah Siap

Aplikasi sebetulnya sudah siap. Akan tetapi Anda bisa menunggunya untuk memindai seluruh nomor di daftar kontak yang menggunakan Duo juga. Setelahnya Anda akan ditunjukkan dari daftar kontak itu mana saja yang sudah menggunakan aplikasi ini.

Pada tahapan ini juga Anda diminta untuk menautkan dengan akun Google. Sehingga aplikasi bakal memindainya siapa dari daftar kontak itu yang sudah memakai Google Duo.

Cara Memakai Google Duo

Google Duo bakal langsung mengaktivasi kamera depan begitu Anda membuka aplikasinya. Hal yang sama mungkin tak terjadi pada aplikasi yang lain, sebab mereka baru mengaktivasinya hanya ketika Anda melakukan panggilan.

Aplikasinya sendiri membagi layar kedalam dua bagian. Ya hampir sama seperti aplikasi percakapan video pada umumnya. Yakni bagian layar pertama yang paling besar menunjukkan video lawan bicara Anda, sementara layar yang kecil di pojokan merupakan layar Anda.

Cara melakukan panggilannya cukup mudah. Anda hanya perlu membuka kontak atau mencarinya pada kolom search. Untuk membuat panggilan grup, tekan saja tombol “create a group” yang ada di bawah layar. Pilih hingga maksimal delapan orang lalu klik saja lalu buat panggilan seperti biasa.

Cara Merekam Suara dan Video di Google Duo

Salah satu fitur yang membuat Google Duo menarik adalah kemampuannya untuk merekam video dan suaranya saat percekapan sedang berlangsung. Jadi tidak perlu ada aplikasi tambahan.

Menariknya lagi, video yang direkam itu juga bisa ditambahi dengan aneka ragam filter dan efek yang menyenangkan. Anda juga bisa mengirimkan video yang sudah direkam ke kontak yang ada di Duo.

Cara merekam video di Google Duo mesti dilakukan dengan mencari kontak yang bakal dikirimi video tersebut. Anda juga bisa memilih apakah video tersebut direkam terlebih dahulu atau mengirim yang sudah ada.

Fitur Lain Google Duo

Diatas sudah disinggung keberadaan fitur Knock Knock. Fitur tersebut berguna untuk melihat siapa yang memanggil kita di Google Duo.

Fitur Knock Knock bisa ditemukan di menu Pengaturan Panggilan atau Call Settings.

Fitur lain yang mungkin bisa menarik Anda untuk menginstal aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengaktifkan Low-light sehingga Anda bisa memakai aplikasi ini di kondisi temaram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here