Bisa 8 Orang! Inilah Cara Melakukan Panggilan Video Whatsapp

0
whatsapp

Banyaknya permintaan agar WhatsApp melakukan peningkatan untuk fitur panggilannya, rupanya dikabulkan. Rabu ini (29/04), WhatsApp sudah merilis pembaruan agar partisipan panggilan video bisa delapan orang. Inilah cara melakukan panggilan video WhatsApp.

Sebelumnya WhatsApp hanya bisa melakukan panggilan video hingga empat orang saja. Namun akhir-akhir ini, setelah banyak orang melakukan kerja di rumah akibat pandemi, WhatsApp diminta untuk meningkatkan jumlah partisipan.

Saat pandemi, layanan percakapan milik Facebook, yakni WhatsApp dan Messenger, menurut Mark Zuckerberg mengalami lonjakan yang siginifikan. Untuk itulah selain membuat fitur baru berupa Messenger Rooms, dua aplikasi tersebut juga ditingkatkan kapasitasnya.

Pembaruan WhatsApp di iOS dan Android

Pembaruan ini sudah hadir di iOS. Pengguna bisa mengunjungi App Store dan mendapatkan WhatsApp versi 2.20.50. Dengan begitu mereka sudah bisa melakukan panggilan video hingga delapan orang.

Sayangnya update tersebut belum bisa dinikmati oleh pengguna Android. Saat ini WhatsApp belum mengunggahnya di Play Store. Namun jangan khawatir, buat yang pengin segera mencicipi WhatsApp untuk Android dengan versi 2.20.141 bisa mengunduhnya di situs WhatsApp secara langsung.

cara-melakukan-panggilan-video-whatsapp

Cara Memasang WhatsApp tanpa Play Store

Sistem operasi Android biasanya mencegah penggunanya untuk menginstal dari sumber yang tidak resmi. Ketika Anda mengunduh APK dari internet, Android biasanya bakal melarangnya untuk dipasang di ponsel. Hal ini dilakukan demi keamanan dan privasi pengguna ponsel.

Hal ini terjadi juga ketika Anda memasang WhatsApp meski APK itu berasal dari sumbernya langsung. Untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber luar, Anda bisa membuka menu Settings > Apps & Notifications > Advanced > Special app access, lalu pilih saja Install unknwon apps.

Cara ini bisa jadi sedikit berbeda antara jenis ponsel yang satu dengan yang lain. Namun praktiknya sama, yakni Anda mesti mengizinkan instal dari sumber luar.

Kalau cara diatas sudah dilakukan, silakan unduh WhatsApp disini. Temukan APK-nya di folder unduh atau folder lain yang sudah diatur sebelumnya. Klik saja, dan sistem operasi bakal memunculkan notifikasi “Allow from this source” untuk bisa menginstal dari sumber yang tidak dikenal itu.

Silakan tunggu hingga pemasangan selesai. Dan selamat, Anda sudah memiliki WhatsApp terbaru.

Cara Melakukan Panggilan Video WhatsApp

Untuk melakukan panggilan video hingga delapan orang, pastikan dulu WhatsApp yang dimiliki sudah diperbaru ke versi 2.20.50 untuk iOS atau 2.2.0.141 untuk Android. Simak lagi cara menginstalnya diatas.

Syarat tersebut mutlak, sebab panggilan hingga delapan orang tersebut tidak bisa dilakukan di WhatsApp versi yang lama. Pastikan juga partisipan yang ikut di dalam panggilan tersebut sudah memakai WhatsApp yang sudah diperbarui tersebut.

Jika semua partisipan sudah melakukan pembaruan, Anda tinggal membuka tab “call” seperti biasa. Kemudian klik “new group call” serta pilih tujuh orang dari daftar kontak yang tersedia. Terakhir, klik ikon untuk melakukan panggilan video.

Cara tersebut juga bisa dilakukan lewat WhatsApp Group. Tinggal klik ikon panggilan video yang ada diatas grup, kemudian pilih tujuh orang partisipan. Cara ini relatif lebih mudah, tapi tentu tidak leluasa untuk memilih dari daftar kontak.

Cara ketiga yang sedikit lebih merepotkan adalah memanggil satu orang terlebih dahulu. Saat panggilan berjalan, carilah tombol “+” untuk menambah partisipan. Anda bisa menambahkan enam orang partisipan lagi.

Demikian cara melakukan panggilan video WhatsApp. Panggilan ini bisa dilakukan untuk melakukan rapat-rapat kecil atau hanya ngobrol bersama teman-teman kala social distancing. Apabila menemukan masalah saat pemasangan, silakan beri komentar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here