Sebagai layanan email dari Google, Gmail cukup memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Pertama, terkait integrasinya dengan layanan Google lain. Kedua, kapasitas penyimpanan cloud-nya cukup besar sehingga pengguna tidak perlu sering menghapus pesan yang tersimpan. Dan ketiga, karena gratis. Namun terkait dengan keamanan, password Gmail perlu diperhatikan secara rutin.

Akun Gmail atau secara umum akun Google merupakan harta karun bagi orang-orang tertentu. Mereka bisa saja mengambil data pribadi, informasi keuangan, bahkan informasi sensitif yang tersimpan di kotak masuk maupun kotak keluar Gmail. Sebab untuk keperluan tertentu, seseorang terbiasa mengirimkan data perbankan, salinan KTP, SIM, NPWP, dan lain sebagainya sehingga aksi peretasan bisa saja terjadi.

Sayangnya ada sebagian pengguna Gmail yang menggunakan password yang sama dengan layanan online lain. Nah bisa jadi ada orang yang menggunakan akses masuk dengan password tersebut sehingga akun Gmail kita terambil-alih. Untuk mengantisipasi jika terjadi hal demikian, password Gmail mesti di-reset.

Bagaimana Me-reset Password Gmail

Password Gmail sama dengan password Google Account. Google memang mengintegrasikan seluruh layanannya dalam satu pengaturan, yakni dalam satu akun Google. Makanya password keduanya sama. Untuk me-reset-nya pun sama saja. Silakan klik logo akun pada sudut kanan atas, lalu klik tombol biru yang bertuliskan ‘Google Account’. Oh iya, silakan menggunakan browser desktop agar pengaturannya lebih mudah.

Pengaturan Google Account bakal muncul pada tab baru. Silakan pilih ‘Personal Info’ dari daftar menu yang tersaji. Disini akan muncul nama, jenis kelamin, tanggal lahir, dan foto apabila pernah mengunggahnya. Disini pula akan terlihat kapan password pernah di-reset.

Klik saja menu ‘Password’, lalu masukkan password yang sekarang. Anda akan dialihkan ke halaman baru untuk membuat password baru dan masukkan hingga dua kali. Password ini mesti memiliki delapan karakter, jangan mengandung apapun yang terkait tanggal lahir. Untuk melihat password yang sedang dibuat, klik logo mata yang disilang.

Terakhir, klik tombol biru dengan tulisan ‘Change Password’ dan anda akan diberikan pilihan apakah bakal tetap login di perangkat yang ada atau keluar semua. Jika daftar perangkat tersebut tidak dicek, maka semua perangkat yang memakai akun Gmail tersebut akan logout. Opsi ini yang sebaiknya diambil apabila anda mencurigai ada peretas pada akun Gmail tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here