Berita  

Cara Isi Tinta Warna Printer Canon untuk Pemula, Simak Ya!

Cara Isi Tinta Warna Printer Canon
Cara Isi Tinta Warna Printer Canon. Foto: Canon Europe

Cara isi tinta warna printer Canon banyak dicari terutama bagi Anda pemula yang abru membeli merek printer ini.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu saja printer telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa terlepas dalam kehidupan masyarakat. Sebab, beberapa pekerjaan kini sering melakukan kegiatan mencetak dokumen.

Hanya saja, mengisi tinta printer harus dilakukan secara hati-hati apalagi jika memakai printer merek Canon. Lantas, bagaimana cara isi tinta warna printer Canon?

Pada dasarnya, mengisi tinta printer Canon memang cenderung mudah. Karena Anda tinggal menyuntikkan tinta kedalam cartridge, kemudian membersihkannya menggunakan tisu. Akan tetapi, hal tersebut justru tidak bisa membuat catridge printer Anda awet. Untuk itu, simaklah ulasan berikut tentang panduan mengisi tinta printer Canon yang benar.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengisi Tinta Printer

Sebelum Anda mengetahui cara isi tinta warna printer Canon, alangkah baiknya jika memperhatikan beberapa poin penting. Poin-poin tersebut bertujuan agar saat proses maupun setelah pengisian selesai, printer dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Adapun poin-poin penting yang dimaksud adalah sebagai berikut

1. Lepas Kabel USB yang Tersambung ke Komputer

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan sebelum mengisi tinta warna printer Canon adalah kabel yang tersambung ke komputer. Pastikan kabel USB yang terhubung ke komputer sudah terlepas. Hal ini bertujuan agar komputer yang Anda gunakan tidak mendeteksi printer yang ingin diisi ulang tintanya.

Nah, jika kabel USB belum Anda lepas dari komputer. Maka, beberapa kondisi tertentu bisa menyebabkan printer mengalami masalah seperti cancel printing. Masalah ini tentunya akan menghambat kegiatan mencetak karena printer tidak dapat merespon printer Anda.

Baca juga: Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770 dengan Mudah dan Benar

2. Lubangi Catridge Tinta dengan Teliti

Selain kabel yang tersambung ke komputer, hal lain yang wajib untuk Anda perhatikan adalah lubang Catridge. Pastikan Anda melubangi catridge dengan hati-hati agar tidak menimbulkan berbagai kerusakan fatal. Memberi lubang pada cartridge memang sangat wajib untuk dilakukan jika ingin mengisi tinta printer.

3. Usahakan Mengisi Tinta Printer Secukupnya

Saat menuangkan printer, pastikan Anda memperhatikan cartridge tintanya. Isikan tinta printer secukupnya saja agar tidak meluber kemana-mana. Sebab, jika Anda mengisinya dengan kapasitas yang melebihi batas, tentu saja akan membuat catridge printer mengalami kerusakan.

4. Pastikan Tinta Terpasang dengan Posisi yang Benar dan Tepat

Hal selanjutnya yang juga mesti Anda perhatikan adalah posisi wadah tintanya, apakah sudah terpasang dengan tepat atau tidak. Sebab, jika tidak terpasang dengan posisi yang benar akan cukup berisiko pada aliran tinta, sehingga dapat berpotensi menyebabkan tinta tidak keluar saat proses cetak dokumen.

5. Pastikan Tidak Menyentuh Bagian Titik Kuning Tembaga

Hal terakhir yang wajib Anda perhatikan jika ingin mengisi tinta printer adalah titik kuning tembaga. Pastikan Anda tidak menyentuh bagian tersebut agar catridge printer masih bisa berfungsi dengan semestinya. Hal yang perlu Anda ketahui bahwa titik kuning tembaga pada cartridge termasuk salah satu bagian yang paling sensitif.

Nah, jika Anda menyentuh bagian tersebut, maka catridge printer Anda tidak akan bekerja secara optimal. Bahkan, bisa menimbulkan berbagai masalah seperti cartridge kering.

Baca juga: Download Printer Epson L365 Driver

Cara Isi Tinta Warna Printer Canon

Sebagai pengguna printer sudah semestinya mengetahui tentang cara mengisi tinta printer. Hanya saja, untuk melakukan pengisian tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sebab, jika Anda mengisinya dengan sembarangan, maka akan membuat catridge printer mengalami kerusakan.

Untuk itu, bagaimana cara mengisi tinta warna printer agar catridge tetap awet? Simaklah informasi berikut tentang panduan mengisi tinta warna printer Canon yang benar dan tepat, sebagai berikut:

1. Hidupkan Printer

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengisi tinta warna printer Canon adalah menyalakan printer. Anda hanya perlu menyambungkan printer dengan kabel power ke stop kontak. Setelah itu, silahkan Anda aktifkan printer dengan cara menekan tombol On selama beberapa detik.

Nah, jika printer sudah menyala, maka biarkan terlebih dahulu selama beberapa saat sampai printer dalam keadaan stand-by. Sembari menunggu pengisian tinta selesai, Anda bisa bisa melakukan cleaning printer.

Baca juga: 10 Cara Menyambungkan Laptop ke Printer, Mudah Banget!

2. Buka Cartridge Tinta

Setelah printer dalam keadaan menyala, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuka catridge tinta. Seperti yang sudah diketahui, catridge printer posisinya berada di dalam printer, maka untuk mengambilnya harus secara hati-hati dan jangan sampai menyentuh bagian depan catridge. Untuk mengambilnya, Anda harus membuka cover printer, lalu cari catridge warna.

Akan tetapi, pastikan posisi catridge sudah berada di bagian tengah agar Anda bisa melepasnya. Setelah cartridge terbuka, Anda bisa menyimpannya di atas tisu atau kertas.

Baca juga: Cara Mengisi Tinta Printer Canon yang Baik dan Benar, Simak Ya!

3. Perbesar Lubang pada Cartridge

Cara isi tinta warna printer Canon selanjutnya adalah memperbesar lubang pada cartridge. Seperti yang sudah diketahui, cartridge berwarna memiliki tiga lubang yakni lubang untuk merah, kuning dan biru. Sementara untuk catridge hitam hanya memiliki satu lubang saja.

Namun, ukuran lubang-lubang catridge tersebut cukup kecil sehingga bisa menyulitkan pengguna ketika ingin mengisi tinta.

Mengingat, cartridge Canon tersambung dengan kabel printer. Maka pengguna harus melepas kabel tersebut untuk bisa melihat lubang tintanya. Setelah itu, ambil paku atau jarum, lalu perbesar lubang catridge agar pengisian tinta dapat lebih mudah dilakukan.

4. Isi Ulang Tinta Printer

Jika lubang pada cartridge dirasa sudah cukup besar, kini saatnya untuk mengisi ulang tinta. Namun, sebelum Anda melakukan pengisian tinta, cek kembali apakah jenis tinta yang digunakan sama dengan tipe printer Anda. Sebab, jika memilih jenis tinta yang tidak sama, akan berisiko terhadap kondisi komponen printer terutama cartridge.

Adapun panduan mengisi tinta printer yang baik dan benar sebagai berikut:

  • Pertama, ambil tissue secukupnya
  • Setelah itu, tutup bagian head catridge agar tidak bocor nantinya
  • Kemudian, masukkan jarum ke lubang tinta cartridge secara perlahan
  • Lalu, isi tinta secukupnya. Pastikan tinta tidak sampai tumpah dari lubang catridgenya dan hati-hati jangan sampai salah memasukkan warna tinta
  • Selanjutnya, bersihkan head cartridge dan pasang kembali cartridge di posisi semula
  • Terakhir, tutup cover printer yang sudah dibuka sebelumnya. Lalu tunggu beberapa detik hingga printer masuk ke mode stand-by.

Hal yang perlu Anda ketahui bahwa kapasitas cartridge warna pada printer lebih sedikit dibandingkan dengan catridge hitam. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih berhati-hati. Sebab, jika tinta warna melebihi kapasitas, tentu saja akan tumpah dan kemungkinan besar akan tercampur dengan warna lainnya.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang cara isi tinta warna printer Canon yang bisa Anda lakukan. Meskipun, pengisian tinta printer memang cenderung mudah untuk dilakukan. Namun, Anda juga mesti berhati-hati dalam mengisinya agar catridgenya tetap awet.

Di samping itu, pengisian tinta printer secara benar juga akan berpengaruh terhadap hasil cetakan dokumen. Misalnya, ketika tinta warna saling bercampur dan menghasilkan warga ambigu, tentu hasil cetakan pun tidak akan sempurna.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News