Cara Isi Tinta Printer Canon Paling Mudah Anti Gagal

Cara Isi Tinta Printer Canon Dengan Mudah Anti Gagal
Cara Isi Tinta Printer Canon Dengan Mudah Anti Gagal

Apakah Anda sedang berselancar dan mencari informasi tentang cara isi tinta printer Canon yang paling mudah dan anti gagal? Jika ya, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Pasalnya, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai seluk beluk isi ulang tinta Canon agar printer yang Anda miliki bisa digunakan dengan baik dan memiliki kinerja yang maksimal.

Sebagaimana diketahui, Canon merupakan salah satu brand printer yang paling terkenal dan menjadi pilihan utama mereka yang ingin memiliki mesin cetak dokumen ini. Printer yang andal dengan jaminan kualitas terbaik memang menjadi alasan kenapa printer Canon banyak dipilih. Selain itu, cara isi ulang tinta printer Canon pun sebenarnya bisa dikatakan cukup simple.

Penasaran bagaimana cara untuk mengisi ulang tinta printer Canon dengan mudah? Simak ulasannya!

Kelebihan dan Kekurangan Mengisi Ulang Tinta Canon Sendiri

Sebelum membahas tentang cara untuk mengisi ulang tinta printer Canon, ada baiknya jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan ketika Anda mengisi ulang tinta unit printer sendiri. Meskipun, sebenarnya saat ini ada banyak jasa yang menawarkan layanan pengisian ulang tinta untuk printer Canon.

Berbincang tentang mengisi ulang tinta printer Canon, salah satu kelebihan yang didapatkan jika Anda mengisi ulang tinta sendiri adalah Anda bisa menghemat pengeluaran. Pasalnya, alat dan juga tinta yang digunakan untuk mengisi ulang pada printer Canon tersebut bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Tidak hanya itu, peralatan yang digunakan pun bisa ditemukan dengan cukup mudah.

Hanya saja, ada kekurangan yang akan Anda hadapi saat melakukan pengisian ulang tinta printer Canon. Salah satunya adalah kualitas cetakan yang bisa jadi tidak maksimal dan cenderung lebih buruk. Pasalnya, kualitas tinta yang tersedia di pasaran berbeda dengan tinta original.

Namun, sebenarnya hal tersebut bukan masalah yang besar. Pasalnya, perbedaan kualitas cetak yang didapatkan pun tidak terlalu jauh.

Baca juga: Cara Mengganti Tinta Printer Universal dengan Mudah

Cara Mengisi Ulang Tinta Printer Canon

Perlu diketahui bahwa pengisian ulang tinta pada printer Canon termasuk salah satu maintenance yang harus dilakukan. Dengan pengisian ulang tinta secara teratur, unit printer Canon yang Anda miliki bisa bekerja dengan optimal ketika diperlukan.

Selain itu, pengisian ulang tinta juga merupakan cara agar kondisi cartridge bisa bertahan lebih baik dalam kurun waktu yang lebih lama.

Perlu diketahui, cartridge yang dibiarkan kosong tanpa tinta dalam waktu yang lama bisa rusak. Selain itu, sisa tinta cartridge yang tidak terpakai bisa menyebabkan cartridge menjadi tersumbat.

Baca juga: 2 Cara Instal Printer Canon IP2770 Tanpa CD dengan Mudah Tanpa Ribet

Nah, sebelum mengisi ulang tinta pada unit printer Canon yang Anda gunakan, ada beberapa perlengkapan yang harus Anda sediakan terlebih dahulu. Beberapa perlengkapan tersebut adalah:

  • Satu paket tinta refill yang biasanya dikemas dalam tabung suntik. Selain itu, umumnya, tinta refill ini dilengkapi dengan peralatan suntik untuk memasukkan tinta dalam cartridge.
  • Jarum atau benda lain dengan ujung runcing untuk melubangi cartridge.
  • Lap atau tissue untuk membersihkan tinta.

Setelah beberapa perlengkapan di atas sudah siap, maka Anda bisa langsung bergeser untuk mengisi ulang tinta pada printer Canon. Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk mengisi ulang tinta pada unit printer Canon adalah:

  • Pastikan printer dalam keadaan menyala. Jika belum menyala, maka tekan tombol power dan biarkan printer menyala.
  • Tunggu hingga kondisi printer Canon tersebut berada dalam mode stand by.
  • Apabila printer berada dalam mode stand by, buka cover printer ke atas agar Anda bisa melepas cartridge dengan lebih mudah.
  • Tunggu beberapa saat hingga posisi cartridge berada di tengah dan kemudian lepaskan cartridge dari dudukan dengan perlahan dan hati-hati serta berupaya tidak menyentuh bagian depan dari cartridge tersebut.
  • Apabila Anda baru pertama kali mengisi ulang tinta printer Canon, maka lepaskan label di bagian atas agar lubang pengisian tinta terlihat. Setelah itu, perbesar lubang tersebut dengan menggunakan jarum yang sudah disediakan sebelumnya.
  • Untuk mengisi tinta pada printer Canon, mulai dari tinta yang berwarna hitam selanjutnya ulangi cara tersebut untuk mengisi tinta warna.
  • Ambil tissue secukupnya dan tutup bagian head cartridge agar tidak bocor.
  • Masukkan jarum syringe ke dalam lubang hingga menyentuh gabus tinta yang ada di bagian dalam cartridge.
  • Masukkan tinta printer hitam secara perlahan dan tidak terlalu banyak. Perkiraan volume yang dimasukkan adalah sekitar 20 ml. Hindari memaksakan memasukkan tinta hingga penuh atau bahkan sampai tumpah.
  • Jika sudah, bersihkan head cartridge dengan tissue yang tadi sudah digunakan untuk menutup.
  • Ulangi cara tersebut untuk memasukan tinta warna. Dalam hal ini, mulailah dengan warna merah, kuning dan terakhir warna biru. Selain itu, pastikan Anda memasukkan tinta ke cartridge warna dengan perlahan dan kapasitas yang lebih sedikit dibandingkan dengan warna hitam.
  • Apabila semua warna sudah berhasil diisi ulang, maka selanjutnya tutup head cartridge dan kembalikan posisi cartridge seperti semula dengan hati-hati.
  • Selesai.

Beberapa poin di atas adalah tahapan langkah yang perlu dilakukan untuk mengisi ulang tinta pada printer Canon yang Anda miliki. Jika dicermati, tentu saja cara isi tinta printer Canon tersebut sangat mudah dan juga simple.

Hanya saja, Anda memang harus berhati-hati dan memastikan jika cartridge tidak bocor serta pengisian ulang tinta sesuai dengan urutan warna yang disarankan.

Tips Mengisi Ulang Tinta Printer Canon

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar tidak melakukan kesalahan. Dalam hal ini, setelah Anda berhasil mengisi ulang tinta, maka gunakan fitur maintenance. Poin ini sangat penting karena tinta yang diisi ulang biasanya akan keluar secara berlebihan. Nah, fitur maintenance ini bisa membuat tinta keluar seperti sebelumnya.

Selain itu, Anda wajib membersihkan head printer. Dengan membersihkan bagian ini, setidaknya Anda bisa memastikan head printer bersih dan risiko head printer bermasalah atau terhambat karena debu tidak akan terjadi.

Tips lain yang tidak kalah penting adalah lakukan uji coba printer beberapa kali untuk mencetak dokumen. Proses uji coba ini penting untuk memastikan printer sudah bekerja dengan baik serta tinta printer tidak keluar secara berlebihan.

Baca juga: 3+ Cara Instal Printer di Notebook dengan Mudah dan Tidak Ribet

Sebagai tambahan, hindari mengisi ulang tinta printer Canon dalam waktu terlalu lama hingga cartridge kosong. Pasalnya, sisa tinta yang ada bisa membuat spons pada cartage menjadi kering dan cartridge akan rusak serta Anda perlu melakukan penggantian dengan biaya yang lebih mahal.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara isi tinta printer Canon yang perlu Anda ketahui. Agar unit printer Canon bisa bekerja dengan baik, bersihkan printer secara teratur. Selain itu, pastikan untuk sering menyalakan printer agar perangkat tidak bermasalah.

Namun apabila unit printer tersebut tidak digunakan, maka ada baiknya jika Anda menutupinya dengan kain agar terlindung dari kotoran, terutama debu.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News