6 Panduan dan Tata Cara Install VirtualBox Lengkap + Link Download

panduan dan tata cara install virtualbox

Apa itu VirtualBox? Bagaimana cara install VirtualBox di Windows, Linux, Ubuntu, dan lainnya? Simak selengkapnya pada artikel ini.

VirtualBox adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan instalasi OS secara virtual (buatan). Aplikasi ini seperti mesin virtual yang digunakan untuk latihan menginstall OS windows, linux, ubuntu maupun os yang lainnya.

Aplikasi ini gratis digunakan atau dengan nama lain orang biasanya menyebutnya dengan aplikasi open source.

Aplikasi ini memungkinkan anda untu menginstall OS yang berbeda tanpa harus melakukan dual OS ataupun install ulang di laptop yang digunakan.

Uniknya saat melakukan install pun data asli yang ada di laptop tidak akan hilang ataupun rusak jadi kalian tidak perlu khawatir untuk menggunakan aplikasi ini. Kita akan mempelajari lebih dalam cara menggunakan virtualbox dan instalasinya dengan mudah.

Panduan dan Tata Cara Install VirtualBox

panduan dan tata cara install virtualbox

Proses instalasi virtualbox dan saat menjalankan mesin virtual machine tidaklah sulit. Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Pada kesempata kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall virtualbox sampai menjalankan mesin virtualnya.

1. Download VirtualBox

Yang pertama download aplikasi virtualbox terlebih dahulu. Silahkan sesuaikan dengan laptop anda.

DOWNLOAD VIRTUALBOX DI SINI

2. Lakukan Installasi VirtualBox

Jika sudah terdownload silahkan klik dua kali di aplikasinya dan kemudian akan muncul tampilan seperti berikut, untuk melanjutkan proses instalasi silahkan klik Next saja.

3. Mengatur Folder

Kemudian akan muncul tampilan Custom Setup kalian jangan merubah apapun. Ikuti settingan defaultnya saja kemudian pilih Next.

4. Custom Setup Installasi

Langkah selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut, tampilan ini digunakan untuk mengatur virtualbox anda, berikan checklist semua kemudian klik Next.

5. Approve atau Setujui Peringatan

Kemudian di tahap selanjutnya, akan muncul jendela untuk mengajurkan anda mematikan jaringan internet sementara saat proses menginstall virtualbox jika setuju klik Yes saja.

BACA JUGA:  Simak! Ini 5 Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja, Nomor 1 Paling Mudah

Kemudian ini merupakan langkah terkahir kalian tinggal klik Install saja kemudian tunggu prosesnya hingga selesai.

6. Installasi Sukses

Jika proses instalasi sudah selesai, akan muncul tampilan seperti berikut. Pada Start Oracle VM VirtualBox 5.1.8 after installation berikan tandan checklist saja kemudian klik Finish maka proses instalasi sudah selesai.

Panduan dan Tata Cara Membuat Virtual Mesin

panduan dan tata cara install virtualbox

Setelah melakukan installasi virtualbox di laptop pc, maka kita perlu melanjutkanya dengan membuat virtual machine telrbih dahulu. Berikut iini cara menggunakan virtualbox.

1. Membuat Mesin Virtual Baru

Untuk membuat mesin virtual langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik New yang berada di pojok kiri atas atau tekan tombol Ctrl+New di keyboard.

2. Mengatur Jenis Sistem Operasi

Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut anda dimintai untuk mengisi nama, tipe dan versi dari mesin virtual yang ingin anda buat. Pada type & version isikan sesuai dengan OS yang ingin di install kemudian klik Next.

3. Mengatur RAM

Selanjutnya akan dimintai untuk menyesuaikan ukuran RAM. Untuk default otomatis virtualbox akan menyesuaikan sesuai dengan OS yang tadi kalian pilih namun anda juga bisa mengaturnya sesuai keinginan.

Semakin banyak RAM yang dialokasikan maka akan semakin lancer virtualbox yang dijalankan, jika sudah selesai mengaturnya langsung saja klik Next.

Pastikan tidak lebih dari 50% spesifikasi ram yang anda pakai, jika ram anda 4gb, maka memory size cukup dibawha 2gb/2000MB.

4. Mengatur Harddisk

Kemudian ditahap selanjutnya kalian akan dimintai untuk membuat harddisk virtual yang nantinya digunakan untuk menginstall program dan system operasi di mesin virtual. Ada 3 pilihan untuk membuat harddisk, yakni :

  • Do not add a virtual hard disk = Artinya harddisk akan dibuat di pengaturan yag terpisah setelah membuat mesin virtual selesai, dan biasanya pilihan ini dipilih oleh orang yang sudah mahir.
  • Create a virtual hard disk now = Artinya membuat harddisk bersamaan dengan mesin virtual
  • Use an existing virtual hard disk file = Artinya menggunakan harddisk virtual yang sebelumnya sudah pernah dibuat
BACA JUGA:  Tips Memilih Cairan Pembersih Laptop yang Benar

Karena ini awalan kita membuat mesin virtual maka, pilih saja opsi create a virtual harddisk now kemudian pilih create.

5. Mengatur Jenis Harddisk

Pada tahap kelima, pilihlah harddisk yang ingin kalian gunakan di mesin virtual. Ada 3 jenis tipe harddisk yaitu:

  • VMDK / Virtual Machine Disk = Harddisk ini merupakan format native dari VMWare
  • VDI / Virtualbox Disk Image = Harddisk ini merupakan format native dari aplikasi Virtualbox
  • VHD / Virtual Hard Disk = Harddisk ini merupakan format native dari Microsoft Virtual PC

Jika kalian hanya sekedar ingin virtual saja, maka saran saya pilih saja VDI jika sudah silahkan klik Next.

6. Setting Metode Penyimpanan

Langkah selanjutnya akan ada pilihan untuk harddisk bisa tersimpan di harddisk fisik kita, ada dua pilihan yakni:

  • Dynamically Allocated: Pada opsi ini berarti harddisk fisik akan sesuai dengan harddisk virtual tidak sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan di awal tadi.
  • Fixed Size: Pada opsi ini berarti harddisk fisik yang dipakai akan sesuai dengan harddisk virtual yang dibuat.

Pada tahap ini sangat direkomendasikan memilih Dynamically Alocated saja selanjutnya klik Next.

7. Setting Kapasitas Penyimpanan Harddisk

Ini adalah langkah terakhir yakni mengatur lokasi dan ukuran harddisk virtual di virtualbox. Silahkan atur sesuai dengan OS yang di install dan sesuai dengan kebutuhan anda, jika diarsa sudah pas pilih saja Create.

Panduan dan Tata Cara Install Sistem Operasi (OS) di VirtualBox

panduan dan tata cara install virtualbox

Langkah yang sudah dilakukan tadi adalah untuk membuat mesin virtual, sekarang kita akan menjalankan mesin virtual yang sudah kita buat tadi. Sama seperti menginstall laptop kalian juga harus menyiapkan file ISO dan DVD instalasi untuk menginstall nya.

BACA JUGA:  Cara Menghapus Bloatware atau Aplikasi Bawaan Windows 11

Dan juga pastikan ISO anda sesuai dengan tipe dan versi yang sudah ditentukan diawal tadi saat proses membuat mesin virtual. Setelah selesai menempatkan di ISO yang akan diinstall kemdudian klik Start maka proses instalasi akan dijalankan.

Selesai, mesin virtual sudah bisa dijalankan. Cara ini sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin belajar melakukan install ulang tanpa harus menggunakan laptop asli kita, dengan adanya mesin virtual kita juga tidak khawatir karena jika melakukan instalasi data yang ada di laptop tidak akan hilang maupun rusak.

semoga dapat menambah wawasan kalian dan semoga artikel ini bermanfaat jika ada langkah yang kurang jelas silahkan langsung bertanya di kolom komentar. Selamat Mencoba ~

No ratings yet.

Please rate this

---

Ikuti selalu informasi dari KopiTekno.com di Google News.