Cara Instal Printer ke Laptop Paling Mudah

Cara Instal Printer Ke Laptop Paling Mudah
Cara Instal Printer Ke Laptop Paling Mudah

Apakah Anda sedang mencari cara instal printer ke laptop? Jika iya, maka tepat sekali berada di artikel ini. Saat ini, printer merupakan salah satu hardware yang sudah banyak digunakan. Kemudahan printer untuk dibawa ke mana saja dan cara instal printer ke laptop yang mudah menjadi salah satu alasan kenapa seseorang menggunakan hardware ini untuk keperluan mencetak dokumen.

Tidak hanya itu, produk printer pun sangat beragam, termasuk adanya printer all-in-one yang dilengkapi scanner serta alat copy dokumen. Nah, berbincang tentang printer, pada kesempatan ini akan dibahas terkait cara instal printer ke laptop.

Tentu, Anda yang memiliki hardware ini perlu mengetahui bagaimana cara instal printer ke laptop. Pasalnya, printer memiliki software yang harus dipasang agar unit printer bisa bekerja dengan optimal.

Perlu dipahami bahwa sebenarnya cara instalasi printer cukup mudah. Hanya saja, barangkali beberapa dari Anda masih bingung untuk melakukannya.

Ragam Cara Instal Printer ke Laptop Paling Mudah

Seperti yang disinggung sebelumnya, instalasi printer ke laptop adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Tidak hanya itu, cara instalasi ini pun tersedia dalam beberapa variasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Adapun beberapa cara instal printer paling mudah yang bisa Anda jadikan opsi diantaranya adalah:

1. Instal Printer ke Laptop dengan CD Drive

Dalam pembelian unit printer baru, ada CD driver yang akan dimasukkan dalam paket pembelian. Nah, CD drive ini digunakan untuk melakukan instalasi printer ke laptop dengan sangat mudah. Tentu, CD drive yang diberikan sudah disesuaikan dengan jenis printer. Artinya, Anda tidak bisa menggunakan sembarang CD drive untuk instalasi.

Adapun langkah instalasi printer ke laptop menggunakan CD drive adalah:

  • Nyalakan laptop dan masukkan CD drive ke CD/DVD RW laptop.
  • Buka folder CD drive yang sudah terbaca di program laptop.
  • Klik dua kali pada file setup exe yang ada di folder tersebut.
  • Ikuti perintah selanjutnya sebagaimana Anda melakukan instalasi software seperti biasa.
  • Klik finish untuk menyudahi langkah tersebut dan Anda akan mendapatkan adanya ikon atau aplikasi printer pada laptop yang Anda gunakan.
  • Selesai.

Hanya dengan beberapa langkah saja Anda sudah bisa menginstal printer ke laptop dengan sangat mudah. Nah, apabila program printer sudah berhasil terinstal, maka Anda sudah bisa menggunakan unit printer tersebut untuk mencetak dokumen yang Anda inginkan.

Baca juga: Cara Menyambungkan Printer ke Laptop dengan dan Tanpa Kabel

2. Instal Printer ke Laptop dengan Kabel USB

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menginstal printer ke laptop adalah dengan menggunakan kabel USB. Ini juga termasuk cara yang cukup mudah. Pasalnya, printer dilengkapi dengan kabel USB dalam pembelian. Apabila kabel USB hilang, Anda pun bisa membelinya dengan mudah di toko aksesoris printer.

Lantas, bagaimana cara instalasi printer ke laptop dengan kabel USB tersebut? Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  • Pertama, hubungan printer ke laptop dengan menggunakan kabel USB. Ada baiknya jika Anda menggunakan kabel USB bawaan dari printer.
  • Jika sudah, klik start pada program laptop dan pilih control panel.
  • Di menu control panel, pilih hardware and sound dan pilih printer.
  • Untuk menambahkan printer, klik pada opsi add a printer.
  • Lalu, klik opsi use existing port yang terdapat pada halaman choose a printer port.
  • Setelah itu, Anda tinggal memilih port printer yang sesuai dengan yang dihubungkan ke laptop tadi.
  • Klik dan pilih model printer yang digunakan pada laman instal the printer driver.
  • Klik dan ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.

Nah, dengan beberapa langkah mudah di atas, Anda sudah bisa menginstal printer ke laptop dengan cepat dan gampang. Sebagai tambahan, pastikan jika kabel USB yang digunakan masih berfungsi dengan baik. Pasalnya, masalah instalasi printer dengan cara ini kerap disebabkan karena kabel USB yang sudah rusak dan tidak terpasang dengan baik.

Baca juga: Cara Isi Tinta Printer Canon Paling Mudah Anti Gagal

3. Instal Printer ke Laptop dengan Driver Printer

Untuk menginstal printer ke laptop, Anda juga bisa menggunakan driver printer. Cara ini bisa menjadi solusi terutama ketika Anda membeli laptop dalam kondisi bekas dan sudah tidak ada CD drive yang disertakan dalam paket pembelian tersebut.

Driver printer sendiri merupakan program yang bisa digunakan untuk mengoperasikan unit printer. Nah, umumnya, brand dari printer menyediakan file driver printer yang bisa diunduh dengan sangat mudah. Tentu saja, beragam driver printer tersebut tersedia untuk digunakan pada OS laptop yang berbeda, baik Windows dan juga Mac OS.

Adapun langkah untuk menginstal printer ke laptop menggunakan driver printer adalah sebagai berikut:

  • Unduh terlebih dahulu driver printer yang Anda perlukan. Dalam hal ini, Anda bisa mendapatkan driver tersebut di laman resmi brand printer yang Anda gunakan. Ada search bar di dalam website yang bisa digunakan untuk memudahkan pencarian driver printer.
  • Saat proses download selesai, file driver printer akan tersimpan di folder.
    download dengan ekstensi RAR. Nah, ekstrak file RAR tersebut dengan cara klik kanan pada file unduhan dan pilih extract here
  • Jika proses extract selesai, Anda akan menemukan beberapa file di dalamnya. Cari file exe.
  • Klik dua kali pada file exe tersebut untuk memulai proses instalasi printer menggunakan driver printer.
  • Ikuti instruksi yang ada di dalam proses tersebut sebagaimana ketika Anda menginstal software laptop pada umumnya.
  • Apabila proses instalasi sudah selesai, maka sambungkan unit printer dengan laptop menggunakan kabel USB bawaan printer yang sudah tersedia.
  • Cek printer dan pastikan sudah terdeteksi dengan baik di laptop.

Cara di atas tentu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda terapkan. Nah, terkait instalasi printer dengan driver printer, ada baiknya jika Anda selektif dalam memilih driver dan memastikan driver tersebut sesuai dengan bit-rate OS yang digunakan. Selain itu, pilih versi driver printer paling baru yang tersedia di website official tersebut.

Setidaknya, ada tiga cara yang bisa Anda pilih untuk menginstal printer ke laptop dengan mudah. Tentu, masing-masing cara instal printer ke laptop di atas menawarkan langkah berbeda yang sebenarnya mirip dan juga mudah.

Sebagai tambahan, Anda sebenarnya juga bisa menginstal printer ke laptop dengan menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi. Cara yang perlu dilakukan pun mirip dengan ketika Anda menggunakan kabel USB. Hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa printer yang Anda gunakan sudah memiliki fitur Wi-Fi ataupun Bluetooth.

Baca juga: 3+ Cara Instal Printer di Notebook dengan Mudah dan Tidak Ribet

Bagaimana Cara Mengatasi Printer yang Tidak Terdeteksi?

Setelah menginstal printer, Anda perlu memastikan bahwa printer tersebut terdeteksi sebelum mulai digunakan. Nah, permasalahan yang kerap muncul adalah printer tidak terdeteksi meskipun proses instalasi sudah dilakukan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengecek kabel USB terlebih dahulu. Kabel yang longgar kerap menjadi biang masalah ini. Oleh karenanya, pastikan kabel USB terpasang dengan baik dan berfungsi serta tidak ada bagian kabel yang terlipat atau bahkan terputus.

Demikian informasi mengenai cara instal printer ke laptop paling mudah. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News