Tips  

Wajib Tahu! Begini Cara Edit File PDF di HP Android dengan Mudah

Bagaimana Cara Edit File PDF di HP
Bagaimana Cara Edit File PDF di HP

Pekerjaan sehari-hari sering berhadapan dengan perangkat lunak. Adanya software ini sangat meringankan pekerjaan. Terutama untuk hal yang berhubungan dengan pembuatan laporan, mengerjakan tugas dan mengetik tulisan. Salah satu yang paling diandalkan adalah Microsoft Word dengan hasil akhir berupa dokumen portabel. Tapi, bagaimana cara edit file PDF di HP menjadi pertanyaan bagi beberapa orang.

Melakukan perubahan dengan aplikasi ternyata bisa dilakukan melalui gadget. Ada trik bagaimana cara edit file PDF di HP dengan Microsoft Word. Perangkat lunak besutan perusahaan Microsoft ini telah berkembang membantu pengguna mobile. Terlebih bagi orang super sibuk, pekerjaan dituntut cepat selesai. Sehingga memerlukan sarana yang mendukung.

Kecanggihan smartphone android memberikan pengalaman menarik untuk mengubah dokumen andalan karyawan. Format Portable Document File ini diminta karena lebih praktis dan berkapasitas kecil. Hasil akhir laporan ini bahkan bisa diubah melalui aplikasi yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Bagaimana cara edit file PDF di HP ini yang perlu kamu perhatikan. Karena tidak semua orang tahu langkah ini.

Panduan Bagaimana Cara Edit File PDF di HP Memanfaatkan Aplikasi Word

Mungkin rasanya berat ketika terburu-buru. Tapi, situasi mengharuskan kejar target yang padat. Revisi laporan sering kali membuat pusing. Untuk kamu yang memiliki peralatan terbatas, bukanlah masalah besar.

Kamu bisa menggunakan handphone untuk merevisi halaman laporanmu. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Ms. Word pada gadget berbasis android. Sehingga mendapat solusi bagaimana cara edit file PDF di HP. Langkah ini bisa digunakan bahkan di mana saja dan kapan saja.

Menyiapkan Dokumen yang Perlu Diubah

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu dokumen yang akan diubah. Jika kamu meletakkan file pada laptop maka harus dipindah terlebih dahulu. Kamu bisa memindahkan dokumen pada memori internal atau eksternal HP. Tapi, lebih baik menyalinnya pada memori internal. Agar dokumen berupa format PDF mudah kamu temukan.

Jika data revisi dikirim pada email, maka akan lebih mudah. Karena kamu hanya perlu mengunggah terlebih dahulu. Maka, data tersebut secara otomatis tersimpan pada gadget. Hanya saja, kamu harus menghafal nama file. Agar tidak kesulitan saat melakukan pencarian.

Mendownload Aplikasi Microsoft Word

Pastikan apakah kamu sudah mendownload aplikasi Microsoft Word pada gadget android. Jika belum, langsung buka Google Playstore. Karena pada toko ini hanya tersedia perangkat untuk perangkat berlambang robot hijau.

Agar lebih cepat, ketikkan kata kunci “Microsoft Word” pada kolom pencarian. Maka akan muncul perangkat lunak yang kamu cari. Klik pada lambang aplikasi untuk membuat dokumen ini. Setelah itu, klik “Download” atau “Unduh”. Silakan menunggu hingga unduhan mencapai 100%. Jangan lupa untuk selalu mendapatkan akses internet. Dengan begitu, proses download akan berjalan cepat.

Menginstall Aplikasi pada Handphone Android

Setelah proses download selesai, maka kamu harus menginstall terlebih dahulu. Tujuannya agar software editing ini terpasang pada smartphone android. Kamu tidak bisa mengolah data jika belum sepenuhnya terinstall.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, masih memerlukan akses internet. Wajarnya, setelah mengunduh, proses instalasi berjalan secara otomatis. Syaratnya, akses internetmu masih memadai.

Jika tidak, maka pemasangan akan terhambat. Masalah ini bisa menyebabkan software tidak lengkap. Kemungkinan ada beberapa program atau konfigurasi yang lack.

Membuka File Menggunakan Ms. Word

Banyak kalangan pekerja yang mengandalkan piranti yang bagian dari Microsoft Office. Keunggulannya bukan hanya untuk mengetik laporan. Tapi juga berfungsi baik dalam mengedit format PDF. Bahkan kamu bisa mengubah, menghapus dan menambah tulisan.

Bagaimana cara edit file PDF di HP? Setelah software terpasang, maka muncul tampilan icon Ms. Word pada menu handphone. Tapi, jangan dibuka dulu! Karena kamu harus menemukan file yang akan diubah. Sentuh pada file portable yang dimaksud. Sehingga laporan atau tugasmu akan terbuka pada jendela baru.

Convert PDF ke Format Word

Sayangnya, file yang terbuka belum bisa dilakukan pengubahan. Karena file asli ini memerlukan proses konversi ke Ms. Word terlebih dahulu. Sehingga format lama akan berubah menjadi word.

Tekan atau sentuh pada icon “Edit”. Letaknya berada pada bagian pojok kanan atas layar. Tombol ini membentuk simbol kertas terlipat. Terdapat gambar pensil yang menyatu dengan kertas. Kemudian tekan “OK” pada jendela perintah konversi. Silakan menunggu hingga selesai.

Simpan Format Baru Menjadi .docx

Begitu selesai melakukan konversi, pada layar muncul laporan sebelumnya. Data yang ada tetap sama seperti sebelumnya. Hanya saja kali ini tampilannya berubah. Kamu akan mendapatkan tampilan data dalam bentuk Word.

Proses mengedit belum bisa dilakukan. Karena kamu data masih berbentuk mode read only. Dengan kata lain, laporan ini masih terkunci. Agar dapat melakukan revisi, kamu harus menyimpan sebagai salinan.

Caranya, sentuh icon titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Lalu pada menu selanjutnya, silakan memilih “Save As”. Lanjutkan dengan memilih tempat penyimpanan. Pilih lokasi yang mudah diingat dan selalu tersimpan rapi. Pada kolom “Save As Type”, pastikan memilih format .docx. Klik “Save” jika sudah yakin. Maka, file dokumen yang tersimpan berbentuk Ms. Word.

Melakukan Editing pada File Baru

File .docx yang sudah tersimpan, secara otomatis langsung terbuka. Jadi, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengedit. Kamu bisa mengubah data sesuai keinginan. Klik pada icon bergambar pensil pada kanan atas. Lakukan revisi pada tulisan atau gambar melalui HP android-mu. Kamu bisa mengubah layaknya mengetik naskah pada Ms. Word.

Menyimpan Hasil Editan dalam Bentuk PDF

Setelah pengeditan selesai, pastikan semua sudah benar. Kemudian kamu bisa menyimpan dokumen baru tersebut. Kamu bisa memilih penyimpanan dengan format .docx atau kembali pada format PDF.

Jika ingin menyimpan dalam bentuk laporan PDF ada tahapan yang dilakukan. Sentuh icon lambang titik tiga pada pojok kanan atas. Akan muncul beberapa pilihan. Sentuh perintah “Share as PDF”.

Kemudian muncul jendela baru. Pada jendela tersebut tampak beberapa menu tujuan membagikan file. Kamu bisa membagikan langsung melalui aplikasi android lain, seperti WhatsApps, Gmail atau menyimpannya pada memori HP.

Jika ingin menyimpan pada smartphone, sentuh pada “Save on File Manager”. Dokumen akan dikonversikan kembali pada format semula. Kamu bisa membuka hasil editan PDF yang jadi pada folder penyimpanan di gadget.

Penggunaan aplikasi dari perusahaan milik Bill Gates ini sangat bermanfaat. Mengedit format laporan melalui smartphone memang kurang sempurna. Hanya saja, hasilnya tidak kalah memuaskan. Terutama jika kondisi terdesak, bagaimana cara edit file PDF di HP sangat membantu. Tidak menutup kemungkinan software ini bisa digunakan untuk mengatur dokumen lain. Tentunya tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pekerjaan tetap berjalan sesuai tenggat waktu.

5/5 (2)

Please rate this

---

Ikuti selalu informasi dari KopiTekno.com di Google News.