Saturday, December 4, 2021

Cara Download Video YouTube Lewat Chrome Paling Mudah

Kopitekno.com YouTube memang mempersilakan penggunanya untuk mengunduh video mereka. Namun selain tidak semua video ada tombol download-nya, video itu tetap berada di platform tersebut dan tidak bisa dipergunakan untuk kegiatan yang lain. Misalnya sebagai bahan presentasi.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara download video YouTube, beberapa ekstensi peramban Chrome dapat membantu Anda. Ekstensi merupakan aplikasi tambahan yang bisa diisntal di peramban untuk fungsi tertentu. Nah, dibawah ini, kami membahas beberapa di antaranya.

Internet Download Manager

Internet Download Manager, atau IDM, adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk mengunduh berbagai jenis file, bukan hanya video. Meskipun Anda dapat mengunduh ekstensi IDM dari Toko Web Chrome, itu hanya berfungsi jika perangkat lunak IDM diinstal di komputer Anda. Jadi, Anda harus mengunduh perangkat lunak beserta ekstensinya. Setelah Anda melakukan keduanya, mulai ulang browser Anda.

Untuk mengunduh video dari YouTube, buka video apa saja di YouTube. Anda akan melihat tombol Unduh Video Ini dengan logo IDM di sudut kanan atas pemutar video. Klik di atasnya dan pilih format file dan resolusi video.

Selanjutnya, IDM akan menampilkan kotak dialog yang meminta Anda untuk memilih folder untuk menyimpan video dan deskripsi (opsional). Terakhir, klik tombol Mulai Unduh, dan IDM menyimpan video di folder yang ditentukan.

Download: Internet Download Manager Software (Berbayar)

Download: IDM Integration Module untuk Chrome (Gratis)

Easy YouTube Video Downloader

Easy YouTube Video Downloader adalah add-on dari peramban Opera yang dapat Anda tambahkan ke Chrome melalui ekstensi CrossPilot. Seperti namanya, ini adalah pengunduh sederhana untuk video YouTube.

Maka yang pertama harus dilakukan adalah mengunduh CrossPilot dari Toko Web Chrome. Kemudian buka halaman Easy YouTube Downloader dan klik Instal dengan CrossPilot. Berikan izin untuk mengunduh ekstensi.

Setelah menginstal add-on, buka video apa pun di YouTube. Anda akan melihat tombol Unduh yang berwarna hijau. Klik untuk membuka menu drop-down. Di sini Anda dapat melihat format dan resolusi yang tersedia beserta ukurannya.

Pilih format pilihan Anda, dan kotak dialog akan muncul, kemudian akan meminta Anda untuk memilih folder untuk mengunduh file dan memberi nama untuk video.

Download: CrossPilot untuk Chrome

DownloadEasy YouTube Video Downloader

Local YouTube Downloader

Local YouTube Downloader adalah alat yang melakukan persis seperti yang tertulis di kaleng, memungkinkan Anda mengunduh video YouTube secara lokal ke perangkat Anda. Namun, ekstensi ini tidak dapat diunduh melalui Toko Web Chrome, Anda harus menginstalnya melalui Tampermonkey.

Tampermonkey adalah pengelola skrip pengguna terkenal yang tersedia untuk semua browser populer, termasuk Chrome dan Edge. Melalui pengelola skrip pengguna ini, Anda dapat mengunduh skrip pengguna untuk mengunduh video YouTube melaluinya.

Pertama, buka Toko Web Chrome dan unduh Tampermonkey. Selanjutnya, unduh skrip pengguna Pengunduh YouTube Lokal dari GreasyFork.

Setelah melakukan pengunduhan Tampermonkey dan Local YouTube Downloader, Anda hanya perlu membuka video YouTube yang ingin Anda unduh. Di bawah pemutar video, klik Unduh MP4 Resolusi Tinggi untuk mengunduh video secara instan.

Untuk resolusi dan format lainnya, klik pada tautan tampilkan/sembunyikan. Di sini Anda akan melihat banyak tautan dalam dua kolom berbeda: Aliran dan Adaptif. Tautan di kolom Aliran memiliki gabungan audio-video, sedangkan tautan di sebelah kanan hanya mendukung salah satunya.

Pilih resolusi dan format video Anda dan klik tautannya. Anda akan dibawa ke tab baru dengan pemutaran video. Di sini, Anda dapat mengeklik kanan dan mengeklik Simpan Video Sebagai untuk mengunduh video.

Download: Tampermonkey untuk Chrome

DownloadLocal YouTube Downloader

Addoncrop YouTube Video Downloader

Addoncrop YouTube Video Downloader adalah ekstensi peramban kaya fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video YouTube. Anda harus mengunduh Addoncrop melalui CrossPilot, ekstensi yang memungkinkan Anda menambahkan add-on Opera ke Chrome.

Pertama, unduh CrossPilot dari Toko Web Chrome. Kemudian, kunjungi situs web Addoncrop dan buka Halaman Pengunduh Video YouTube.

Klik tombol Instal melalui CrossPilot di sisi kiri. Berikan izin yang diperlukan, dan Anda akan melihat ekstensi diunduh di browser Anda.

Setelah mengunduh ekstensi ini, Anda akan melihat ikon Unduh di video YouTube mana pun di samping tombol Suka. Anda dapat mengunduhnya hanya dengan mengklik ikon Unduh.

Untuk mengubah format atau resolusi, klik ikon Lainnya. Di sini Anda dapat melihat ukuran video untuk berbagai resolusi dan opsi untuk mengunduhnya. Kemudian, klik kanan dan unduh menggunakan tombol Save as Video.

Anda dapat mengubah pengaturan ekstensi ini dengan mengklik Opsi. Dari sini, Anda dapat memilih format mana yang akan ditampilkan untuk diunduh, apakah akan menyertakan item format DASH, dan apakah akan menampilkan opsi untuk mengunduh video HD.

Ekstensi ini juga dilengkapi dengan pengelola unduhan bawaan yang menunjukkan kepada Anda semua video dan audio yang telah Anda unduh. Untuk mengubah folder unduhan, Anda dapat mengaktifkan kotak dialog Show Save As.

Selain mengunduh video, ekstensi Addoncrop menawarkan beberapa fitur berguna. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar video dengan mengklik ikon Kamera (di sebelah tombol putar otomatis). Anda juga dapat menyembunyikan komentar YouTube.

Jika Anda mendengarkan musik atau podcast, Anda dapat mengaktifkan mode Audio dan mencegah video dimuat. Mungkin fitur paling praktis adalah Anda dapat mencari YouTube sambil menonton video. Hasil pencarian muncul tab Related Videos.

Download: CrossPilot untuk Chrome (Gratis)

DownloadAddoncrop YouTube Video Downloader

Itulah tadi empat ekstensi peramban Chrome yang bisa dipergunakan sebagai cara download video Youtube. Semoga berhasil, ya.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini