BerandaGawaiBluetooth Tracker: Pengertian, Contoh, dan Cara Kerjanya yang Mesti Diketahui

Bluetooth Tracker: Pengertian, Contoh, dan Cara Kerjanya yang Mesti Diketahui

Tren bluetooth tracker rasanya tak sepopuler sekarang ini jika saja Apple tak merilis AirTags. Sebab sebelumnya memang sudah hadir berbagai alat pelacak semisal Tile maupun Chipolo.

Jika ada yang bertanya, apa sih fungsi dari bluetooth tracker ini? Nah, alat ini gunanya sebagai gantungan kunci atau apapun saja benda-benda harian yang kerap kali hilang.

Apa Sih Bluetooth Tracker Itu?

Secara sederhana bluetooth tracker adalah sebuah perangkat yang berfungsi memancarkan jaringan bluetooth. Sehingga ketika benda ini terpasang pada benda-benda tertentu, maka jika benda itu hilang maka dengan bantuan bluetooth akan mudah dilacak.

Tentu kita pernah sekali atau dua kali kehilangan kunci rumah, kunci kendaraan, maupun benda-benda rutin yang penting lainnya. Biasanya hilangnya memang tak jauh-jauh juga sih. Maka pergunakan bluetooth tracker sebagai gantungan kunci agar ketika benda itu hilang, bisa dengan mudah ditemukan.

Kamu juga bisa memasang bluetooth tracker pada hewan peliharaan yang kerap dilepas bebas ke sekitar rumah. Ya siapa tahu hewan tersebut jalan-jalan terlalu jauh dan tersesat, maka alat ini bisa membantu menemukannya kembali.

Bentuk bluetooth tracker ini kecil saja. Kalau diukur ya serupa gantungan kunci pada umumnya. Bentuknya bermacam-macam, ada yang bulat maupun persegi.

Cara Kerja Bluetooth Tracker

Bluetooth tracker menyala secara simultan menggunakan Bluetooth Low Energy (BLE) untuk memancarkan data kepada ponsel. Sehingga sebelum dipasang pada benda tertentu, pengguna harus memastikan adanya koneksi antara bluetooth tracker dengan ponsel.

Sekali terkoneksi, maka bluetooth tracker ini akan terlihat di aplikasi yang terinstal pada ponsel. Bentuknya melingkar dengan titik pusat merupakan keberadaan bluetooth tracker tersebut.

Menurut beberapa klaim pabrikannya, bluetooth tracker bisa ditemukan pada jarak 80 meter. Diluar jarak tersebut maka aplikasi hanya akan memperlihatkan lokasi terakhir keberadaan bluetooth tracker ini.

Bedanya dengan GPS Tracker

Ada istilah “smart tracker” untuk menyebut pelacak pintar semacam ini. Nah sebutan tersebut sebetulnya merujuk pada dua macam tracker, yakni bluetooth tracker dan GPS tracker.

Bluetooth tracker memakai BLE untuk menunjukkan lokasi persisnya dalam jangkauan yang terbatas. Sedangkan GPS tracker daya jangkaunya sangat luas, bahkan bisa dipantau secara global.

Lantas kamu bakal memilih yang mana? Mau GPS tracker ataukah GPS tracker? Sebaiknya, silakan cek terlebih dahulu kelebihan dari bluetooth tracker berikut ini.

Kelebihan Bluetooth Tracker

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh bluetooth tracker. Kelebihan itu diantaranya sebagai berikut:

Notifikasi Jarak

Bluetooth tracker akan memberitahukan kamu jika benda yang dipasangi alat ini tertinggal atau jauh dari jangkauan ponsel. Misalnya kamu meninggalkan kunci kendaraan di kafe. Maka ponsel akan memberikan notifikasi karena jarak antara bluetooth tracker dengan ponsel semakin menjauh.

Melacak Ponsel yang Hilang

Sebagian besar bluetooth tracker memiliki fungsi kebalikan. Maksudnya adalah ketika ponsel kamu hilang, maka dengan bantuan bluetooth tracker, ponsel tersebut bisa dibunyikan ringtone-nya meskipun sedang dalam posisi silent.

Mendukung Lokasi Bersama

Pernahkan kamu membayangkan jika kunci yang dipasangi bluetooth tracker dan ponselnya juga sama-sama hilang? Nah, jika kondisinya begini, kamu bisa meminta pengguna bluetooth tracker yang sama untuk melacaknya.

Baterai Tahan Lama

Bluetooth Low Energy mengonsumsi baterai yang sangat minimal. Pengguna tak perlu mengisi daya hingga enam bulan bahkan satu tahun. Sebagian besar pabrikan juga memberikan bluetooth tracker dengan baterai yang bisa diganti.

Anti Air

Sebagian besar merek bluetooth tracker memiliki fitur anti-air. Jadi pengguna tak perlu khawatir kehilangan kunci di hujan yang begitu deras.

Tahan Segala Kondisi

Durabilitas bluetooth tracker rata-rata sangat baik. Pengguna tak perlu khawatir bluetooth tracker mereka rusak karena terbentur, terjatuh, atau tertekan. Sebab pabrikan biasanya membuat bluetooth tracker ini kuat.

Penutup

Lantas perlukah kamu membeli bluetooth tracker? Ya tergantung budget yang tersedia. Kalau memang budget-nya ada ya silakan beli. Kalau enggak ada, ya tak perlu dipaksa.

Namun buat kamu yang secara periodik kerap kehilangan kunci atau benda apapaun bahkan hewan peliharaan, mungkin waktunya untuk menyisihkan budget agar bisa membeli bluetooth tracker satu saja.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Terbaru

x