Saturday, December 4, 2021

Cara Menghapus Bloatware atau Aplikasi Bawaan Windows 11

Kopitekno.com – Aplikasi bawaan atau diistilahkan dengan bloatware kerap menjadi mimpi buruk bagi kinerja komputer. Apalagi Microsoft telah memberikan banyak bloatware pada Windows 10, dan kini di Windows 11 juga ada, meski tak banyak.

Bloatware di Windows 11 memang berkurang cukup drastis. Namun tetap saja yang namanya bloatware ya tetap mengurangi memori dan juga performa komputer secara keseluruhan. Maka inilah caranya agar Anda bisa menghapus bloatware.

Menghapus Bloatware dengan Setting Bawaan Windows 11

Cara yang paling mudah untuk menghapus bloatware di Windows 11 adalah melalui Setting. Pada menu Setting yang ada di Windows 11 ini memang lebih mudah.

  1. Buka menu Start dan cari Setting.
  2. Klik pada menu Setting yang disimbolkan dengan gerigi mesin.
  3. Pilih Apps dan klik Apps & features.
  4. Temukan pada App list, dan pilih titik tiga pada aplikasi yang dimaksud, kemudian pilih Uninstall.
  5. Saat Windows memberikan pop-up, pilih sekali lagi tombol Uninstall untuk memastikan.
  6. Silakan tunggu hingga proses pencopotan selesai.

Menghapus Bloatware Melalui Menu Start

Yang ini merupakan cara yang lebih cepat lagi. Sebab kita tak perlu memasuki menu Setting untuk membuka dan melihat aplikasi satu-persatu.

Anda hanya perlu membuka menu Start, dan silakan cari aplikasi yang akan dicopot atau di-uninstall. Kemudian klik kanan untuk menemukan tiga pilihan, yakni Pin to Start, More, dan Uninstall. Tentu saja silakan pilih Uninstall.

Menghapus Bloatware dengan PowerShell

Dua cara diatas bisa jadi tidak berjalan dengan baik untuk semua aplikasi bloatware. Oleh karena itu, silakan pergunakan PowerShell.

  1. Silakan temukan Windows PowerShell pada menu Start. Klik kanan dan Run as administrator.
  2. Pada PowerShell, ketikkan perintah berikut: iwr -useb https://git.io/debloat|iex dan tekan enter. Langkah ini akan mengunduh file yang penting dan akan membuat System Restore Point.
  3. Saat aplikasi diluncurkan, Anda bakal melihat opsi debloat. Silakan pilih Disable pada bloatware yang ingin dihapus.
  4. Jika sudah selesai menghapus aplikasi yang diinginkan, sangat direkomendasikan untuk melakukan restart pada komputer Anda.

Yang perlu diketahui, bloatware ini merupakan cara yang dilakukan oleh pengembang sistem operasi untuk menjaga ekosistem. Maksudnya kalau memakai Windows, ya pakailah Microsoft Edge, bukan Chrome. Tapi kecenderungan orang untuk suka ‘kan berbeda.

Bloatware ini ada juga di Android. Tujuannya sama, yakni menjaga ekosistem yang diinginkan oleh pengembang. Makanya ada bloatware yang susah dihapus. Silakan ke cara menghapus bloatware Android jika Anda mengalami kesulitan untuk menghapusnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini