Tips Singkat Bikin Vlog Lewat Ponsel yang Mesti Diketahui

2
bikin-vlog-lewat-ponsel

Saat ini kamera ponsel sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Untuk itu pengguna ponsel tidak memerlukan kamera DSLR yang berharga mahal. Sekarang bikin vlog lewat ponsel bisa dilakukan siapapun.

Membuat vlog memang bisa dilakukan oleh siapapun asal tahu caranya. Anda bisa merekam banyak hal dan mengabadikan momen-momen terbaik dengan membuka aplikasi kamera dan mengarahkannya ke objek rekam. Namun apakah cukup seperti itu?

bikin vlog lewat ponsel

Anda memerlukan beberapa tips agar hasil rekaman memiliki kualitas bagus. Tentu saja Anda tak ingin rekaman pada momen terbaik memiliki kualitas yang burik. Untuk itu, KopiTekno.com kali ini mengetengahkan tips singkat bikin vlog lewat ponsel.

Pilih Ponsel dengan Kualitas Kamera Terbaik

Di pasaran saat ini, Anda bisa menemukan banyak ponsel dengan kamera yang sudah baik. Namun perlu diketahui prinsip sederhana di ekonomi, yakni barang yang baik akan selalu dihargai dengan angka yang mahal.

Begitu juga prinsip di pasar ponsel. Ponsel dengan kualitas kamera terbaik biasanya dimiliki oleh ponsel flagship. Nah, tentu sudah paham kalau ponsel di kelas flagship ini memiliki harga yang cukup tinggi. Maka siapkan budget.

Meski tidak memiliki ponsel flagship, untunglah saat ini kamera ponsel di kelas menengah juga sudah semakin bagus. Konsentrasi beberapa pabrikan di sektor kamera juga telah membuahkan hasil.

Jadi untuk kamera bagus, flagship memang paling baik, namun kalau budget terbatas, pilih saja ponsel di rentang harga Rp3 juta hingga Rp5 juta saja.

Gunakan Tripod atau Monopod

Untuk membantu proses pengambilan video agar hasil gambar tetap stabil, sebaiknya Anda juga memakai tripod atau monopod. Saat ini sudah banyak pilihan model tripod berukuran kecil dan ringan khusus untuk ponsel.

Tripod ini berguna untuk membantu pengambilan gambar lebih baik. Meski pabrikan ponsel menggaransi dengan penambahan fitur OIS (Optical Image Stabilizer) atau EIS (Electric Image Stabilizer), tetap saja keberadaan tripod mutlak diperlukan agar hasil gambar tidak goyang.

Pakai Aplikasi Editing yang Mudah

Sebelum diunggah ke platform berbagi video seperti YouTube, Facebook Watch, maupun TikTok, Anda perlu melakukan editing. Ya siapa tahu ada kesalahan didalam video itu yang membuat malu orang yang berada didalamnya.

Editing juga berguna agar video tersebut bisa ditambahkan efek berupa tulisan maupun musik yang membuat video itu terlihat semakin cantik.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua orang mahir menggunakan aplikasi video editing. Untuk itu carilah yang menurut Anda paling mudah. Sebab ada orang yang bilang mudah, tapi ternyata sulit. Bisa juga sebaliknya.

Perhatikan Situasi Saat Bikin Vlog Lewat Ponsel

Adakalanya suara di video Anda ramai sekali. Misalnya tiba-tiba ada suara klakson truk yang lewat, sebab Anda melakukan vlogging di pinggir jalan.

Di lain waktu, ketika diputar ulang, video Anda gelap disebabkan kurangnya cahaya waktu perekaman. Untuk itulah memperhatikan situasi ketika vlogging sangat penting.

Anda bisa mempergunakan berbagai alat bantu, misalnya kalau gelap Anda bisa menggunakan bantuan lampu flash atau senter. Agar suara Anda terfokus dan lebih jelas juga bisa mempergunakan microphone.

Demikian tips singkat bikin vlog lewat ponsel. Selamat mencoba.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here