Mengenal Beragam Jenis YouTube, dari Reguler Sampai Music Premium

0
beragam jenis youtube

YuTube pada mulanya hanyalah media sosial berbasis video. Lambat laun, Google membelinya dan menjadikan platform ini mesin pencetak uang yang gemilang. Hingga akhirnya YouTube pun dipecah lagi kedalam beragam jenis YouTube, yakni YouTube reguler, YouTube Music, YouTube Premium, dan YouTube Music Premium.

Mengenal Beragam Jenis YouTube

Demi kejelasan, mari kita lepaskan dasar-dasarnya terlebih dahulu dan kita akan membicarakannya lebih lanjut setelahnya. Ini semua yang ada di YouTube dan apa fungsinya.

Secara harfiah, semuanya masih masuk kedalam YouTube reguler. Hanya saja beragam fasilitas dan kemudahan membuat Google memisah-misahkan mereka kedalam jenisnya masing-masing.

Nah, biar sekadar kenal, maka Kopitekno.com bakal menjelaskan secara singkat masing-masing definisi dari beragam jenis YouTube tadi.

  1. YouTube Reguler: Layanan merupakan sebuah layanan streaming video yang kontennya diisi oleh pengguna situs. YouTube menjelaskan kalau dalam platformnya ada tambahan 8 jam konten baru setiap menit. Dan tentu saja saat ini YouTube merupakan platform yang paling populer.
  2. YouTube Premium: Kalau di YouTube reguler Anda masih melihat iklan, maka di YouTube Premium, Anda tak perlu melihatnya sama sekali. Namun tentu saja Anda mesti membayarnya. Harga berlangganan YouTube Premium di Indonesia dibanderol Rp59.000,00/bulan untuk pelanggan biasa, Rp89.000,00/bulan untuk paket keluarga, dan Rp34.990,00/bulan untuk paket pelajar.
  3. YouTube Music: YouTube Music ini menyaring video-video musik dari YouTube reguler. Ia mengumpulkannya kedalam aplikasi yang terpisah. Kalau dibilang menjadi kompetitor aplikasi streaming musik yang sudah ada, sepertinya cukup tepat.
  4. YouTube Music Premium: Sama halnya YouTube reguler, layar Anda masih harus menampilkan iklan untuk YouTube Music. Maka agar tak lagi menampilkan iklan, Anda mesti membayar. Harga langganannya Rp49.000,00/bulan untuk pelanggan biasa, Rp75.000,00/bulan untuk paket keluarga, dan Rp24.990,00/bulan untuk paket pelajar.
  5. YouTube Originals: Layanan ini merupakan video-video yang dibuat atau paling tidak dimiliki oleh YouTube secara resmi. Awalnya ini hanya bisa diakses oleh pelangan YouTube Premium, namun pada akhir 2019 semua pengguna YouTube bisa mengaksesnya. Silakan ke laman YouTube Originals buat mencobanya.

Apa yang Harus Anda Pilih?

Anda tidak harus memilih yang berbayar jika dengan menikmati yang gratis dari YouTube reguler maupun YouTube Music sudah cukup.

Lain halnya kalau Anda memang punya budget berlebih buat berlangganan salah satu jenis YouTube diatas. Sebab dengan berlangganan, Anda akan mengetahui betapa nikmatnya menyaksikan video dari kanal kesayangan Anda tanpa diinterupsi iklan.

Anda juga bakal mendapatkan banyak fitur tambahan ketika berlangganan ke layanan premium dari YouTube. Tentu dengan jenjang jenis langganan yang Anda pilih.

Kreator kesayangan Anda pun tetap bakal mendapatkan haknya meskipun tidak ada Adsense yang tampil di video mereka. Jadi tak perlu dikhawatirkan soal ini.

YouTube hanya mencoba peruntungan dari berkompetisi untuk segmen video streaming berlangganan saja. Sebab Netflix, Viu, Amazon Video, dan seterusnya sudah cukup mapan dengan pelanggannya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here