Belajar Lebih Dalam Mengenai Variabel Bebas

0
variabel bebas

Variabel bebas adalah variabel independen yang berdiri sendiri dan tidak mendapatkan pengaruh oleh apa saja. Peneliti mempunyai kendali penuh terhadap variabel bebas tentang mana yang akan pilih.

Selama percobaan, orang yang melakukan penelitian akan memilih variabel bebas yang menurutnya bisa berpengaruh terhadap variabel terikat.

Misalnya saja sebagai contoh, peneliti ingin tahu terkait bagaimana asupan kalori yang bisa mempengaruhi berat badan manusia. Asupan kalori ini merupakan mengenal variabel bebas, sementara berat badan manusia adalah variabel terikat atau variabel dependen.

Kita bisa memilih kalori yang akan diberikan kepada manusia dan kita juga bisa melihat mengenai variabel bebas itu terhadap pengaruhnya kepada bobot atau berat badan manusia.

Pengertian Variabel Bebas

Variabel bebas atau variabel independen adalah sebagaimana namanya yakni variabel yang bisa berdiri sendiri tidak membutuhkan dan tidak bisa diubah oleh variabel lainnya yang diukur atau diteliti oleh peneliti.

Misalnya saja usia orang adalah variabel bebas. Faktor lainnya misalnya seperti apa hobi mereka, apa yang akan mereka makan tentu saja tidak akan berpengaruh dan tidak bisa mengubah usia dari orang tersebut.

Variabel bebas dalam percobaan merupakan variabel yang divariasikan dengan eksperimen. Seseorang yang melakukan penelitian akan memilih variabel bebas berdasarkan hipotesis penelitian atau ide yang akan mereka uji. Peneliti akan percaya jika variabel bebas yang sudah dipilih mungkin akan berpengaruh terhadap proses yang dipelajari.

Pada kasus paling sederhana, variabel bebas hanya mempunyai dua nilai yakni satu untuk kondisi eksperimental dan yang satunya lagi adalah untuk kondisi kontrol.

Subjek yang ada pada kondisi eksperimental akan menerima perlakukan eksperimental. Subjek dalam kondisi kontrol tidak akan menerima perlakuan eksperimental. Dimana kondisi kontrol seperti ini berguna untuk membandingkan efek dari apa yang dilakukan terhadap eksperimental tersebut.

Variabel bebas juga merupakan serangkaian faktor yang bisa dimanipulasi oleh pelaku penelitian dan akan menghasilkan satu atau dua hasil lebih yang biasanya disebut dengan variabel terikat atau dependen.

Bisa dikatakan juga bahwa variabel bebas merupakan variabel yang variasinya tidak tergantung oleh variasi dari variabel lain dalam percobaan atau proyek penelitian. Variabel bebas ini dikendalikan dan diubah hanya oleh pelaku peneliti.

Pengertian Variabel Bebas Menurut Ahli

Ada juga beberapa definisi mengenai variabel bebas ini menurut para ahli. Berikut adalah beberapa pengertian variabel bebas menurut para ahli.

1. Thought.co

Variabel bebas ini bisa diartikan sebagai variabel yang hanya bisa diolah dan dikendalikan dalam proses percobaan ilmiah atau penelitian. Variabel bebas ini mewakili penyebab atau suatu alasan untuk hasil.

Variabel bebas yang diubah dalam proses eksperimen ini berguna untuk menguji variabel terikatnya. Perubahan yang ada pada variabel bebas ini bisa menyebabkan perubahan terhadap variabel dependen atau variabel yang terikat secara langsung.

2. Sugiyono

Variabel bebas adalah variabel yang bisa mempengaruhi atau variabel yang bisa menjadi penyebab timbulnya variabel dependen atau terikat.

3. Business Dictionary

Variabel bebas merupakan suatu fenomena atau faktor yang bisa mempengaruhi dan menyebabkan faktor atau fenomena terkait lainnya yang biasanya disebut dengan nama variabel dependen.

Contoh Dan Cara Membuat Variabel Bebas

Variabel dalam proses penelitian hanya merujuk kepada seseorang, benda, tempat atau fenomena yang diteliti atau coba diukur dengan cara tertentu. Cara terbaik untuk bisa memahami perbedaan dari variabel bebas dan juga variabel terikat adalah jika makna masing-masing tersirat menggunakan kata Anda terkait variabel yang digunakan.

Variabel ini harus diuraikan dalam daftar pengantar makalah dan juga harus dijelaskan secara detail pada bagian metode. Sebenarnya tidak ada aturan terkait gaya dan juga struktur menulis variabel bebas ini. Namun seperti halnya penulisan akademis, keringkasan dan juga kejelasan merupakan hal yang paling penting.

Identifikasi setiap variabel bagi pembaca dan juga tentukan masing-masing dalam pengantar. Informasi tersebut bisa disajikan dalam satu atau dua paragraf saat anda menjelaskan tentang bagaimana anda mempelajari masalah penelitian yang sedang anda hadapi tersebut.

Agar lebih mudah dalam memahami, berikut adalah beberapa contoh Variabel bebas.

  • Seorang peneliti ingin tahu terkait bagaimana asupan kalori bisa membawa dampak terhadap berat badan. Dalam hal ini variabel bebasnya adalah asupan kalori, sementara variabel dependennya adalah berat badan.
  • Seorang peneliti ingin mempelajari dampak dari obat terhadap kanker. Dalam hal ini variabel bebasnya adalah dampak obat, sementara variabel dependennya adalah kanker.
  • Seorang peneliti ingin mengukur terkait jumlah tidur apakah bisa mempengaruhi nilai tes. Dalam hal ini variabel bebasnya adalah jam tidur sementara variabel dependennya merupakan nilai tes.

Itulah pembahasan kali ini mengenai variabel bebas yang semoga bisa bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here