Bedanya PS5 dan PS5 Digital Edition, Manakah yang Sebaiknya Dibeli?

0
bedanya ps5 dan ps5 digital edition

Sejak awal dikenalkan, PlayStation 5 alias PS5 langsung viral. Hal yang membuat banyak mata menyorot adalah suksesor PS4 ini cukup berbeda dari sisi desain. Tak biasa juga, PS5 pun hadir dengan Digital Edition. Lantas apakah bedanya PS5 dan PS5 Digital Edition?

Sebelumnya PlayStation memang cukup populer di Indonesia dibandingkan konsol sejenisnya. Sebab sejak zaman PS1 sudah menjamur tempat penyewaan PlayStation di berbagai pelosok desa. Hal inilah yang membuat PlayStation menjadi jenama yang kondang di tanah air.

Kemunculan PS5 pertama kali, dengan ragam tebak-tebakan harga yang selangit, bahkan menjadi humor bapak-bapak. Sebab ya anak-anak yang dulu menikmati PS1 di rental, kini memang sudah berusia diatas kepala tiga. Mayoritas dari mereka sudah mapan secara finansial dan pengin bernostalgia dengan masa-masa kecilnya.

Bedanya PS5 dan PS5 Digital Edition

PS5 dan PS5 Digital Edition memiliki spesifikasi yang sama. Anda bakal mendapatkan SSD yang sama cepatnya, grafis yang sama bagusnya, dan lain-lain yang sama pula. Hanya saja memang ada tiga perbedaan pokok antara PS5 dan PS5 Digital Edition.

Pokok perbedaan itu terletak pada desain, disc drive, dan yang terakhir tentu saja harganya.

Desain

Perbedaan merupakan hal yang mutlak. Sebab pada PS5 standar masih memerlukan disc drive. PlayStation menempatkannya pada posisi bawah secara vertikal. Kalau tak ada ini tentu PS5 dan PS5 Digital Edition memiliki desain yang simetris.

Hal ini berakibat pada dimensi PS5 standar sedikit lebih besar dan juga lebih berat daripada PS5 Digital Edition.

Disc Drive

Keberadaan disc drive tersebut menjadi pembeda utama antara PS5 dan PS5 Digital Edition. Sebab kalau Digital Edition ya mestilah sudah memakai digital tanpa harus memasukkan kepingan cakram blu-ray dari game yang dimainkan.

Repotnya ketika Anda membeli game untuk bermain di PS5 Digital Edition, Anda mesti mengunduhnya terlebih dulu sebelum dimainkan. Ukuran game yang sangat besar tentu bakal melelahkan buat yang memiliki jaringan internet kembang-kempis.

Harga

Desain yang sedikit lebih besar dan kemudahan dalam memainkan game yang hanya tinggal memasukkan kepingan cakram saja, membuat PS5 standar lebih mahal dibandingkan PS5 Digital Edition.

PS5 standar dibanderol $499 atau setara dengan Rp7,5 jutaan. Sementara PS5 Digital Edition dibanderol $399 saja atau setara Rp5,8 jutaan. Secara resmi, harga rupiah ini memang belum dirilis di Indonesia. Namun ya kira-kira segitulah.

Spesifikasi dan Ketersediaan

PS5 dan PS5 Digital Edition akan didistribusikan ke pasar pada 12 November 2020 untuk pasar Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Selandia Baru dan Korea Selatan. Sementara untuk diluar negara tersebut, PlayStation akan menghadirkannya pada seminggu setelahnya atau tanggal 19 November 2020.

Untuk spesifikasinya sendiri, baik PS5 dan PS5 Digital Edition memang tak begitu berbeda. Simak saja tabel berikut ini.

CPUx86-64-AMD Ryzen™ “Zen 2”
8 Cores / 16 Threads
Variable frequency, up to 3.5 GHz
GPUAMD Radeon™ RDNA 2-based graphics engine
Ray Tracing Acceleration
Variable frequency, up to 2.23 GHz (10.3 TFLOPS)
System MemoryGDDR6 16GB
448GB/s Bandwidth
SSD825GB
5.5GB/s Read Bandwidth (Raw)
Optical DriveUltra HD Blu-ray (66G/100G) ~10xCAV
BD-ROM (25G/50G) ~8xCAV
BD-R/RE (25G/50G) ~8xCAV
DVD ~3.2xCLV
PS5 Game DiscUltra HD Blu-ray, up to 100GB/disc
Video OutHDMI™ OUT port
Support of 4K 120Hz TVs, 8K TVs, VRR (specified by HDMI ver.2.1)
Audio“Tempest” 3D AudioTech
DimensionsPS5: Approx. 390mm x 104mm x 260mm (width x height x depth)(excludes largest projection, excludes Base)
PS5 Digital Edition: Approx. 390mm x 92mm x 260mm (width x height x depth)
(excludes largest projection, excludes Base)
WeightPS5: 4.5kgPS5 Digital Edition: 3.9kg
PowerPS5: 350WPS5 Digital Edition: 340W
Input/OutputUSB Type-A port (Hi-Speed USB)USB Type-A port (Super-Speed USB 10Gbps) x2
USB Type-C® port (Super-Speed USB 10Gbps) 
NetworkingEthernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T)
IEEE 802.11 a/b/g/n/ac/axBluetooth® 5.1

Manakah yang Mesti Dibeli?

Perbedaan harga diantara keduanya terpaut cukup besar. Namun buat Anda yang memang tidak terlalu mempermasalahkan soal harga, tentu PS5 pilihan yang tepat.

Dengan membeli PS5 tentu saja Anda mendapatkan desain yang sedikit lebih besar dan berat. Ditambah lagi, Anda mesti berburu kepingan cakram atau CD Blu-Ray game yang biasanya hanya tersedia di kota-kota besar tertentu saja.

Kalau buat Anda yang memiliki internet stabil dan bandwith-nya besar, lebih baik membeli PS5 Digital Edition saja. Sebab selain mendapatkan harga yang lebih murah, Anda juga mendapat perangkat yang sedikit lebih ringkas dan modern.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here