Saturday, December 4, 2021

Beli Earphone, Headphone, Headset, Handsfree, atau TWS? Ketahui Bedanya Dulu

Kopitekno Untuk mendengarkan musik maupun menonton film, paling enak menggunakan speaker aktif. Suaranya jelas dan imersif. Namun kalau ada banyak orang yang tak ingin diganggu dengan kebisingan yang kita buat, tentu pilihan paling masuk akal memakai earphone, headphone, headset, handsfree, atau TWS?

Dari berbagai speaker yang ditempel langsung ke telinga itu, manakah yang kamu punya? Earphone, headphone, headset, handsfree, atau TWS? Apakah kamu mengetahui bedanya dari berbagai jenis speaker kecil yang ketika dipakai hanya kamu yang mendengar suaranya tersebut?

Jika kamu belum punya salah satunya, silakan ketahui dulu bedanya di artikel ini. Meskipun fungsinya sama, namun ada beberapa fungsi tambahan yang membuat harganya bisa lebih tinggi. Jadi daripada mengeluarkan budget yang lebih mahal, lebih baik lengkapi dulu informasinya, ya.

Earphone

earphone

Earphone merupakan bentuk yang paling sederhana dari berbagai macam speaker di telinga ini. Bentuknya kecil seukuran lubang telinga dengan pangkal yang mampu menutup lubang tersebut. Tidak ada fungsi tambahan dari earphone selain hanya speaker yang mengeluarkan suara.

Memilih earphone cukup sensitif. Sebab setiap orang memiliki lubang telinga dan area daun telinga yang berbeda. Jika salah membeli, misalnya terlalu besar, bisa mengakibatkan area tersebut iritasi. Kalau terlalu kecil, earphone ini bakal sering jatuh dari posisi pemasangannya.

Dari sisi harga, earphone ini dibanderol paling murah. Jika beruntung, earphone dengan kualitas bagus bisa didapatkan dengan harga kurang dari Rp20.000 saja. Namun banyak juga earphone yang memiliki harga ratusan ribu hingga jutaan.

Handsfree

earphone

Handsfree merupakan istilah earphone yang memiliki mic yang dipergunakan untuk berkomunikasi. Dengan menggunakan handsfree, kamu bisa menaruh hp Android di kantong baju sembari menelepon dan melakukan pekerjaan lain. Itulah kenapa disebut dengan handsfree, hands yang berarti kedua tangan dan free berarti bebas.

Handsfree juga punya beberapa jenis, dan salah satunya cukup populer disebut TWS.

TWS alias True Wireless

earphone

TWS alias True Wireless adalah earphone namun tanpa kabel. TWS disebut juga earbuds. Ia memanfaatkan teknologi wireless Bluetooth untuk melakukan transmisi data dari perangkat ke speaker. Untuk pengisian daya, TWS memanfaatkan wadahnya untuk disambungkan ke charger.

Harga TWS dibanderol rata-rata di angka ratusan ribu. Sebab teknologi Bluetooth yang dipakai biasanya sudah bagus. Selain itu pabrikan juga biasanya memberikan kualitas suara yang menawan dalam speaker TWS ini.

Headphone

earphone

Headhone merupakan speaker kecil berdiameter kira-kira 7-10 cm yang diletakkan di telinga. Bentuknya mampu menutupi daun telinga sehingga isolasi suaranya terbilang cukup baik. Namun headphone tidak memiliki fungsi tambahan selain speaker saja.

Saat ini headphone memiliki dua jenis, yakni wired atau dengan kabel, serta wireless atau tanpa kabel. Untuk kamu yang menggunakan headphone sebagai teman bermain game, banyak yang menyarankan untuk membeli wired headphone. Pasalnya latency-nya lebih rendah.

Latency merupakan kelambatan transfer data dari perangkat ke speaker. Meski hitungannya sepersekian milidetik, namun tetap saja jeda ini bisa mengganggu. Namun tenang saja, saat ini headphone wireless juga sudah banyak yang memiliki latency rendah. Ya, tentu saja harga headphone seperti ini lumayan mahal.

Headset

earphone

Oh, iya para gamer biasanya memakai headset, bukan hanya headphone. Sebab headset memiliki mic yang bisa dipergunakan untuk berkomunikasi dengan tim dalam permainan. Jadi disitulah bedanya headset dengan headphone.

Secara bentuk antara headset dengan headphone tidaklah berbeda. Keduanya sama-sama memiliki speaker di kanan dan kiri yang dihubungkan dengan kaitan semacam bando rambut. Namun headset memiliki mic yang terintegrasi.

Headset juga memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Karena ada fungsi tambahan berupa mic tersebut.

Tips Membeli

Setelah mengetahui mana earphone, handsfree, TWS, headphone, hingga headset, lantas manakah yang akan dibeli? Nah, sebelum memutuskan untuk membeli, alangkah lebih baik mempertimbangkan beberapa hal berikut.

  1. Kenali kebutuhan kamu. Jika dipakai harian di rumah, alangkah lebih baik membeli headphone maupun headset. Lain soal jika kamu sering bepergian.
  2. Ketahui ukuran telinga, sehingga kamu mengetahui mana speaker diatas yang cocok untuk telinga kamu.
  3. Pilih merek yang sudah dikenal dan populer. Sebab biasanya merek yang terdengar asing suaranya cukup mengecewakan.
  4. Kumpulkan budget sebanyak mungkin. Sebab harga headphone yang mahal memiliki kualitas yang lebih baik daripada kualitas earphone dengan harga yang murah.

Jadi, sudah memutuskan mau beli yang mana? Silakan beli di link dibawah ini untuk mendapatkan tawaran menarik.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini