Cara Bayar Pajak di SAMOLNAS Terbaru 2020, Wajib Pajak Harus Tahu

0
STNK

Beberapa waktu lalu, Kepolisian Republik Indonesia merilis aplikasi untuk memudahkan wajib pajak kendaraan bermotor membayar kewajiban mereka. Aplikasi ini disebut Samolnas.

Samolnas ini merupakan hasil kerjasama antara Korlantas Polri, Kemendagri, dan Jasa Raharja. Aplikasinya di Play Store saat ini sudah diunduh lebih dari sejuta kali.

samolnas

Pengertian Samolnas

Samsat Online Nasional atau disingkat Samolnas adalah layanan online buat bayar pajak kendaraan bermotor. Aplikasi ini diperuntukkan untuk pengesahan tahunan STNK motor dan mobil Anda.

Tahun kemarin ada beberapa provinsi yang sudah menerapkan Samsat Online. Dua diantaranya adalah Sambara di Jawa Barat dan Sakpole di Jawa Tengah.

Meski tidak bisa dipergunakan buat perpanjang STNK lima tahunan, nyatanya aplikasi online ini sangat membantu. Terbukti aplikasi ini akhirnya dibuat secara nasional dengan kehadiran Samolnas.

Kehadirannya secara nasional disebabkan Samsat online sangat terasa manfaatnya. Meski ‘hanya’ memotong antrian untuk pembayaran, namun kecepatan waktu tunggu sangat terbantu lebih cepat.

Melalui Samolnas, Anda tidak perlu melakukan foto copy KTP pemilik kendaraan, STNK, dan lain-lain. Anda pun tak perlu menunggu antrian pengecekan kepemilikan dan antrian pembayaran ketika membayar lewat sistem Samolnas.

Cara Membayar Pajak Lewat Samolnas

Buat Anda yang kebetulan mesti bayar pajak STNK tahunan, silakan manfaatkan kemudahan yang diberikan negara ini.

Untuk caranya, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Instal Aplikasi Samolnas

Silakan pasang terlebih dahulu aplikasi Samolnas di ponsel Android Anda. Mohon maaf buat pengguna iOS, saat ini aplikasinya masih dalam tahap pengembangan.

Silakan ke Play Store masing-masing dan temukan Samolnas di pencarian. Kalau mau lebih cepat, silakan ke tautan berikut ini.

Berikan izin untuk berbagai permintaan permisi aplikasi. Lalu klik tombol mulai yang berwarna merah dibawahnya.

2. Mendaftar di Samolnas

Pada laman utama, silakan pilih mendaftar terlebih dahulu. Pada menu pendaftaran tersebut, Anda diminta untuk mengisi berbagai data terkait kendaraan bermotor Anda.

Sebelumnya, Anda mesti membaca ketentuan yang berlaku dan menyatakan kesetujuan untuk menggunakan layanan Samolnas.

Pada menu pendaftaran Anda diminta untuk mengisi nomor polisi kendaraan, NIK atau nomor KTP, lima digit nomor rangka terakhir, nomor telepon, dan alamat e-mail.

Klik selanjutnya apabila sudah selesai. Adakalanya pada bagian ini Anda ditolak melanjutkan. Silakan periksa lagi angka-angka yang tercantum. Bisa jadi angkanya berbeda dengan yang ada di data base.

Untuk memastikannya silakan cek ulang data yang ada di BPKB.

3. Mendapat Kode Bayar

Jika pada saat pendaftaran motor Anda belum terbayar pajaknya, maka sistem akan menunjukkan besaran yang mesti dibayar. Anda bisa meneruskannya untuk mendapatkan kode bayar.

Kode bayar ini merupakan angka unik yang nantinya dimasukkan atau diberikan ke kasir pembayaran. Anda tinggal pilih metode pembayaran yang mana. Bisa ke bank melalui ATM, Alfamart, Indomaret, atau lewat marketplace di Bukalapak.

Ingat, kode bayar ini hanya berlaku selama dua jam. Sehingga Anda harus segera membayarnya.

4. Membayar Pajak Lewat Transfer

Beberapa cara bayar itu pada intinya sama, yakni Anda melakukan transfer ke negara. Hanya saja mekanismenya berbeda, Anda bisa melakukannya langsung dengan mengirimnya lewat ATM.

Bisa juga mengirim pembayaran tersebut dengan cara menitipkannya lewat Alfamart, Indomaret, maupun Bukalapak. Intinya ya Anda harus memiliki uang untuk membayar pajak tersebut. Biasanya dikenai administrasi sebesar Rp5.000.

Perhatikan kode bayar yang diberikan oleh aplikasi. Agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan.

5. Cek Info Proses dan Bukti Bayar

Sebelumnya, pada info proses Anda akan mendapati kalau pajak tersebut belum terbayarkan. Namun setelah kode bayar itu dilunasi, maka pada status akan tertulis sudah lunas.

Pelunasan itu belum selesai. Anda harus mengecek apakah bukti bayar itu sudah masuk atau belum. Bukti bayar ini berupa e-TBPKB dalam bentuk pdf.

6. Pengesahan STNK

Enaknya lewat Samolnas, dokumen seperti TBPKB/SKPD/SKKP dan stiker pengesahan akan dikirimkan ke rumah Anda setelah pembayaran selesai. Dokumen itu akan dikirim lewat jasa ekspedisi.

Kalau tidak melalui Samolnas, Anda mesti mengejar-ngejar Samsat Keliling atau Samsat Gendong untuk mengesahkan STNK. Bisa juga ke Samsat terdekat dan ikut mengantre lagi.

Lewat Samolnas, Anda hanya instal – entri – bayar- dan tunggu tanda bukti pembayaran pajak itu sampai ke rumah Anda sendiri. Mudah, ‘kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here