Tips  

Bagaimana Cara Menghapus Kontak di WhatsApp dengan Cepat?

Bagaimana Cara Menghapus Kontak di WhatsApp
Bagaimana Cara Menghapus Kontak di WhatsApp

Aktivitas saling menyimpan kontak sangat wajar bagi para pengguna whatsApp. Tapi kamu juga bisa menghapus kontak siapapun kapan saja. Mungkin karena alasan privasi, atau alasan lainnya yang tak perlu dijelaskan kepada siapapun. Tapi apakah kamu sudah tahu, bagaimana cara menghapus kontak di WhatsApp dengan cepat dan mudah? Apakah ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga privasi, selain dengan menghapus kontak?

Di era serba teknologi saat ini, hampir semua orang tahu dan menjadi pengguna aktif. Ini merupakan aplikasi perpesanan terpopuler. Penggunanya bisa saling bertukar pesan teks, gambar, video, bahkan suara, dengan cepat, murah dan mudah. Kamu juga bisa melihat pembaharuan aktivitas teman dalam status, ketika sudah saling menyimpan nomor kontak.

Pada artikel kali ini, mari kita membahasnya secara lengkap, demi penggunaan WhatsApp yang aman dan nyaman.

Mengapa Kamu Ingin Menghapus Kontak WhatsApp Seseorang?

Keputusan untuk menyimpan atau menghapus kontak seseorang merupakan hak personal penggunanya. Kita tidak perlu selalu menjelaskan hal ini kepada siapapun, termasuk kepada orang yang kontaknya kita hapus. Tapi kebanyakan tindakan ini dilakukan atas alasan privasi. Mungkin saja kamu tidak ingin orang tertentu melihat status WhatsApp kamu. Atau justru sebaliknya, kamu terganggu dengan status-status orang tertentu.

Sebab ketika kamu menghapus kontak seseorang, kamu sudah tidak akan lagi melihat statusnya. Status WhatsApp akan saling terlihat oleh pengguna ketika mereka saling menyimpan nomor. Tentu saja ada alasan-alasan lainnya, selain privasi. Apapun itu, mari mengetahui bagaimana cara menghapus kontak di WhatsApp dengan membaca artikel ini lebih lanjut.

Bagaimana Cara Menghapus Kontak di WhatsApp dengan Dua Cara?

Pada dasarnya, kamu tidak perlu melewati prosedur yang muluk-muluk ketika ingin menghapus kontak seseorang. WhatsApp menerapkan sistem yang cukup praktis sehingga memudahkan penggunanya mengelola akun dengan aman dan nyaman. Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan ketika ingin menghapus kontak di akun. Berikut ini uraiannya untukmu:

Bagaimana Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Melalui Menu “Kontak”?

Mula-mula, buka menu “kontak” atau buku telepon yang selalu ada di semua smartphone, baik Android maupun iOS. Selanjutnya, mari ikuti langkah berikut.

  • Pilih kontak yang ingin kamu hapus. Kamu bisa mencarinya secara manual dengan cara scroll daftar kontak. Atau bisa juga dengan melakukan pencarian cepat dengan menggunakan fitur pencarian yang terdapat di bagian atas layar.
  • Setelah menemukan kontak yang dimaksud, klik untuk melihat informasi detail kontak.
  • Ketuk ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas layar. Nantinya akan keluar beberapa pilihan.
  • Ketuk “hapus” dan kontak akan segera terhapus. Kontak itu tidak akan ada lagi di buku telepon, dan secara otomatis juga terhapus di WhatsApp.

Bagaimana Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Melalui Aplikasi?

Caranya hampir sama dengan menghapus kontak melalui menu buku telepon. Kamu bisa memulainya dengan membuka aplikasi WhatsApp, lalu cari kontak yang ingin dihapus. Setelah memilih menu “Lihat Kontak”, ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih opsi “Hapus”. Tindakan tersebut akan membuat kontak terhapus di WhataApp maupun di teleponmu.

Cara Menjaga Privasi WhatsApp Tanpa Menghapus Kontak

Tahukah kamu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga privasi, selain dengan menghapus kontak seseorang. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Ketika kamu pikir kontak seseorang begitu tidak penting atau mengganggu, bisa jadi justru ia akan sangat kamu butuhkan di masa depan. Jadi, ketimbang menghapus kontak, mengapa tidak berpikir untuk memilih opsi lain?

Ini terutama ketika kamu merasa privasinya terganggu ketika harus menyimpan kontak tertentu. Jadi, mari simak beberapa cara alternatif untuk menggunakan WhatsApp dengan nyaman, tanpa harus menghapus kontak seseorang:

Nonaktifkan Pemberitahuan “Last Seen”

WhatsApp secara default akan menampilkan kapan terakhir kali kamu membuka WhatsApp. Kamu juga tentu saja bisa melihat kapan “last Seen” atau waktu terakhir teman-teman membuka aplikasi ini. Jika kamu tidak ingin aktivitas ini diketahui oleh orang-orang, atau mungkin kamu tidak ingin membalas chat seseorang, kamu bisa menonaktifkannya kapan saja. Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi ini, lalu ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Pengaturan”, lalu pilih “Akun” dan “Privasi”. Nantinya akan keluar pilihan “Last Seen” dengan tiga pilihan, yakni “Semua Orang”, “Ke kontak saya” atau “Nobody” atau tidak seorang pun bisa melihat kapan terakhir kamu membuka WhatsApp. Silakan memilih opsi yang sesuai dengan preferensi kamu.

Nonaktifkan Pemberitahuan “Sudah Dibaca”

Ketika seseorang mengirim pesan ke chat kamu, ia akan menerima pemberitahuan centang yang berbeda-beda. Centang satu menandakan pesan belum terkirim karena mungkin akun penerima belum mengaktifkan sambungan data internet. Centang dua dan berwarna abu-abu menandakan pesan sudah terkirim, tapi belum dibaca oleh penerima. Ketika centang berubah warna menjadi hijau, artinya pesan sudah dibaca.

Pada situasi tertentu, kamu mungkin tidak ingin terburu-buru membalas pesan, atau justru tidak ingin membalasanya. Kamu bisa menonaktifkan tanda centang hijau dengan masuk ke pengaturan. Selanjutnya, pilih akun, lalu pilih menu privasi. Silakan menonaktifkan tanda centang sudah dibaca agar pengirim pesan tidak tahu apakah kamu sudah membacanya atau belum.

Bagikan Status hanya untuk Kontak Tertentu Saja

Ketimbang mencari tahu bagaimana cara menghapus kontak di aplikasi ini dan menerapkannya, mengapa tidak menyeleksi siapa saja yang bisa melihat statusmu? Jika kamu tidak mau kontak tertentu melihat statusmu, atau sebaliknya, kamu bisa melakukan pengaturan tertentu. Pilih pengaturan di “Pembaruan Satus” agar hanya kontak terpilih saja yang bisa melihat status kamu.

Untuk pengaturan yang satu ini, kamu bisa memulai dengan memilih “Pengaturan”, lalu ketuk lagi pilihan “Akun” dan selanjutnya “Privasi”. Pilih status untuk melihat beberapa pilihan selanjutnya. Di antaranya “kontak saya” yang menunjukkan status bisa diakses oleh semua kontak yang tersimpan. Pilihan lainnya, yakni “Hanya Bagikan” ketika kamu ingin membatasi, siapa saja yang bisa melihat status kamu.

Pada intinya, sejumlah pengaturan privasi di WhatsApp bisa mendukung kenyamanan pengguna, tanpa harus menghapus kontak tertentu. Kamu bahkan bisa memanfaatkan fitur privasi lainnya, misalnya menyembunyikan foto profil agar tidak semua orang bisa melihatnya. Ada juga pengaturan agar kamu bisa menandai pesan tertentu, seolah-olah kamu belum membacanya, padahal sudah dibaca.

Interaksi di media sosial memang kompleks. Kamu punya banyak cara dan alasan untuk menjadi diri sendiri. Di sisi lain, kamu juga bisa berperilaku manipulatif dan penuh kepura-puraan. Tapi yang terbaik adalah dengan menggunakan perangkat di media sosial untuk mendukung agenda silaturahim yang mudah dan murah. Kamu bahkan bisa mengandalkannya untuk berbagai bisnis yang potensial.

Setelah mengetahui bagaimana cara menghapus kontak di WhatsApp, kamu mungkin ingin mencoba opsi lainnya. Pada akhirnya, semua berujung pada keputusanmu untuk menggunakan media sosial sesuka hati. Tidak ada seorang pun yang boleh mengaturnya, selama kamu tidak merugikan, ataupun membahayakan orang lain.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share