Ponsel gaming tampaknya memiliki pangsa pasar yang bagi sebagian pabrikan merupakan garapan yang sulit. Namun tidak bagi ASUS. Konsistensinya terhadap ROG Phone telah membawa ponsel gaming mereka ke suksesi yang ketiga, yakni ASUS ROG Phone 3.

ASUS tampaknya sudah selesai mendefinisikan apa itu ‘ponsel gaming’. Sehingga mereka percaya diri bahwa ROG Phone adalah ponsel gaming itu. Dengan nyala RGB yang menawan, tampilan agresif, layar besar, dan baterai jumbo membuat ponsel gaming ASUS terbaru ini layak dipinang.

Penampakan Asus ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3 sangat mirip dengan pendahulunya. Dari mulai bentuk, ukuran, dan dimensi keseluruhannya hampir sama dengan ROG Phone 2.

ASUS mengklaim ini adalah pilihan yang disengaja. Mereka ingin pengguna merasa akrab dengan desain dan tampilan ini. Tapi inti utamanya adalah Anda masih bisa memberdayakan aksesori ROG Phone 2 yang lama Anda.

Meski begitu tentu saja ada beberapa perbedaan. Modul kamera di bagian belakang sekarang memanjang, karena tidak hanya menampung dua kamera tetapi ada tiga kamera. Kaca belakangnya mengkilap dan transparan, memberi Anda pandangan yang cukup baik. Ponsel ini lebih terlihat tenang dan kalem.

Ponsel ini memiliki berat 240 gram dengan balutan komponen luar yang cukup padat. Ada layar 6,59 inci di bagian depan dengan bezel atas dan bawah yang menahan speaker stereo. Layar ini tak punya lekukan. Sehingga rasionya hanya datar saja dengan angka 19,5: 9.

Layar ASUS ROG Phone 3 memakai panel AMOLED, disertifikasi untuk HDR10+. Kecepatan refresh-nya mencapai 144 Hz. Satu hal yang menarik pula adalah adanya sense-touch 270 Hz dengan klaim penundaan respon sentuh 25 ms dimana ini merupakan rekor yang paling cepat.

Di sebelah kiri ponsel, ada konektor yang bisa dipasangkan untuk semua aksesori ponsel gaming ini seperti docking, konektor ethernet, dan kipas AeroCooler. Yang semuanya disertakan dalam kemasan.

Ada hal unik di ujung kiri dan kanan ketika ponsel ini dipakai bermain game, yakni semacam tombol bantalan. Tombol ini akan mengeluarkan simulasi sentuhan ketika dipergunakan.

Sayangnya ROG Phone 3 tidak memiliki jack headphone 3,5 mm. Untuk memasangnya, Anda harus menggunakan dongle yang disediakan, atau menggunakan jack headphone 3,5 mm pada AeroCooler 3.

Spesifikasi Asus ROG Phone 3 5G

Asus ROG Phone 3 hadir dalam dua versi. Ada ROG Phone 3 Strix Edition yang lebih terjangkau dengan octa-core, Qualcomm Snapdragon 865 2,84 GHz, dan kemudian ada ROG Phone 3 yang memakai chipset terbaru Qualcomm, yakni Snapdragon 865+ dengan clockspeed 3,1 GHz. Versi plus ini diklaim memiliki peningkatan kemampuan sebesar 10% dari chipset reguler. Kedua versi ini menggunakan RAM LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1.

Untuk variannya sendiri, yakni ROG Phone 3 dengan RAM 12 GB dan memori 128 GB, kemudian ada RAM 16 GB dan penyimpanan 512 GB. Sementara versi Strix Edition yang lebih terjangkau hadir dengan RAM 8 GB dan memori 128 GB atau memori 256 GB. Sementara itu ada model khusus yakni RAM 12 GB dan memori 256 GB yang hanya ditujukan untuk pasar Cina.

Memori bawaan dari kedua varian ponsel gaming sudah cukup tinggi. Sehingga ASUS tidak perlu memberikan kartu SD.Ditambah lagi ponsel ini mendukung sistem file NTFS, sehingga Anda dapat menghubungkan langsung hardisk eksternal langsung melalui USB Type-C.

Untuk sound system sendiri, Asus mengatakan telah menghadirkan bass yang lebih mengguncang dengan audio spasial yang disempurnakan untuk membuatnya terdengar lebih besar dan lebih keras dari sebelumnya. Port USB Type-C memiliki Hi-res DAC dengan pengambilan sampel 24 kHz / 24-bit.

Perangkat ini ditenagai oleh baterai 6.000 mAh yang sangat besar, dengan dukungan 30W Quick Charge 4. Namun, tidak ada pengisian daya nirkabel. Untuk hal ini ASUS cukup rasional. Sebab dengan pengisian nirkabel bakal memperpendek usia baterai, ditambah lagi tidak ada ruang untuk sensor tambahan.

Kamera Asus ROG Phone 3

asus rog phone 3

ASUS ROG Phone 3 memang ponse gaming, namun tetap diberikan kamera yang terbaik. Kamera utama di bagian belakang dibekali sensor SONY IMP686 dengan resolusi 64 MP yang merupakan sensor dengan kemampuan piksel binning yang menggabungkan hasil jepretan gambar beresolusi 16 MP. Bukaannya cukup besar, yakni f1.8.

Kamera kedua memiliki resolusi 13 MP untuk pengambilan gambar lanskap. Kemudian ada kamera makro 5 MP untuk memotret objek yang cukup dekat. Di bagian depan, ada kamera selfie dengan resolusi 24 MP.

Kamera utama ASUS ROG Phone 3 tadi dapat mengambil video 8K dengan 30 FPS. Ini sudah mampu mengalahkan Galaxy S20 Ultra, yang juga merekam 8K tetapi hanya dibatasi 24 FPS.

Ada mode foto manual serta mode pro video, yang akan memungkinkan Anda untuk memilih pencahayaan, fokus, dan white balance. Mode video normal juga mendukung video HDR dengan stabilisasi HyperSteady untuk rekaman ekstra halus.

Harga dan tanggal rilis ASUS ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3 diluncurkan di Eropa dan Asia dengan harga sebagai berikut:

ROG Phone 3 Strix Edition: SD 865, 8 GB / 256 GB – € 799 ($ ​​923)
ROG Phone 3: SD 865+, 12 GB / 512 GB SSD – € 999 ($ ​​1,153)
ROG Phone 3: SD 865+, 16 GB / 512 GB – € 1099 ($ ​​1.269)

Belum ada informasi kapan ASUS merilis ponsel gaming ini di Indonesia. Yang perlu diketahui adalah, jaringan yang dipergunakan oleh ROG Phone 3 ini adalah 5G. Jadi kemungkinan akan ada yang dipangkas apabila dibawa ke tanah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here