Home Asus Asus Luncurkan Zenbook Duo (UX481) dan Zenbook Duo Pro (UX581)

Asus Luncurkan Zenbook Duo (UX481) dan Zenbook Duo Pro (UX581)

0

Asus gemar menjadikan ajang Computex sebagai sarana unjuk gigi inovasi terbaru mereka. Selain sebagai rumah asal, negara dimana ajang itu berlangsung memang menjadi pameran bagi inovasi di bidang hardware, yang mana merupakan bisnis inti Asus. Tahun ini pun begitu, pada Computex 2019, Asus mengenalkan laptop terbaru mereka yang cukup banyak membuat orang berdecak kagum.

Asus mengenalkan Asus Zenbook Pro Duo (UX581) dan Zenbook Duo (UX481). Keduanya merupakan laptop dengan desain yang anti-mainstream dari laptop yang biasa ditemui di pasaran. Kedua laptop ini melanjutkan desain yang pernah dipakai Asus Zenbook Pro namun dengan desain yang lebih radikal. Sebab bukan hanya touchpad yang bisa berfungsi menjadi layar, namun bagian yang biasanya kosong di atas keyboard atau dibawah layar dimanfaatkan sebagai layar kedua.

Asus Zenbook Pro Duo merupakan laptop sangat canggih. Laptop ini sepertinya menyasar para konten kreator yang membutuhkan layar tambahan guna membuat karya-karya mereka. Kedua layarnya bahkan memakai resolusi 4K.

Berikut spesifikasi lengkap Zenbook Pro Duo:

Prosesor: Intel Core i9 Generasi ke-9

Grafis: NVIDIA RTX 2060

RAM: 32GB DDR4 Dual Channel

Penyimpanan: SSD 1TB PCIe 3.0 x4

Layar utama: 15 inci OLED 4K (3840×2160, 16:9), touch screen, 100% DCI-P3, HDR, dengan bezel Nano Edge

Layar kedua: 14 inci ScreenPad Plus 4K (3840×1100, 32:9) IPS, touch screen

Konektivitas: Wifi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0

Berat: 2,5 Kg

Hal yang paling banyak disorot tentu layar kedua yang memiliki bentang 14 inci itu. Sebab kalau layar utama mungkin sudah biasa diterapkan dalam laptop konvensional, namun dalam Zenbook Pro Duo layar kedua tersebut bisa mengubah pola kerja banyak orang. Layar yang disebut ScreenPad Plus ini bukan hanya pelengkap, namun ia bisa beroperasi layaknya layar utama.

Apabila seseorang terbiasa melihat tutorial desain grafis di Youtube, maka biasanya membutuhkan laptop yang lain untuk mempraktekkannya. Atau melihat YouTube di smartphone dan prakteknya di laptop. Namun dengan Zenbook Pro Duo ini, praktek tersebut bisa langsung dilakukan di layar kedua tersebut. Bisa juga ketika mengedit video, layar kedua tadi dipergunakan untuk membuka folder untuk memilih-milih video mana yang akan dimasukkan.

Sementara Asus Zenbook Duo hadir dengan opsi yang lebih ringkas dan penurunan spesifikasi, baik jenis dan lebar layar maupun prosesor yang dipakai. Berikut ini spesifikasinya:

Prosesor: Intel Core i7

Grafis: NVIDIA GeForce MX250

RAM: 16GB DDR3 Dual Channel

Penyimpanan: SSD 1TB PCIe 3.0 x4

Layar utama: 14 inci IPS FHD (1920×1080), touch screen, 100%, dengan bezel Nano Edge

Layar kedua: 12,6 inci ScreenPad Plus (FHD) IPS, touch screen

Konektivitas: Wifi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0

Berat: 1,8 Kg

Asus belum mengumumkan berapa harga untuk keduanya, yang jelas kedua laptop ini akan dipasarkan pada pertengahan semseter kedua tahun 2019 ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here