Asik, Aplikasi Kinerja Polda Kalbar Bantu Permudah Laporan ke Polisi!

Tidak hanya di kalangan swasta, kini pemakaian aplikasi sudah banyak dikembangkan di instansi pemerintahan. Sebagai sarana pelayanan publik agar masyarakat dapat terlayani dengan cepat tepat dan akurat serta mampu menjangkau semua lapisan masyarakat. Salah satu inovasi pemerintah, khususnya di bidang kepolisian untuk membantu masyarakat. Tujuannya adalah agar masyarakat tanpa malu dan tak ragu menyampaikan informasi dan aspirasinya kepada pemerintah adalah lewat aplikasi kinerja polda Kalbar.

Aspirasi yang disampaikan kepada pemerintah dapat langsung mereka sampaikan tanpa perlu malu bertatap muka. Karena mereka dapat langsung menuliskannya di chat, di kolom komentar, dan lain-lain. Atau bahkan bisa disampaikan secara langsung di fitur aplikasi yang disediakan pemerintah sebelumnya.

Baca Juga: 8 Macam-macam Aplikasi Internet dan Fungsinya, Kamu Harus Tahu!

Aplikasi kinerja Polda Kalbar secara online, selain untuk menilai kinerja pegawai di Kalimantan Barat juga untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dengan aplikasi ini pula, pimpinan dapat menilai secara langsung kinerja bawahan apakah pekerjaan yang dilakukan sudah sesuai dengan target atau belum.

Dengan aplikasi ini pimpinan dapat menilai serta memutuskan kebijakan yang akan diambil terkait hasil evaluasi berdasarkan aplikasi tersebut. Dengan adanya aplikasi tersebut para pegawai pun tak bisa lagi berbohong atau semacamnya karena bukti pekerjaan dan rekapitulasi lainnya sudah tercatat.

Aplikasi Kinerja Polda Kalbar

Kejahatan media online yang tadi disebutkan, tentunya menjadi pemikiran pemerintah agar kejahatan di dunia maya bisa berkurang atau bahkan hilang. Salah satunya yang menjadi perhatian pemerintah dalam hal ini Polda Kalbar dalam memberantas kejahatan dunia maya adalah dengan mengembangkan inovasi berbasis teknologi.

Baca Juga: Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Desa Berbasis Web

Dengan mengembangkan beragam aplikasi polisi online yang dapat membantu khususnya kepolisian dalam memutus mata rantai kejahatan. Dalam hal ini masyarakat pun tak malu dan tak ragu memberikan informasi sesuai dengan yang ada dalam aplikasi tersebut.

Ada beberapa aplikasi kinerja Polda Kalbar yang dibuat dan tentunya akan bisa membantu, di antaranya:

E-Manajemen Penyidikan

Penyidikan adalah tindakan atau serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan proses mengungkap fakta dengan melakukan serangkaian pengumpulan bukti untuk mencari tahu penyebab terjadinya tindak pidana agar tersangka dapat segera ditemukan.

Untuk membantu kaitannya dengan penyidikan, serta mengimbangi perkembangan zaman yang serba digital maka disediakan aplikasi khusus bernama E-Manajemen penyidikan.

Aplikasi kinerja Polda Kalbar yang satu ini membantu petugas dalam memberi pelayanan kepada masyarakat yang cepat. Tujuan dari e manajemen penyidikan adalah mengawasi setiap pekerjaan yang dilakukan oleh penyidik Polda Kalbar.

Dengan adanya aplikasi layanan ini, masyarakat akan merasa lega dan tidak merasa terbebani ketika ada masalah yang ingin disampaikan. Baik masyarakat yang ingin melapor, terlapor ataupun yang ingin memberi kesaksian.

Survei Kepuasan

Kepuasan merupakan perasaan senang yang datang dari konsumen atas pemanfaatan produk atau jasa. Dalam hal survei kepuasan aplikasi yang dibuat Polda Kalbar, merupakan survei kepuasan pelanggan terhadap aplikasi dengan harapan Polda Kalbar dapat mengetahui apakah masyarakat puas atau tidak terhadap layanan yang diberikan.

Baca Juga: Aplikasi Sistem Informasi Personel Polri Mendukung Kinerja Kepolisian

Keberadaan survei kepuasan pada masyarakat sangat penting untuk mengukur kinerja Polda Kalbar sekaligus sebagai evaluasi terhadap pengambilan keputusan pimpinan selanjutnya. Tentunya ini akan sangat membantu, bukan?

Arwana Polda Kalbar

Arwana Polda Kalbar sengaja dibuat oleh Ditreskrimsus Polda Kalbar agar media informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada anggota maupun masyarakat luas. Banyaknya masyarakat yang menggunakan media media sosial dijadikan peluang oleh Polda Kalbar agar laporan pelanggaran dan lainnya, dapat tersampaikan dengan mudah dan cepat.

Terdapat beberapa fitur yang ada dalam aplikasi ini, di antaranya berita update tentang Polda Kalbar, perkiraan cuaca, harga pangan, dan lain-lain

Patroli Siber

Maraknya penggunaan internet semakin meningkatkan kejahatan di dunia maya. Laporan yang diberikan kaitannya dengan kejahatan dunia maya selain menyelamatkan diri sendiri juga dapat menyelamatkan orang lain.

Ketika laporan dibuat, adakalanya kejahatan tersebut berantai. Maka ketika ada laporan yang satu akan mengungkap kejahatan lainnya. Jika kamu mengalami hal ini, tak perlu ragu untuk melaporkannya ke portal Patroli Siber. Salah satu yang dilakukan pihak kepolisian melalui aplikasi Patroli Siber adalah dengan mengamankan pinjaman online yang meresahkan masyarakat.

Lao Pan

Laporan Pengaduan Online Aplikasi kinerja Polda Kalbar yang disampaikan masyarakat atas kejadian atau informasi tentang tindak pidana. Dengan laporan yang diberikan masyarakat kepada pemerintah, berarti kamu telah ikut andil mengurangi tindak kejahatan.

Baca Juga: Music Holic! Ini Dia 10 Aplikasi Musik Android Offline

Prosedur yang bisa kamu tempuh dalam memberikan laporan di aplikasi Lao Pan adalah mengisi identitas secara lengkap, memberikan keterangan/kronologis kejadian, pelapor menerima resume laporan yang disertai kode unik dan password (sebagai dasar ketika nantinya kamu datang ke Polda Kalbar) untuk kemudian diserahkan kepada petugas. Untuk selanjutnya pelapor dapat melakukan tracking di aplikasi tersebut

Bongkar

Bongkar juga sengaja dikembangkan oleh Polda Kalimantan Barat sebagai salah satu media untuk monitoring pengendalian. Tidak hanya itu, juga sebagai salah satu tindakan untuk melindungi hutan dari kejadian kebakaran

Melalui Bongkar ini masyarakat dengan mudah memberikan informasi pun petugas dapat dengan mudah menerima laporan tentang KARHUTLA untuk segera ditindaklanjuti

Samsat Kalbar

Dengan Samsat Kalbar ini, kamu bisa melakukan pengecekan terhadap pajak kendaraan secara online apakah statusnya sudah dibayar ataupun belum. Bisa juga melakukan info perihal PKB, nopol, bea balik nama kendaraan bermotor.

Selain layanan di atas, aplikasi ini juga dilengkapi dengan layanan jadwal Samsat, misal pelayanan SIM keliling. Caranya, cukup buka aplikasi Samsat, klik menu Bantuan, kemudian pilih Info Layanan yang diinginkan.

E-Activity Kalbar

Merupakan aplikasi untuk memantau para ASN dalam melakukan kinerjanya. E-Activity Kalbar ini pada akhirnya untuk memaksimalkan TPP di lingkungan Pemerintah Kalimantan Barat

Aplikasi ini merupakan sarana alat ukur kinerja PNS yang diharapkan transparan, akuntabel. Untuk melihat lebih jauh lagi, bisa didownload langsung via Google Playstore ya.

Aduan E Complaint on 7

Selain aplikasi kinerja Polda Kalbar yang sudah disebutkan di atas, terdapat juga aplikasi Aduan E Complaint on 7. Hal ini untuk memudahkan masyarakat memberikan pengaduan lewat handphone.

Baca Juga: 9 Aplikasi untuk Online Shop yang Direkomendasikan

Tidak hanya menerima informasi berupa laporan saja, namun lewat aplikasi ini pula masyarakat bisa memberikan kritik. Kecepatan dari aplikasi ini sudah terbukti, maksimal tujuh hari pengaduan sudah mendapatkan respon dari Polda Kalbar.

Kejahatan di Dunia Maya

Tugas aplikasi tersebut di antaranya untuk membantu masalah mengejai kejahatan di dunia maya (cyber crime) yang semakin marak seiring perkembangan teknologi. Dan hal ini tentu harus menjadi perhatian semua pihak. Kejahatan bukan hanya menjadi tanggung jawab polisi saja namun semua lapisan masyarakat.

Semua harus tergerak hatinya untuk mengurangi atau meminimalkan terjadinya cyber crime. Hal ini bisa dilakukan mulai dari diri sendiri. Hal sederhana yang bisa dilakukan oleh kamu di rumah adalah melakukan filter atau kehati-hatian semaksimal mungkin terhadap pemakaian gadget. Tidak semua aplikasi didownload. Tidak semua tontonan itu layak ditonton. Kenapa? Karena kejahatan di dunia maya sedang menunggu.

Tentunya aplikasi tersebut masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kritik yang disampaikan masyarakat sangat penting sebagai masukan dalam membangun sarana pelayanan ke depannya menjadi lebih baik. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meminimalkan pelapor palsu dan kejahatan lainnya di wilayah Kalbar.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share