fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaBeritaApple Patenkan Sensor Bawah Layar, Siap Hadir di iPhone 14

Apple Patenkan Sensor Bawah Layar, Siap Hadir di iPhone 14

iPhone 13 bakal dirilis secara resmi pada bulan September mendatang. Namun Apple masih belum bisa menghilangkan poni pada layar iPhone terbaru itu. Hanya ukurannya saja yang diperkecil. Sehingga paten terbaru Apple untuk layar tanpa poni, tampaknya akan dipakai untuk iPhone 14.

Apple memang terjebak pada desain poni sejak munculnya iPhone X. Pasalnya mereka tidak memiliki metode membuka kunci yang cocok, efektif, dan aman yang mampu menggantikan Face ID. Metode ini masih dianggap yang paling aman, namun belum mampu dipasang dibawah layar.

- Advertisement -

Sebuah laporan mengklaim bahwa Apple memiliki paten baru yang memungkinkan penempatan sensor di bawah layar. Paten menunjukkan bahwa iPhone dapat secara terarah menerima cahaya yang ditransmisikan melalui layar, dengan menempatkan susunan pencitraan optik di bawah layar.

Lapisan pencitraan optik ini berlaku untuk sensor pencitraan apa pun seperti cahaya sekitar, cahaya terstruktur, sidik jari, dan sensor pengenalan wajah.

Paten ini menjelaskan bahwa bagian dari layar mungkin memiliki “lubang pencitraan yang ditentukan oleh bidang belakang buram”, yang oleh Apple disebut sebagai “aperture”. Agar dapat menggunakan Touch ID dan Face ID secara normal, kerapatan piksel area “bukaan” layar ini lebih rendah daripada yang lain.

Kemungkinan lain adalah saat Touch ID dan Face ID aktif, piksel di area “aperture” ini akan lebih rendah. Namun, saat tidak digunakan, kerapatan pikselnya akan sama seperti di area lain.

MacBook Juga Bakal Pakai

- Advertisement -

Dengan kata lain, iPhone yang dilengkapi teknologi ini diharapkan menggunakan sensor sidik jari di bawah layar. Selain itu, ia juga akan menggunakan sensor Face ID di bawah layar dan bahkan pemindaian retina di bawah layar.

Teknologi ini juga akan memungkinkan iPhone untuk sepenuhnya menghilangkan desain poni. Dalam laporan paten 14.000 kata ini, Apple juga menyebutkan bahwa paten ini juga dapat bekerja di MacBook.

Saat ini, seri iPhone 13 sedang dalam produksi massal. Perusahaan sudah memiliki desain akhir, namun tidak akan menggunakan teknologi terbaru ini. Namun demikian, ada laporan bahwa iPhone 14 dapat menggunakan teknologi ini.

Kita masih memiliki lebih dari setahun sebelum seri iPhone 14 dirilis secara resmi. Ini adalah waktu yang cukup bagi Apple untuk memasukkan teknologi baru ini ke dalam ponsel ini. Oleh karena itu, iPhone 14 juga diharapkan menjadi ponsel Apple pertama dalam sejarah yang mendukung sidik jari di bawah layar dan Face ID di bawah layar.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini