Rekomendasi 5 Aplikasi Tracking Pesawat untuk Pantau Penerbangan, Gratis!

Sedang mencari aplikasi tracking pesawat untuk memantau penerbangan? Maka kamu tepat sekali berada di artikel ini. Di era seperti sekarang ini, bepergian menggunakan pesawat sudah menjadi pilihan yang paling banyak dipilih. Hal itu karena estimasi perjalanannya yang sebentar meskipun jaraknya jauh.

Beberapa waktu belakangan ini sudah ada perkembangan mengenai aplikasi tracking pesawat secara real time. Dimana aplikasi ini dapat memantau perjalanan pesawat secara langsung melalui smartphone ataupun pc yang dimiliki.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Slow Motion Tanpa Aplikasi, Gampang Banget!

Informasi yang disediakan biasanya seputar nomor penerbangan pesawat, kondisi cuaca pada saat ini di rute tujuan, jejak jalur rute penerbangan yang
dipilih.

Lantas, apa sajakah aplikasi tracking pesawat? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Daftar Aplikasi Tracking Pesawat untuk Memantau Penerbangan

Aplikasi-aplikasi ini bisa didownload serta gratis digunakan tanpa biaya, berikut 5 aplikasi tracking pesawat yang bisa digunakan secara gratis:

1. Flight Stats

Flight Stats merupakan aplikasi tracking pesawat yang biasa digunakan untuk memantau penerbangan pesawat yang diinginkan. Biasanya pemantauan ini dilakukan untuk memperjelas lagi seperti apa arah tujuan dan juga bagaimana kondisi lapangan pada saat perjalanan. Selain memantau rute dan kondisi, aplikasi ini juga memiliki beberapa kelebihan dalam menampilkan informasi.

Baca juga: 5 Pilihan Aplikasi Pengingat Minum Air Terbaru, Bikin Anti Dehidrasi!

Diantaranya adalah penyajian bandara-bandara terdekat dengan lokasi pesawat terbang, bandara tujuan, jadwal penerbangan lengkap dengan keterangan delay dengan estimasi keberangkatan selanjutnya. Yang membuat aplikasi ini bagus untuk digunakan adalah versi desktop sudah mendukung dan kompatibel di tiap smartphone dan Iphone, bahkan bisa digunakan di Apple Watch.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Video yang Lagi Hits di Instagram Terbaru

2. Flight Board

Aplikasi Flight Board merupakan aplikasi yang dibuat untuk menampilkan data terkait pesawat yang terbang dari bandara-bandara tertentu.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Layar TV LED untuk Menghindari Kerusakan, Mudah dan Aman

Selain itu aplikasi ini juga diatur untuk memberikan data dari terminal penumpang, letak pintu kedatangan dan juga pintu keberangkatan di bandara. Didukung juga dengan dari mana pesawat tiba dan menuju, jam terbang dan banyak sekali lalu lintas penerbangan yang di update 5 menit sekali.

Baca juga: 6 Aplikasi Pengenal Wajah Paling Populer dan Terbaik, Fitur Lengkap dan Gratis!

3. Flightradar24

Aplikasi tracking pesawat lainnya yang bisa digunakan adalah aplikasi flightradar24. Aplikasi ini juga memberikan data berupa informasi dari pesawat dan status penerbangannya. Banyak sekali pengguna yang menggunakan aplikasi ini dikarenakan bisa menangkap data pesawat langsung yang didukung dengan teknologi Transponder ADS-B, dimana akan ditransmisikan menjadi posisi dari pesawat.

Baca juga: 11 Aplikasi Kamera Melihat Planet Terbaik & Link Download

Flightradar24 ini sudah didukung dengan berbagai macam jaringan yang menangkap 15.000+ stasiun aktif yang ada dimana saja. Oleh karena itu pesawat kecil pun masih bisa dipantau keberadaannya melalui sambungan jaringan dari menara pengawas penerbangan. Pastinya semua data yang ditampilkan merupakan data terbaru dan bersifat real time atau secara langsung.

Baca juga: 5 Aplikasi Transfer Uang Lewat HP Tanpa Biaya Admin, Praktis dan Aman

4. Flight Aware

Sama halnya dengan beberapa aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk menampilkan dan mengetahui posisi, status dan dimana pesawat penerbangan komersil berada pada tiap lokasi.

Baca juga: 5 Aplikasi Notes di PC Tercanggih, Fitur Lengkap dan Gratis!

Hanya saja jarak jangkau dari aplikasi ini belum terbilang tajam karena tidak semua pesawat dapat tertangkap statusnya karena masih memanfaatkan sistem GPS.

Baca juga: 8 Situs Website dan Aplikasi Penghasil Uang Terbaik Tanpa Undang Teman

5. Air Traffic

Air Traffic menjadi aplikasi tracking pesawat terakhir yang direkomendasikan untuk melacak keberadaan lokasi pesawat secara langsung. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tidak akan menyimpan data yang bersifat pribadi sehingga terbilang cukup aman. Selain itu ukuran dari aplikasi ini terbilang lebih kecil dibandingkan aplikasi lain sehingga sangat direkomendasikan.

Aplikasi ini lebih fokus dalam menampilkan data Air Traffic sama halnya aplikasi yang lain. Data yang ditampilkan berupa nomor penerbangan, jenis pesawat, maskapai terkait hingga status. Selain itu ada juga informasi tambahan berupa sedang ada pada ketinggian berapakah pesawat tersebut terbang dan rute yang dipilih secara real time.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa aplikasi tracking pesawat dapat digunakan untuk mempermudah perjalanan ataupun memantau keluarga serta kerabat dekat dalam bepergian. Hal ini biasa dilakukan untuk memastikan apakah keberadaan pesawat dan statusnya pada kondisi aman atau tidak, sehingga bisa melakukan persiapan jika ada terjadi hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
0
Share