aplikasi telepon bawaan

Aplikasi telepon bawaan Android yang kerap disebut Google Phone App memang jarang dipergunakan. Apalagi sudah banyak aplikasi percakapan yang mampu menggantikannya secara instan. Padahal sudah sejak lama aplikasi bawaan itu juga mengandung fitur yang tak kalah seru.

Aplikasi bawaan ini tentu saja tergolong jenis pre-installed. Kamu bisa menemukan Google Phone App ini pada beragam ponsel Android, baik Android Stock, Pixel, maupun Android ubah-suai dengan beragam tampilan khas pabrikan masing-masing. Aplikasi ini akan selalu terinstal.

Sayangnya ya itu tadi, aplikasi ini jarang dipakai sehingga banyak fiturnya jarang diketahui. Padahal tentu saja fiturnya ada cukup banyak untuk memudahkan pengguna ponsel dalam berkomunikasi yang sehat, nyaman, dan menyenangkan. Berikut diantaranya.

1. Memblokir panggilan

Dalam berkomunikasi, tentu ada banyak sekali panggilan yang tak diharapkan. Sehingga fitur dasar bagi pembuat aplikasi telepon adalah melakukan pemblokiran.

Kamu bisa melakukan pemblokiran dari panggilan terbaru yang masuk menggunakan aplikasi ini. Kamu cukup membuka tab Recent, kemudian tekan nomor yang akan diblok.

Aplikasi akan memunculkan menu pop-up dengan beberapa pilihan. Pilih Block/Report spam, kalau bisa pilih Report call as spam terlebih dahulu, dan tekan Block.

Kamu juga bisa langsung melakukan pemblokiran bagi nomor telepon yang tidak tersimpan di buku telepon. Jadi setiap nomor yang belum tersimpan di memori telepon kamu, tak akan bisa melakukan panggilan terhadap nomormu.

Caranya buka titik tiga pada sudut kanan atas untuk membuka menu Pengaturan atau Settings. Lalu pilih Blocked numbers dan tekan Unknown.

2. Memberikan respon balasan cepat

Ketika sedang rapat atau tak mau diganggu dengan telepon suara, saya biasa mengirim pesan pada orang yang melakukan panggilan dan tak terjawab. Isi pesannya sederhana, “SMS saja.”

Pesan singkat setelah ada panggilan tak terjawab itu ternyata bisa diatur melalui menu Settings kemudian pilih Quick Responses. Secara bawaan respon cepat ini berisi pesan yang resmi dan cukup kaku. Kamu bisa mengubahnya atau membuat pesan sendiri agar setiap panggilan yang tak terjawab bisa kamu balas dengan segera sesuai dengan pesan yang kamu inginkan.

3. Mengatur Tampilan Memori Kontak

Aplikasi Telepon bawaan ini memiliki dua cara dalam menyimpan kontak, yakni pertama memunculkan nama depan, dan kedua menampilkan nama akhir. Secara default, tampilan yang dimunculkan adalah nama depan terlebih dahulu.

Kalau kamu ingin penyimpanannya tak lagi dengan nama depan, maka silakan ubah tampilannya dengan cara mengetuk titik tiga di sudut kanan atas. Kemudian pilih Display options. Klik Sort by dan pilih yang kamu suka. Silakan pilih mau ditampilkan nama depan terlebih dahulu atau nama belakang yang tampil.

Sebetulnya ada banyak fitur lain yang juga menarik. Namun fitur yang lain itu hanya terbatas pada regional tertentu saja. Entah alasan apa yang membuat Google tidak merilisnya secara global.

Fitur seperti merekam percakapan telepon, fitur menjawab panggilan secara otomatis, dan fitur panggilan berdasarkan lokasi terdekat, serta lainnya tidak diberikan oleh Google secara global. Mungkin butuh waktu.

Berita sebelumyaRealme Watch 2 Hadir dengan Baterai Besar dan Fitur Lebih Banyak
Berita berikutnya5 Jenis Layar Ponsel yang Wajib Diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here