Aplikasi Taspen Otentikasi Dana Pensiun PNS 2022 Terbaru

RsddrSoebandi.co.id – Aplikasi autentikasi taspen merupakan aplikasi yang dapat mempermudah para pensiunan untuk mengklaim dana pensiun.

Seperti namanya, aplikasi ini dibuat hanya untuk proses otentikasi dana pensiun. Yang dimaksud dengan autentikasi di sini adalah proses verifikasi seseorang apakah dia penerima pensiun atau bukan.

Proses otentikasi ini sendiri adalah sesuatu yang sangat penting. Hal ini dimaksudkan agar dana pensiun dapat tersalurkan kepada yang berhak menerimanya dan tidak salah sasaran. Oleh karena itu, setiap pensiunan wajib melakukan proses otentikasi sebelum dapat menerima dana pensiun.

Bagi Anda yang tidak dapat menarik dana pensiun orang tua, kemungkinan orang tua Anda belum melakukan autentikasi. Dan autentikasi ini menurut ketentuan, wajib dilakukan setiap bulan.

Nah, hal baiknya adalah proses otentikasi ini sekarang hanya dapat dilakukan melalui aplikasi. Aplikasi yang digagas oleh PT TASPEN (PERSERO) ini kini sudah bisa diinstal di perangkat Anda.

Anda dapat mengetahui beberapa hal tentang aplikasi otentikasi taspen dari diskusi kami di bawah ini.

Tinjauan Tinjauan Aplikasi Otentikasi Taspen

Aplikasi-Taspen-Otentikasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi autentikasi taspen ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses autentikasi dana pensiun. Sedangkan proses autentikasi ini merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin mengklaim dana pensiun.

Aplikasi ini sendiri dibuat agar para pensiunan dapat melakukan otentikasi kapan saja dan dimana saja hanya melalui smartphone. Tentunya aplikasi ini ditujukan hanya untuk para pensiunan, terutama yang baru memasuki masa pensiun.

Namun jika pensiunan mengalami kendala seperti tidak memiliki smartphone atau masalah di aplikasi, maka bisa langsung datang ke Posko untuk mendapatkan solusi atau melakukan proses otentikasi disana.

Dalam proses otentikasi melalui aplikasi ini, biasanya Anda akan diminta untuk menirukan 3 jenis gerakan yang akan diacak. Jika prosesnya gagal, maka akan diberikan kesempatan untuk mengulanginya lagi.

Unduh Aplikasi Otentikasi Taspen

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan aplikasinya, sebenarnya kamu bisa menginstall aplikasi ini melalui Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Atau untuk memudahkan Anda, kami juga akan memberikan link download beserta beberapa detail aplikasinya di bawah ini.

  • Aplikasi Otentikasi Taspen Untuk Android

Bagi pengguna Android, Anda bisa mendapatkan link download aplikasinya di bawah ini.

Nama aplikasi Taspen Otentikasi
Ukuran Aplikasi 8 MB
Jumlah Unduhan 1.000.000+
OS minimal Android 5.1.1 atau lebih tinggi
Pengembang PT TASPEN (PERSERO)
Versi: kapan V1.6.4
Tanggal rilis 31 Oktober 2018
Pembaharuan Terakhir 4 Maret 2021

Untuk mendapatkan aplikasinya anda bisa mencari aplikasi ini melalui play store atau bisa juga dengan klik Di Sini.

  • Aplikasi Otentikasi Taspen Untuk IOS

Aplikasi-Taspen-Otentikasi-Untuk-iOS

Kemudian bagi anda yang merasa menggunakan iOS, anda bisa mendapatkan aplikasinya melalui link download berikut ini.

BACA JUGA:  Batas Terbaru 2022 dan Cara Mengeceknya

Nama aplikasi Taspen Otentikasi
Ukuran Aplikasi 35 MB
Jumlah Unduhan 1.000.000+
OS minimal IOS9.0 atau lebih tinggi
Pengembang PT TASPEN (PERSERO)
Versi: kapan V1.3.2
Harga Gratis
Kategori Keuangan

Dapatkan aplikasinya dengan sekali klik Di Sini.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Otentikasi pada Aplikasi Taspen

Saat Anda menginstal aplikasi, biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan catatan terlebih dahulu. Setelah itu, akan ada proses otentikasi bagi mereka yang pertama kali login.

Untuk melakukan proses autentikasi ini, tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal ini agar proses otentikasi berjalan dengan lancar dan tidak gagal.

Mengenai beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, Anda bisa melihat ulasannya di bawah ini.

  • Sudah Mendaftar di Kantor Cabang Taspen atau Mitra Bayar

Sebelum menggunakan aplikasi autentikasi taspen untuk autentikasi, pastikan terlebih dahulu pensiunan tersebut telah melakukan registrasi atau pencatatan data biometrik di kantor cabang taspen atau mitra pembayaran taspen terlebih dahulu.

Setelah itu, pensiunan akan dapat mengautentikasi melalui aplikasi di masa mendatang.

  • Lakukan di ruangan yang terang atau cukup terang

Karena proses autentikasi ini biasanya akan mendeteksi wajah, maka tentunya Anda membutuhkan tempat yang terang atau memiliki cahaya yang cukup. Hal ini diperlukan agar aplikasi dapat membaca wajah pengguna dengan jelas.

Karena seringkali banyak keluhan proses autentikasi gagal. Salah satu alasannya mungkin karena pencahayaan yang tidak memadai selama otentikasi.

  • Pastikan Koneksi Berjalan Lancar

Selain itu, usahakan agar koneksi internet yang Anda miliki dapat berjalan dengan lancar. Karena ini juga memungkinkan Anda untuk dengan mudah melewati proses otentikasi.

Karena proses autentikasi ini dijalankan secara online maka akan ada data yang perlu diupload ke developer. Hal ini tentunya akan membutuhkan koneksi internet yang lancar.

  • Spesifikasi Smartphone Berkualitas

Selain itu, pastikan Anda memiliki kamera smartphone yang mumpuni. Hal ini dikarenakan kamera ini sangat dibutuhkan pada saat proses otentikasi nantinya. Setidaknya kamera yang Anda gunakan bisa menangkap cahaya dengan baik sehingga wajah bisa terlihat dengan jelas.

Itulah beberapa hal yang setidaknya harus Anda perhatikan sebelum melakukan proses autentikasi di aplikasi autentikasi taspen. Semakin Anda memperhatikan hal-hal ini, semakin lancar dan sukses proses otentikasinya.

Cara Melakukan Proses Otentikasi melalui Aplikasi Taspen Authentication

Untuk dapat mencairkan dana pensiun, tentunya pensiunan harus melakukan proses autentikasi terlebih dahulu. Sekarang proses otentikasi ini dapat dilakukan melalui aplikasi otentikasi taspen seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya.

BACA JUGA:  17 Cara Memperkecil Ukuran PDF Online & Tanpa/Pakai Aplikasi

Untuk melakukan proses autentikasi melalui aplikasi autentikasi taspen, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan Aplikasi Otentikasi Taspen diinstal pada perangkat Anda.
  2. Buka aplikasi.
  3. Memilih mengizinkan pada setiap izin yang muncul.
  4. Menyisipkan CATATAN (Nomor Taspen) pada kolom yang tersedia.
  5. Lalu klik Autentikasi.
  6. Kemudian menghadapkan ponsel ke wajah pensiunan yang akan diautentikasi. Pastikan posisi wajah sudah masuk secara utuh pada frame yang disediakan.
  7. Setelah sukses, biasanya aplikasi akan meminta beberapa gerakan untuk dilakukan.
  8. Ikuti saja 3 gerakan diminta selama proses otentikasi sampai berhasil. Seperti menggelengkan dan menganggukkan kepala, mengucapkan huruf “A”, atau mengedipkan mata.
  9. Jika gagal, aplikasi akan meminta untuk mengulangi proses otentikasi lagi dari awal.
  10. Setelah itu aplikasi akan memproses update data. Jadi pastikan Anda memiliki koneksi yang lancar.

Jika proses otentikasi telah berhasil maka Anda dapat keluar dari aplikasi. Karena aplikasi ini hanya digunakan untuk proses otentikasi. Aplikasi juga akan memberikan notifikasi keberhasilan atau kegagalan proses otentikasi serta informasi dari pensiunan.

Penyebab Proses Otentikasi Dana Pensiun Gagal dan Solusinya

Jika proses otentikasi melalui aplikasi gagal, maka ada beberapa kemungkinan yang bisa dipastikan:

1. Lalu Lintas Penggunaan Aplikasi Cukup Tinggi

Salah satu penyebab gagalnya proses autentikasi adalah karena trafik pengguna aplikasi yang tinggi. Semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi secara bersamaan, maka server akan kesulitan untuk memproses data autentikasi.

2. Spesifikasi Smartphone Tidak Memadai

Selain itu, jika proses autentikasi gagal, bisa jadi disebabkan oleh spesifikasi smartphone yang digunakan tidak memenuhi persyaratan aplikasi autentikasi taspen.

Untuk pengguna Android minimal memiliki OS 5.1 (Lollipop). Sedangkan untuk pengguna iOS memiliki minimal OS versi 9.0.

Kamera perangkat yang digunakan untuk proses otentikasi juga memiliki kapasitas minimal 8 MP (Mega Pixel). Kemudian juga pastikan smartphone memiliki microphone yang berfungsi dengan baik.

3. Sedang berlangsung

Penyebab lain kegagalan proses autentikasi pada aplikasi autentikasi taspen adalah kemungkinan aplikasi sedang dalam perbaikan atau pemeliharaan. Jika demikian, maka Anda harus melakukan otentikasi ulang setelah perbaikan berhasil.

Bagi anda yang kesulitan atau mengalami kendala dalam melakukan proses autentikasi melalui aplikasi autentikasi taspen. PT Taspen juga memberikan solusi agar pensiunan dapat melakukan autentikasi di mitra pembayaran dari Taspen, seperti melalui bank. Nantinya akan ada petugas yang akan membantu proses otentikasi berjalan lancar.

Syarat Otentikasi Dana Pensiun

Ketentuan-Dana Pensiun-Otentikasi-Syarat

Untuk proses autentikasi ini juga terdapat beberapa ketentuan berbeda untuk setiap pensiunan yang terbagi dalam beberapa kelompok. Otentikasi harus dilakukan secara berkala dengan ketentuan sebagai berikut:

BACA JUGA:  17 Aplikasi Baca Novel Gratis Online Terbaik + Dapat Uang

  1. Penerima Dana Veteran dan Kehormatan perlu melakukan otentikasi secara berkala setiap sekali sebulan.
  2. Kemudian bagi penerima pensiun yang tidak memiliki ahli waris yang didukung perlu melakukan otentikasi secara berkala sebanyak 2 bulan.
  3. Dan untuk Pensiunan yang memiliki ahli waris yang didukung harus melakukan otentikasi secara berkala sebanyak setiap 3 bulan sekali.
  4. Jika Pensiunan tidak melakukan autentikasi pada waktu yang ditentukan, pencairan dana pensiun akan dihentikan sementara selama 3 bulan dari waktu autentikasi yang ditentukan.
  5. Jika pensiunan meninggal dunia, tetapi penerima dana pensiun tidak melaporkannya kepada pihak yang berwenang, maka Taspen akan memungut kelebihan pembayaran dari dana pensiun tersebut.
  6. Kemudian jika proses autentikasi melalui aplikasi autentikasi taspen gagal, pengguna harus mengecek spesifikasi smartphone, tempat autentikasi, atau bisa melaporkannya ke taspen.

Kesimpulan Mengenai Aplikasi Otentikasi Taspen

Aplikasi Otentikasi Taspen merupakan aplikasi resmi dari PT TASPEN (PERSERO) yang dapat digunakan untuk melakukan proses otentikasi pensiun. Dengan otentikasi, dana pensiun akan dicairkan.

Aplikasi ini bisa didapatkan melalui link download yang telah kami sediakan di atas sesuai dengan masing-masing OS smartphone yang Anda gunakan.

Untuk melakukan proses otentikasi melalui aplikasi otentikasi taspen, pastikan Anda memiliki spesifikasi smartphone yang mumpuni dan telah melakukan perekaman biometrik terlebih dahulu di kantor cabang TASPEN atau mitra pembayaran.

Jika terjadi masalah saat melakukan autentikasi, pengguna dapat melaporkannya atau melakukan autentikasi melalui kantor yang berwenang secara langsung.

Mengenai syarat autentikasi harus dipenuhi secara lengkap agar tidak terjadi keterlambatan pencairan dana pensiun atau hal-hal lain yang tidak diinginkan seperti yang telah kami sampaikan di atas.

Demikian pembahasan tentang aplikasi autentikasi taspen, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Lihat juga:

No ratings yet.

Please rate this

---

Ikuti selalu informasi dari KopiTekno.com di Google News.