7 Aplikasi Rapat Online Gratis Terbaru Untuk Webinar dan Pembelajaran

0
aplikasi-rapat-online

Aplikasi rapat online memudahkan para pekerja remote atau mereka yang bekerja dari rumah (work from home) untuk melakukan komunikasi secara berbarengan.

Apalagi dengan adanya imbauan dari pemerintah agar lembaga pemerintahan maupun swasta untuk work from home berkenaan dengan terjadinya wabah novel corona virus (COVID-19).

Aplikasi Rapat Online

Aplikasi rapat online merupakan aplikasi yang dibuat oleh perusahaan rintisan maupun perusahaan yang sudah mapan. Aplikasi ini dibuat dengan memanfaatkan teknologi live video streaming dua arah.

Sebelumnya aplikasi ini hanya dipergunakan dalam lingkungan yang terbatas. Misalnya untuk rekrutmen karyawan jarak jauh maupun remote, juga untuk wawancara calon mahasiswa yang akan kuliah diluar negeri.

Setelah Covid-19 menjadi pandemi, protokol kesehatan mengharuskan banyak pihak untuk membuat pembatasan pertemuan yang melibatkan banyak orang. Sehingga rapat-rapat, seminar, pertemuan massal, dan semacamnya dilakukan secara online.

Ada keuntungannya dengan melakukan rapat secara online, yakni mengurangi beban biaya tempat, konsumsi, dan perizinan yang kerap memakan biaya kegiatan yang tidak sedikit. Namun tentu saja pembengkakan biaya ada di kebutuhan kuota internet peserta rapat yang terbatas.

Buat yang belum mengetahui apa saja aplikasi yang bisa dipergunakan untuk melakukan rapat online dan bisa dijalankan di ponsel Android, ini dia beberapa diantaranya.

aplikasi rapat online

Zoom Meeting

Zoom cukup populer sebagai aplikasi rapat online. Aplikasi yang dipakai oleh Presiden Jokowi ketika memimpin teleconference dengan para menteri di Istana Bogor ini sudah diinstal 10 juta lebih pengguna.

Fitur-fitur kunci dari Zoom adalah bisa menjalankan konferensi hingga 100 orang. Fitur lainnya bisa tetap membuka presentasi dan menampilkannya ketika percakapan sedang berlangsung. Dan terakhir bisa mengatur jadwal dengan mudah.

Google Meet

Google Meet merupakan aplikasi video-conference yang dibuat Google. Pada awalnya aplikasi rapat online milik Google ini bernama Hangouts. Makanya ketika ada yang menyebutnya sebagai Google Meet, maka hal ini masih terasa asing.

Google sedang melakukan rebranding Hangouts. Sebab aplikasi yang satu ini banyak dikeluhkan oleh penggunanya karena dirasa ribet. Pelan tapi pasti, Hangouts mulai diubah ke Google Meet.

Google Meet pun pada mulanya hanya bisa dinikmati oleh para pelanggan G Suite. Namun kini, Google Meet bisa dinikmati secara gratis oleh siapapun yang memiliki akun Google.

Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan satu ekosistem dalam Microsoft 365. Sehingga Anda mesti membayar biaya berlangganan untuk Microsoft 365 tersebut jika ingin memakai fitur lengkap dari aplikasi rapat online milik Microsoft ini.

Karena satu grup dengan aplikasi Microsoft Office, Excel, Power Point dan lainnya, maka Microsoft Teams juga bisa menampilkan file dari jenis itu kedalam percakapan yang berlangsung dan mengirimkannya tanpa harus meninggalkan aplikasi.

Cisco Webex Meetings

Nama besar Cisco juga turut serta dalam mewujudkan aplikasi rapat online. Kehadiran Cisco Webex Meetings di platform Android turut meramaikan kompetisi di tema teleconference.

Fitur yang ada pada Cisco Webex Meeting juga sama seperti yang lain, yakni mampu menampilkan gamabr dengan resolusi HD, bisa menampilkan file presentasi ketika percakapan berlangsung, dan lain-lain.

Skype for Business

Skype for Business tentu berbeda dengan Skype reguler yang biasa dipakai oleh kalangan umum. Aplikasi yang dikhususkan untuk korporasi ini tentu saja berbayar. Harga berlangganannya variatif, dimulai dari $5 per bulan.

Fitur-fitur kunci dari Skype for Business ini hampir sama dengan aplikasi yang lain. Beberapa diantaranya membagikan video lain saat rapat sedang berlangsung, mengendalikan peserta dengan cara mengatur atau menghidupkan kembali tampilannya dalam rapat, dan lain-lain.

Hangouts Meet

Aplikasi rapat online yang terakhir dalam daftar ini adalah aplikasi milik Google, yakni Hangouts Meet. Ya, ini merupakan varian dari aplikasi percakapan milik Google yang sama, yakni Hangouts.

Aplikasi ini bisa menampung 250 peserta dengan kemampuan fitur text-to-voice atau sebaliknya. Sayangnya untuk menggunakan seluruh fitur hebat dari Hangouts ini, Anda mesti terdaftar sebagai konsumen G-Suite. Ya, tentu saja berbayar.

Facebook Messenger Room

Facebook Messenger Rooms ini bisa dipergunakan hingga 50 orang secara bersama-sama. Modelnya mirip dengan aplikasi video percakapan lain, dimana harus ada satu orang menjadi host dan mengundang peserta lain dengan akun Facebook Messenger, akun Facebook, maupun mereka yang tak memiliki akun Facebook.

Facebook mengatakan dalam fitur ini tidak dikenal batasan waktu dan gratis. Silakan menggunakannya sepuas mungkin. Bahkan buat pengguna Facebook Messenger atau aplikasi Facebook biasa, Messenger Rooms ini bukanlah aplikasi yang asing. Ia terintegrasi didalamnya dan tak perlu menginstal aplikasi baru.

Demikianlah aplikasi rapat online yang bisa dibagikan. Di internet banyak sekali aplikasi serupa yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan rapat jarak jauh tersebut. Sebagian besar dari aplikasi tersebut juga sudah tersedia dalam versi mobile dan bisa diunduh lewat Play Store.

Anda tinggal mencocokkannya sesuai kebutuhan. Dan terakhir semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here