5 Aplikasi Perekam Layar dan Suara di HP hingga PC Terbaik, Gratis!

aplikasi perekam layar dan suara terbaik di hp android ios laptop pc
aplikasi perekam layar dan suara terbaik di hp android ios laptop pc

Aplikasi perekam layar dan suara terbaik dan paling populer di HP Android, iOS maupun PC/Laptop kini telah mengalami berbagai perkembangan. Sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk melakukan produktivitas lewat aplikasi perekam layar dan suara di hp dan pc, salah satunya membuat konten.

Fitur-fitur aplikasi perekam layar dan suara terpopuler yang dimiliki pun lengkap menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Mulai dari kalangan pelajar, pekerja kantoran, hingga kreator konten pun memerlukan aplikasi ini.

Baca juga: 6 Aplikasi Pengenal Wajah Paling Populer dan Terbaik, Fitur Lengkap dan Gratis!

Kemudahan yang ditawarkan pada aplikasi ini adalah pengguna dapat merekam layar telepon genggam maupun PC sekaligus merekam suaranya secara bersamaan. Sangat membantu untuk menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan suatu hal.

Lantas, apa sajakah aplikasi perekam layar dan suara terbaik untuk HP Android, iOS, laptop dan PC? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Aplikasi Perekam Layar dan Suara di HP hingga PC Terbaik

Nah, apa saja aplikasi yang sangat membantu ini? Simak ulasan berikut:

1. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder adalah suatu aplikasi perekam layar dan suara terpopuler untuk merekam segala hal yang terjadi di layar gawai Android tanpa perlu me-rootnya. Untuk dapat menginstal aplikasi ini harus memiliki versi Android minimal 5.0 atau Lolipop.

AZ Screen Recorder memiliki kualitas hasil rekaman yang lumayan bagus, tidak ada watermark, tidak ada batas waktu, dan tidak ada gambar yang hilang. Interface-nya pun elegan dan cukup sederhana.

Kekurangan aplikasi AZ Screen Recorder terletak pada file size Apk yang cukup besar, yaitu 17 MB yang tentunya membebani RAM.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Rekam Layar iPhone Terbaik, Gratis!

BACA JUGA:  Simak! Ini 5 Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja, Nomor 1 Paling Mudah

2. Mobizen

Mobizen merupakan aplikasi perekam layar dan suara terbaik yang multifungsi. Baik mencuplik dan merekam yang terjadi di Android, hingga menghubungkan Android ke komputer. Layar komputer dapat melihat segala hal yang muncul pada layar Android.

Fitur yang dimiliki aplikasi Mobizen pun cukup menarik. Salah satunya adalah dapat mengelola berkas yang ada pada Android melalui komputer.

Hasil rekamannya pun dapat disimpan dengan resolusi, frame rate, dan pengaturan lainnya dapat disesuaikan. Meskipun memiliki fitur yang lengkap, desain interface Mobizen tetaplah sederhana dan tentunya mudah untuk digunakan.

Baca juga: 5 Cara Nonton TV di Laptop Online dan Offline Terbaru, Gratis!

3. Dxtory

Dxtory merupakan aplikasi perekam layar dan suara yang paling ringan diantara yang lainnya. Aplikasi ini cocok untuk merekam kegiatan game dan cocok diinstal pada komputer dengan spesifikasi yang rendah sehingga aplikasi ini pun tidak mengganggu performa kerja komputer.

Fitur yang dimiliki aplikasi Dxtory pun cukup lengkap. Dxtory mampu merekam layar bahkan dari surface memory buffer. Oleh karena itu, aplikasi ini hanya memakan kinerja RAM yang cukup kecil.

Kualitas rekamannya pun baik, tidak perlu melakukan kompress ulang. Software ini juga sangat responsif, sehingga tidak membuat game menjadi lag.

Baca juga: Cara agar YouTube Tidak Ada Iklan, Nonton Jadi Nyaman dan Betah

4. Screenpresso

Screenpresso adalah aplikasi perekam layar yang memungkinkan penggunanya merekam beberapa area layar dalam berbagai macam format. Proses pengeditannya pun cukup sederhana dengan tampilan interface yang mudah untuk digunakan.

Aplikasi Screenpresso memiliki dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Kekurangan versi gratis pada aplikasi ini adalah adanya watermark yang tidak dapat dihapus.

BACA JUGA:  13 APN Telkomsel + Cara Setting di Modem, Android, iOS

Selain itu, durasi rekamannya pun hanya tiga menit pada versi gratis. Aplikasi ini juga tidak terdapat dukungan versi Android yang gratis.

Baca juga: 5 Aplikasi Konsultasi Dokter Online Gratis Tanpa Ribet

5. IceCream Screen Recorder

IceCream Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar dan suara terbaik multiguna yang memiliki fungsi untuk merekam apapun yang terjadi di layar komputer dalam bentuk video.

Tangkapan layarnya pun dapat disesuaikan untuk sebagian atau seluruh layar. Aplikasi inipun dapat kompatibel dengan semua alat dan program yang dipasang.

Kekurangan aplikasi IceCream Screen Recorder ini adalah pilihan editing dan fungsional yang terbatas pada versi gratis. Selain itu, perekaman video hanya maksimal 10 menit pada versi gratis. Pada versi gratis pun, aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial.

Itulah lima rekomendasi aplikasi rekam layar dan suara yang dapat digunakan pada komputer maupun handphone yang paling mudah digunakan oleh penggunanya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News