Aplikasi Pembukuan Toko Excel Ringan dan Mudah

Bisnis di zaman digital tidak lagi rumit. Karena siapapun bisa menggunakan aplikasi pembukuan toko Excel yang banyak tersedia di Google Play Store ataupun AppStore. Selain mudah dan ringan, fitur yang dihadirkan juga beragam.

Pencatatan keuangan bisnis yang rapi akan membantu melihat perkembangan bisnis secara real-time. Bagaimana posisi masing-masing pos dalam catatan laporan keuangan. Dan informasi lain yang mungkin dibutuhkan untuk mengambil keputusan terkait keuangan.

Ragam Aplikasi Pembukuan Toko Excel

Aplikasi pembukuan toko dirancang sedemikian rupa agar mudah digunakan siapapun oleh pemula. Compatible dipasang pada smartphone merek apapun. Berikut beberapa aplikasi pembukuan toko Excel yang bisa kamu pilih.

Zahir Accounting

Bagi kamu yang lama menekuni dunia accounting, pasti tidak asing lagi dengan Zahir Accounting. Ini adalah salah satu software yang sudah digunakan sejak tahun 1996. Baik untuk praktik mahasiswa di kampus atau untuk instansi perusahaan.

Kelebihan Zahir Accounting adalah memiliki ragam bahasa yang bisa disesuaikan. Selain itu, fitur yang dihadirkan juga beragam. Tidak hanya mencatat pemasukan dan pengeluaran kas saja. Tapi juga bisa mengontrol bisnis dari pembelian, inventori, sales, purchase, dan lain sebagainya.

Moota

Bagi kamu yang terlalu direpotkan dengan berbagai mobile banking lebih dari satu bank, tidak ada salahnya mencoba aplikasi Moota. Aplikasi ini akan membantu pengecekan mutasi rekening tanpa harus login di aplikasi mobile banking.

Moota memiliki fitur integrasi dengan website bisnis. Sehingga pengecekan data menjadi lebih mudah dan otomatis. Ada banyak fitur unggulan yang disediakan oleh aplikasi pembukuan toko gratis ini. Seperti unlimited akun bank, ekspor data transaksi, notifikasi transferan masuk, cek transaksi, dan lain sebagainya.

Buku Warung

Aplikasi pembukuan toko Excel yang bisa kamu pakai lainnya adalah Buku Warung. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pebisnis pemula yang belum memahami sepenuhnya tentang pembuatan laporan keuangan.

Kamu bisa mencatat berbagai transaksi di sini. Mulai dari pembukuan usaha, mengelola stok barang, utang piutang, dan lain sebagainya. Tak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan aplikasi ini. Karena kamu bisa mendapatkannya gratis di Google Play Store atau AppStore.

Teman Bisnis

Masih belum menemukan aplikasi pencatatan keuangan bisnis yang sesuai? Cobalah menggunakan Teman Bisnis. Tampilan interface yang ringan dan fitur yang mudah membuat siapapun bisa menggunakannya. Termasuk bagi kamu yang masih awam sekalipun.

Fitur unggulan yang dimilikinya adalah penyusunan laporan keuangan, laporan persediaan barang dan utang piutang. Untuk bisa mengetahui fitur unggulan lainnya, bisa langsung mendownload di Google Play Store atau AppStore.

Freshbooks

Dilihat dari namanya, Freshbooks bukanlah aplikasi dalam negeri. Dikembangkan di Toronto Kanada. Fitur unggulan aplikasi ini adalah adanya pengingat invoice yang bisa digunakan untuk mengumpulkan pembayaran.

Tampilan interfacenya ringan. Fiturnya juga mudah. Sehingga bisa digunakan siapapun. Terutama mereka yang masih pemula.

Akuntansi Keuangan

Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu. Aplikasi ini bukan hanya sekedar pembukuan toko biasa. Tapi memang aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk membuat laporan keuangan bisnis. Sehingga kamu diwajibkan untuk memahami dasar-dasar akuntansi secara utuh.

Seperti layaknya software laporan keuangan Excel, aplikasi Akuntansi Keuangan bisa kamu gunakan untuk mencatat buku besar, jurnal, laporan laba-rugi, neraca, dan catatan lainnya.

Paper.id

Membuat invoice atau tagihan memang tidak mudah. Tapi dengan Paper.id, pebisnis tidak perlu pusing jika harus membuat invoice. Karena aplikasi ini bisa membuat invoice secara otomatis.

Tak hanya perlu ragu dengan kualitasnya. Karena aplikasi ini telah dipercaya lebih dari 250 ribu pebisnis seluruh Indonesia. Tidak ada salahnya mengikuti kemudahan bisnis mereka bersama Paper.id.

Buku Kas

Bukan aplikasi pembukuan toko Excel biasa. Karena aplikasi toko kas ini memberikan fitur layanan plus-plus. Salah satunya adalah layanan pengiriman dan penerimaan uang tanpa dikenakan biaya administrasi.

Selain itu, Buku Kas juga dilengkapi dengan fitur pencatatan arus kas untuk perusahaan kecil hingga menengah. Juga pencatatan hutang piutang lengkap dengan pembuatan invoice untuk menagihnya.

Money Lover

Nama aplikasi pembukuan toko yang satu ini memang unik. Seunik fungsi yang dimilikinya. Tidak hanya berfungsi untuk mencatat laporan keuangan saja, tapi juga menjadi acuan budgeting dan manajemen keuangan.

Aplikasi ini memang sangat layak untuk digunakan. Pantas jika Money Lover mendapat penghargaan Best of 2016, 2017 Money Manager and Budget App on Android kategori nominasi Google Play Store. Jika sudah ada informasi seperti ini, sepertinya tidak perlu ragu untuk mencobanya.

Expense Manager

Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi parsial hanya sebatas pencatatan kas keluar saja, tidak ada salahnya mencoba Expense Manager. Tidak seperti aplikasi pembukuan toko Excel lainnya, Expense manajer hanya akan memproses dan membayar keuangan.

Tak hanya itu saja. Ada pula fitur audit pengeluaran untuk cek dan ricek semua pengeluaran bisnis dalam satu periode. Terutama untuk pengeluaran yang dilakukan oleh karyawan. Seperti perjalanan dinas, gathering, studi banding, dan lain sebagainya. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencoba mengontrol pengeluaran dengan sebaik mungkin.

Finansialku

Menyusun dan mengatur keuangan bisnis memang tidak mudah. Apalagi bagi kamu yang tidak mengerti tentang basic ilmu accounting, tapi tenang saja. Selama ada aplikasi Finansialku, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menggaji karyawan accounting. Karena aplikasi ini bisa melakukannya.

Tak hanya melakukan budgeting dan accounting saja. User juga bisa langsung terhubung dengan finansial planner bersertifikat secara online. Untuk berkonsultasi tentang apapun. Termasuk mengenai perencanaan keuangan pada ahlinya. Di sini kamu bisa mendapat banyak wawasan terkait keuangan secara detail.

Si Apik

Apa yang membedakan aplikasi Si Apik dengan lainnya? Yaitu fungsi dan kompleksitasnya. Kalau aplikasi lain lebih fokus pada usaha dagang skala mikro. Sedangkan Si Apik lebih kompleks. Karena bisa juga digunakan untuk berbagai tingkatan skala bisnis. Mulai dari mikro hingga menengah.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk usaha manufaktur, jasa, peternakan, pertanian, dan berbagai sektor bisnis lainnya. Cara mendapatkannya juga mudah. Cukup download di Google Play Store dan install di smartphone kesayangan kamu.

Jubelio

Kalau kamu tidak ingin repot-repot input data, bisa mencoba menggunakan aplikasi Jubelio. Karena aplikasi ini memungkinkan untuk terintegrasi langsung dengan marketplace bisnismu. Jadi lebih efektif dan efisien tanpa perlu input data manual.

Fiturnya juga beragam mulai dari membuat faktur, pencatatan biaya, laporan keuangan, dan informasi persediaan. Semua bisa diakses dalam satu dasboard.

Nah, itulah 13 aplikasi pembukuan toko Excel yang bisa kamu pilih. Selain 13 aplikasi itu, masih banyak aplikasi lain yang tersedia di Google Play Store. Namun hanya 13 itu yang paling direkomendasikan oleh para pengguna dan pebisnis online. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share