Mengenal Aplikasi PeduliLindungi Agar Physical Distancing Lebih Optimal

0
aplikasi-peduli-lindungi

Demi mencegah penularan novel corona virus atau SARS COVID-2 yang menjadi pandemi, Pemerintah Indonesia membuat aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini memang masih dalam versi beta, namun mengingat manfaatnya, tiada salahnya untuk dicoba.

Aplikasi ini mirip juga dengan aplikasi tracing yang dikembangkan oleh Google dan Apple. Namun PeduliLindungi berbasis Bluetooth bukan GPS.

Awalnya TraceTogether

Aplikasi PeduliLindungi pada mulanya merupakan aplikasi TraceTogether. Aplikasi ini dibuat atas kolaborasi lintas sektor kementerian dan lembaga Republik Indonesia, yakni Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan BNPB.

Ya, TraceTogether sendiri merupakan aplikasi yang dibuat di Singapura, oleh putra-putri Indonesia. Aplikasi PeduliLindungi ini memang mengambil cara kerja yang sama. Namun Kominfo mengubah konfigurasinya sehingga keduanya memiliki perbedaan.

Secara umum, mekanisme kerja dari PeduliLindungi adalah memberitahukan keberadaan orang-orang yang punya potensi menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG), hingga Pasien dalam Pengawasan (PDP).

Meski sifatnya memberitahukan keberadaan pengguna lain, aplikasi PeduliLindungi ini bukan aplikasi yang mengumbar data orang-perorang. Namun hanya mengirimkan notifikasi terhadap pemilik aplikasi agar segera menjauhi tempat-tempat maupun titik-titik tertentu.

aplikasi pedulilindungi

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Cara kerja aplikasi PeduliLindungi memakai data yang diproduksi oleh ponsel dengan Bluetooth aktif. Apabila ada pengguna lain yang terjangkau radius Bluetooth, maka akan terjadi pertukaran ID informasi dari data yang diproduksi itu.

Hasil dari proses pertukaran tadi, aplikasi bakal memberitahukan apakah pengguna sedang berada dekat dengan ODP, PDP, maupun pasien positif COVID-19. Sehingga proses tracing bakal lebih mudah apabila suatu saat, pengguna tadi mengalami gejala atau menjadi orang tanpa gejala yang kerap disebut silent carrier.

Aplikasi juga akan memberikan notifikasi apabila kamu tidak menerapkan physical distancing, yang terlacak ketika ada banyak orang menggunakan aplikasi PeduliLindungi juga. Termasuk didalamnya ketika kamu memasuki wilayah yang telah ditetapkan sebagai zona merah. Notifikasi lanjutan bakal diberikan apabila kamu tetap berada di zona merah selama lebih dari 30 menit.

Aplikasi PeduliLindungi juga akan menganalisa riwayat perjalanan tersebut, dan bakal meneruskannya kepada tenaga medis ketika dalam 14 hari terakhir kamu pernah kontak cukup dekat dengan PDP maupun pasien positif.

Kelemahan Aplikasi PeduliLindungi

Ada yang mengeluh soal permintaan izin dari aplikasi PeduliLindungi terhadap sistem operasi di ponsel. Padahal kalau memakai Android terbaru, atau paling tidak Android Nougat, maka pengaturan privasi bisa diatasi dengan baik.

Pada keterangan di Play Store, aplikasi ini meminta banyak hal untuk diizinkan. Dan hal ini lumrah. Kamu hanya perlu mengulasnya kembali di bagian perizinan di pengaturan aplikasi. Jika menurutmu itu tidak perlu, bisa kok izinnya dimatikan.

Satu hal yang cukup dikeluhkan dari aplikasi ini hanyalah penggunaan baterai. Sebab aplikasi ini bakal menghidupkan secara default Bluetooth secara terus-menerus. Yang berarti bakal menyita banyak daya.

Memang ada pilihan untuk mengaktifkan fitur penghemat baterai. Tapi percayalah ini bukan jalan keluar terbaik. Sebab apabila fitur save mode apalagi ultra save mode diaktifkan, banyak aplikasi lain yang terganggu.

Cara yang paling baik agar tetap bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi hanyalah mengaktifkan atau menonaktifkan Bluetooth secara manual. Apabila bepergian, silakan aktifkan. Jika di rumah, matikan saja Bluetooth-nya.

Ketika Bluetooth dimatikan, aplikasi memberikan notifikasi juga agar kamu mengaktifkannya. Kamu bisa mengabaikannya sementara waktu.

Cara Menginstal Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi sudah ada di Play Store dan App Store. Artinya untuk pengguna ponsel iOS dan ponsel Android sudah bisa menggunakannya.

Cara menginstalnya cukup mudah. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Play Store atau App Store kamu dan ketikkan “peduli lindungi” di kolom pencarian aplikasi tersebut. Sebelum mengunduhnya, pastikan nama pengembangnya adalah PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
  • Agar lebih cepat, langsung saja unduh PeduliLindungi di Play Store atau PeduliLindungi di App Store.
  • Jika unduhan sudah selesai, silakan buka aplikasinya. Kemudian klik “Jadi Partisipan”.
  • Masukkan nama lengkap dan nomor telepon yang aktif. Nomor ini akan mendapatkan kode OTP lewat SMS yang mesti dimasukkan untuk mengakifkan aplikasi.
  • Selamat aplikasi PeduliLindungi sudah aktif.

Demikian artikel mengenai aplikasi PeduliLindungi yang membantu kamu untuk menjaga diri di tengah pandemi ini. tetap waspada, jaga kesehatan, dan selalu berpikir positif agar imunitas tetap terjaga. Apabila ada yang ditanyakan, silakan kemukakan di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here