8 Aplikasi Menulis Novel Dibayar Ini Bisa Bantu Kamu Jadi Penulis Profesional

Aplikasi Menulis Novel Dibayar
Aplikasi Menulis Novel Dibayar

Aplikasi menulis novel dibayar ternyata sangat efektif untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari hobi menulis. Maka tak heran jika banyak penulis pemula yang menyalurkan bakat terpendam mereka dengan menulis di beberapa aplikasi ini.

Tapi dulu, buku adalah satu-satunya media bagi kamu yang ingin menjadi penulis profesional. Namun karena sulitnya memasukkan tulisan ke penerbit besar dan mahalnya biaya penerbitan buku di penerbit indie, akhirnya media online menjadi pilihan bagi penulis.

Banyak penulis pemula maupun yang sudah ekspert memanfaatkan aplikasi nulis novel. Mereka menulis cerita fiksi yang kemudian dibaca oleh banyak orang.

Pilihan Aplikasi Menulis Novel Dibayar

Bagi kamu yang mengaku hobi nulis novel tapi nggak mau nerbitin buku, berikut beberapa aplikasi menulis novel dibayar. Kamu bisa memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Aplikasi Wattpad

Siapa yang tidak kenal Wattpad? Aplikasi tempat baca sekaligus nulis ini sudah ada sejak tahun 2006. Setelah 16 tahun berlalu semenjak didirikan, ternyata sampai sekarang aplikasi ini semakin banyak penggemarnya.

Tak tanggung-tanggung. Aplikasi ini telah memiliki 90 juta pembaca dari seluruh dunia. Genre fiksi yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari romance, misteri, horor, fantasi, dan sain fiction.

Pembaca bisa memilih sesuai dengan genre yang disukainya. Begitu juga penulis. Bebas menuangkan ide sesuai dengan bakat penulisannya.

Pada Wattpad ada fitur paid stories. Di sinilah penulis bisa mendapatkan fee dari cerita yang ditulisnya. Tapi tidak semua cerita. Hanya beberapa cerita dengan pembaca paling banyaklah yang bisa mendapatkannya.

Tak hanya sebatas itu saja. Semua cerita yang menarik berkesempatan untuk dibukukan atau diadaptasi menjadi Wattpad Stories.

Storial.co

Selain Wattpad, aplikasi penyedia nulis berbayar lainnya adalah Storial. Aplikasi ini. Aplikasi buatan anak bangsa ini ternyata telah didownload oleh lebih dari 100 ribu pengguna dengan rating bintang 2,8.

Kelebihan aplikasi ini adalah adanya Storial premium chapter. Yaitu cara monetisasi cerita dimana penulis bisa mendapatkan royalti dari Storial coin.

Bagi kamu yang suka dengan aplikasi buatan anak bangsa, tidak ada salahnya mendownload aplikasi Storial ini. Selain bisa membaca sejuta cerita, juga bisa menulis cerita fiksi impianmu.

Joylada

Bagi kamu yang ingin aplikasi menulis novel dibayar yang lain daripada lainnya, cobalah mendownload Joylada. Karena selain bisa menikmati membaca novel seperti pada aplikasi pada umumnya, juga bisa menikmati novel fitur chatting.

Apa itu novel chat? Yaitu novel yang penyajiannya seperti kamu membaca chatting. Sebuah pengalaman yang cukup menarik.

Sama seperti aplikasi lainnya. Joylada juga menyediakan koin untuk memberi penghargaan pada penulis yang ceritanya banyak dipilih oleh pembaca.

Tertarik menulis di Joylada? Tidak perlu ragu untuk segera mendownloadnya. Karena aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna. Dengan rating bintang 4,4 dan lebih dari 312 ribu ulasan positif.

Noveltoon

Satu fakta menakjubkan dari aplikasi Noveltoon ini, yaitu semua cerita di sana bisa dibaca dengan gratis. Lalu darimana developer memberikan reward bagi penulis? Inilah keunikan dari aplikasi ini.

Ada kalanya Noveltoon mengadakan kompetisi menulis novel dengan hadiah jutaan rupiah. Di sinilah biasanya para penulis saling berkompetisi untuk membuat cerita paling menarik.

Tak hanya itu saja. Developer juga menawarkan reward bagi penulis dengan jumlah kata dan pembaca tertentu. Bahkan juga menawarkan jalur kontrak bagi penulis yang telah menuli lebih dari 30 ribu kata.

Tertarik? Coba saja merasakan keseruan membaca cerita di Noveltoon bersama 10 juta lebih pengguna yang telah menginstalnya.

Tak perlu khawatir kecewa. Karena aplikasi ini telah mendapat rating bintang 4,5 dengan lebih dari 121 ribu ulasan positif.

NovelMe

Masih belum menemukan aplikasi menulis novel dibayar yang tepat? Coba saja mendownload aplikasi NovelMe. Pasalnya, aplikasi yang memiliki jargon “Novel Asik Semua Genre” ini ternyata memiliki komunitas penulis yang paling banyak.

Selain itu, aplikasi yang telah didownload lebih dari 1 juta pengguna ini memiliki novel premium yang hanya bisa dibaca dengan menggunakan koin. Dengan cara inilah penulis bisa mendapatkan penghasilan dari cerita yang telah ditulisnya.

Tak sebatas itu saja. Aplikasi yang mendapat bintang 4,1 ini juga memberikan dukungan dalam bentuk lain kepada para penulisnya.

Salah satunya adalah program next top writer dengan hadiah puluhan juta rupiah. Dan juga pendampingan oleh brand ambassador yang juga memberikan sesi konsultasi.

Dream

Kamu ingin novel tulisanmu dikenal oleh seluruh dunia? Cobalah menggunakan platform penulisan aplikasi Dream.

Pasalnya, aplikasi yang telah didownload lebih dari 10 juta pengguna ini menawarkan penulisan novel multi bahasa. Seperti bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan bahasa lainnya.

Selain itu, kelebihan aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi lainnya adalah cara memperoleh reward yang ditawarkan. Ada tiga cara. Yaitu melalui berbagai event menulis yang sering ditawarkan, program baca bayar, dan sistem kontrak.

Berminat? Jika iya, kamu harus sedikit bersabar. Karena pendaftaran penulisnya harus dilakukan pada aplikasi terpisah, yaitu aplikasi Start Writing.

Meski memang sedikit ribet, kamu tidak perlu ragu dengan kualitas aplikasi Dream ini. Karena telah memiliki rating bintang 4,5. Sangat recommended bagi kamu yang ingin mendapat pendapatan tambahan dari menulis.

KBM Apps

KBM atau komunitas bisa menulis awalnya hadir sebagai grup kepenulisan di Facebook. Anggota bebas menulis dan membaca tanpa moderasi. Karena semakin banyak peminatnya, akhirnya membuat aplikasi bernama KBM Apps.

Jika dilihat dari namanya, jelas ini adalah produk dalam negeri. Meski aplikasi menulis novel dibayar buatan dalam negeri, nyatanya aplikasi ini telah didownload lebih dari 500 ribu pengguna dengan rating 4,3.

Cara monetisasinya mudah. Cukup tulis cerita lalu tunggu pembaca datang. Jangan lupa mengisi nomor rekening. Besar kecilnya fee tergantung dari banyak sedikitnya pembaca. Jadi kamu harus rajin-rajin promo tulisanmu, ya.

KaryaKarsa

Dibandingkan dengan aplikasi lainnya, aplikasi KaryaKarsa lebih unik dan menarik. Karena developer tidak bertanggung jawab mencarikan pembaca bagi cerita yang kamu tulis. Jadi kamu harus punya follower dulu.

Aplikasi yang telah didownload oleh lebih dari 100 ribu orang ini tidak memberikan royalti. Karena cara yang digunakan adalah murni penjualan karya.

Tidak perlu ragu dengan aplikasi ini. Karena telah mendapat rating bintang 4,6 di Google Play Store.

Nah, itulah 8 aplikasi bagi kamu yang suka menulis fiksi tapi tidak mau menerbitkan buku. Atau ibu rumah tangga yang ingin dapat penghasilan tambahan dari hobi menulis.

Meski bisa menulis cerita tanpa akurasi, sebaiknya ikuti beberapa etika dalam menulis fiksi. Terutama jika cerita mengandung unsur dewasa.

Pastikan untuk memberi peringatan bahwa cerita pada aplikasi menulis novel dibayar tidak untuk semua umur. Dan pastikan juga cerita yang kamu tulis memang orisinil tulisanmu. Bukan plagiasi dari karya orang lain.

  • Aplikasi Menulis Puisi Dibayar
  • Aplikasi Untuk Menulis Novel Di Laptop
  • Cara Menghasilkan Uang Dengan Menulis
  • Cara Menulis Novel
  • Menulis Cerpen Dibayar
  • Menulis Novel Online Dibayar
  • Novelme
  • Platform Menulis Novel
5/5 (1)

Please rate this

---

Ikuti selalu informasi dari KopiTekno.com di Google News.