Tips  

Apa Itu VPN, Cara Kerjanya, dan Bagaimana Mendapatkannya?

apa itu vpn

KopiTEKNO.com – VPN merupakan tiga huruf yang tampaknya sering Anda dengar dimana-mana. Namun bagi Anda yang belum memahami, tentu bertanya-tanya “Apa itu VPN?”.

Secara sederhana, VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang merupakan cara untuk menjaga agar Anda tetap aman sebab bisa berinternet dengan menyamar.

Di sisi lain, VPN juga memungkinkan Anda untuk mengakses situs maupun aplikasi yang diblokir, baik oleh pemerintah maupun oleh penyedia layanan internet. Dan tentu saja ini yang paling populer dari VPN.

Lantas mengapa VPN bisa seperti ini? Bagaimana bisa VPN melakukannya? Caranya bagaimana? Nah, di artikel ini mari kita telaah satu-persatu.

Apa Itu VPN?

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Seperti namanya, sebuah layanan penyedia VPN mampu membuat jaringan pribadi, dimana menghubungkan antara perangkat Anda dengan perangkat milik penyedia atau VPN server di sebuah tempat.

Server tersebut lumrah disebut ‘tunnel’, dan data yang ditransmisikan lewat jaringan tersbut dienkripsi. Sehingga memungkinkan jaringan tersebut lebih aman.

Jaringan server yang terhubung itu kini menjadi sebuah jaringan ‘virtual’ milikmu. Itulah mengapa hal seperti ini disebut VPN alias jaringan virtual pribadi.

Cara Kerja VPN

Ketika Anda mengakses internet, itu berarti jaringan yang Anda pergunakan akan mengirimkan data dan menerimanya secara terus-menerus. Jaringan ini tentu terbuka, dan penyedia internet (ISP) bakal bisa melihatnya.

Apa yang Anda akses, apa yang Anda unduh, kirim, dan seterusnya bisa dilihat oleh penyedia tersebut. Bahkan jika ada yang iseng, aktivitas di internet yang Anda lakukan juga bisa diintip oleh orang lain selaku pihak ketiga.

Namun kalau Anda memasang software VPN di perangkat, baik laptop maupun hp, maka Anda memakai jaringan penyedia VPN itu. Perangkat Anda dan server penyedia VPN menciptkana tunnel.

Lewat tunnel ini perangkat Anda bisa mengakses data tanpa bisa dipengaruhi oleh regulasi ISP. Pihak ketiga juga tidak bisa melakukannya. Karena tunnel ini sifatnya privasi.

VPN yang bagus tentu memiliki ribuan server di seluruh dunia. Anda sebagai konsumen VPN bisa memilih server mana yang dikehendaki.

Hal ini pada akhirnya memungkinkan Anda seolah-olah berada di negara dimana server VPN itu berada. Sehingga Anda bisa mencicipi layanan yang hanya bisa diakses di negara tersebut.

Manfaat VPN

Dengan uraian tersebut, VPN tentu saja memiliki banyak manfaat. Manfaat VPN diantaranya mengamankan jaringan internet yang Anda pergunakan.

Anda bisa berselancar secara anonim. Dengan begitu tak ada orang yang tahu apa yang Anda akses di internet. Sehingga ketika Anda membuka internet banking dan mengaksesnya di tempat umum, Anda tetap aman.

Selain itu banyak batasan-batasan yang bisa dibuka. Tidak ada situs yang diblokir dengan VPN. Anda juga bisa mengakses layanan di sebuah negara yang tidak ada di negara Anda.

Dan masih banyak lagi manfaat VPN.

Kerugian Memakai VPN

Setiap hal selalu memiliki sisi buruk, termasuk VPN. VPN tentu saja memiliki sisi buruk yang berakibat fatal bagi keamanan perangkat.

Tunnel yang diciptakan oleh VPN bisa saja diinterupsi oleh penyedia VPN sendiri. Dan dampaknya boleh jadi lebih berat daripada diinterupsi oleh orang lain dalam jaringan ISP biasa.

Makanya berhati-hatilah dalam memilih penyedia VPN. Silakan temukan VPN yang benar-benar terpercaya, seperti DNS Cloudflare, VPN Turbo, Nord VPN, Proton VPN, dan lainnya di situs resminya masing-masing.

Ikuti selalu informasi dari Kopitekno.com di Google News.