Apa itu Printer DTG: Seluk Beluk yang Perlu Diketahui

Apa itu Printer DTG
Apa itu Printer DTG

Pernah mendengar tentang printer DTG sebelumnya? Bagi Anda yang baru mendengar, mungkin Anda bertanya apa itu printer DTG yang dimaksud.

Nah, perlu diketahui bahwa beberapa waktu ini, ada cukup banyak pengusaha, terutama mereka yang bergelut dengan usaha sablon baju, kaus, tas dan lainnya menggunakan alat printer DTG ini. Pasalnya, printer DTG dianggap menjadi alat cetak yang lebih modern serta efektif untuk mendapatkan hasil cetakan yang berkualitas.

Nah, jika Anda penasaran apa itu printer DTG dan seluk beluknya, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Sekilas Tentang Printer DTG

Dalam pengertian singkat, printer DTG atau Direct to Garment adalah printer yang bisa digunakan untuk mencetak gambar secara langsung pada sebuah material baik tekstil atau kain. Oleh karenanya, unit printer DTG menjadi alat yang tepat digunakan pada usaha percetakan kaus, terutama distro. Hal ini dikarenakan hasil cetakan dengan printer ini bisa dipastikan tajam, bagus dan tahan lama.

Jika dilihat dari teknologi yang digunakan, printer DTG menggunakan mesin serta print head dari Canon. Sedangkan untuk cara kerjanya, secara umum printer DTG bekerja sebagaimana printer pada umumnya. Perbedaan mencolok dua alat ini ada pada axle shaft penggerak kertas yang diganti dengan flatbed dan akan menggerakkan tray sebagai tempat dari layout kaus tersebut.

Tentu saja, printer DTG bisa digunakan untuk mencetak kaos dengan aneka desain yang berbeda, baik dengan kombinasi warna sedikit atau banyak. Bahkan, printer DTG ini memberikan kemudahan ekstra dalam penggunaannya sehingga pengguna tidak perlu kesusahan saat mengoperasikan alat ini.

Baca jugaCara Menyambungkan Printer ke Laptop dengan dan Tanpa Kabel

Kelebihan dan Kekurangan Printer DTG

Berbincang tentang printer DTG, tentu Anda perlu menyimak kelebihan dan kekurangan dari unit printer ini. Baik kelebihan dan kekurangan printer DTG bisa dijadikan pertimbangan mendasar untuk menentukan apakah Anda perlu menggunakan unit printer DTG ini atau tidak.

Adapun beberapa kelebihan dari printer DTG yang bisa dijadikan alasan untuk menggunakannya adalah:

1. Bisa Mencetak Gambar dengan Full Color

Salah satu kelebihan dari printer DTG adalah alat ini bisa diandalkan untuk mencetak sablon kaos full color dengan sangat mudah. Artinya, dengan menggunakan mesin printer DTG ini, Anda bisa mencetak desain gambar dengan beberapa warna berbeda tanpa adanya masalah dan dengan hasil yang baik serta tajam.

Dengan kelebihan ini, printer DTG bisa diandalkan untuk mencetak sablon dengan desain gambar yang terbilang rumit. Hal ini tentu tidak akan ditemukan terutama pada alat sablon manual.

Baca juga: Cara Isi Tinta Printer Canon Paling Mudah Anti Gagal

2. Waktu Pengerjaan yang Cenderung Lebih Cepat

Jika Anda mencari mesin printer dan cetak kaos yang bisa diandalkan untuk memangkas waktu pengerjaan, printer DTG adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, dalam pengerjaan cetak kaos, printer DTG bisa memberikan waktu pengerjaan hingga selesai yang lebih cepat. Secara umum, waktu yang diperlukan untuk mencetak kaos tersebut hanya sekitar 20 menit saja.

Tentu, jika dibandingkan dengan sablon manual, printer DTG jelas jauh lebih unggul. Dengan performa mesin yang gahar ini, Anda bisa menyelesaikan target pekerjaan dengan lebih cepat.

3. Hasil Cetakan yang Lebih Berkualitas

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa printer DTG akan memberikan hasil cetakan yang cenderung lebih berkualitas dan mengesankan. Dengan inovasi mesin yang dilakukan, printer DTG bisa bekerja dengan sangat baik, terutama pada kain katun.

Pasalnya, pada jenis kain tersebut, tinta printer akan meresap lebih maksimal. Artinya, hasil cetakan pun akan tergambar dengan lebih jelas dan lebih baik. Tidak hanya itu, hasil sablon yang dicetak dari printer DTG pun akan cenderung lebih tahan lama.

4. Tidak Membutuhkan Transfer Paper

Kelebihan lain dari printer DTG adalah unit printer ini tidak memerlukan transfer paper. Seperti namanya, DTG adalah printer yang langsung mencetak di permukaan kaos. Oleh karenanya, tidak diperlukan transfer paper sebagai media sehingga biaya produksi pun nantinya akan cenderung berkurang.

5. Lebih Cocok untuk Mencetak dengan Jumlah Kecil

Salah satu permasalahan dari sablon manual adalah teknik ini sangat merepotkan ketika digunakan untuk mencetak dalam jumlah yang kecil. Nah, jika Anda ingin mencetak kaos dengan jumlah yang relatif kecil, maka printer DTG adalah pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan printer ini, Anda bisa mencetak kaos satuan dengan lebih mudah. Tentu, Anda pun nantinya bisa menjalankan bisnis sablon kaos custom desain berbekal printer DTG ini.

Bisa dikatakan bahwa printer DTG merupakan unit printer yang cukup mengesankan untuk digunakan. Dengan printer ini, mencetak desain kaos akan terasa lebih mudah dengan hasil yang lebih baik.

Sayangnya, meskipun memiliki cukup banyak kelebihan, printer DTG masih memiliki beberapa kekurangan yang juga harus diperhatikan. Misalnya saja, harga sablon yang dibuat dengan printer DTG akan cenderung lebih mahal dibandingkan yang dibuat dengan sablon manual.

Selain itu, printer DTG cenderung kurang cocok untuk digunakan untuk mengerjakan proyek dalam skala besar. Artinya, saat Anda ingin membuat kaos dalam jumlah yang besar, maka printer DTG kurang support karena proses pengerjaan yang akan jauh lebih lama.

Satu lagi kekurangan dari printer DTG adalah pilihan kain yang cenderung terbatas. Ya, printer DTG ini hanya bisa digunakan untuk beberapa jenis kain saja agar hasil cetakan yang didapatkan maksimal. Katun menjadi pilihan yang tepat untuk mencetak kaos. Selain itu, printer ini kurang cocok digunakan untuk sablon pada kain kanvas dan wol.

Baca juga: Cara Mengganti Tinta Printer Universal dengan Mudah

Tips Memilih Printer DTG yang Bisa Diandalkan Untuk Kebutuhan Bisnis

Saat ini, ada cukup banyak variasi printer DTG yang tersedia di pasaran. Secara tidak langsung, adanya banyak variasi printer DTG ini akan memudahkan Anda untuk mencari printer yang tepat,

Nah, untuk memudahkan Anda mencari printer DTG berkualitas, ada beberapa tips mendasar yang perlu Anda perhatikan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Memilih Printer sesuai dengan Kapasitas Produksi

Saat hendak membeli printer DTG, Anda perlu memilih printer yang sesuai dengan kapasitas produksi. Hal ini penting karena akan menentukan seberapa banyak skala bisnis yang bisa Anda kerjakan. Jika Anda memiliki skala bisnis yang cukup besar, pilih printer DTG dengan kapasitas produksi yang tinggi pula.

2. Pilih Printer DTG sesuai dengan Bahan Kaos

Seperti yang disinggung sebelumnya, printer DTG memiliki keterbatasan pada jenis bahan kaos yang bisa digunakan. Nah, dalam hal ini, ada baiknya jika Anda memilih printer DTG yang sesuai dengan bahan kaos yang digunakan.
Memang, printer DTG sangat cocok digunakan untuk mencetak desain pada kaos berbahan katun. Namun, beberapa printer DTG cenderung kurang cocok untuk kaos berbahan polyester atau jersey.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang apa itu printer DTG yang perlu Anda ketahui. Dengan inovasi yang menarik, printer DTG bisa menjadi pilihan untuk bisnis yang Anda jalankan. Hanya saja, tentu Anda perlu selektif dalam memilih opsi printer DTG yang tersedia di pasaran. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News