Apa Itu GB WhatsApp, Fungsi dan Risikonya

  • Share
GB WhatsApp

KopiTEKNO.com – GB WhatsApp kerap disebut ketika membicarakan alternatif aplikasi percakapan paling populer yang digunakan oleh 1 miliar pengguna saat ini, yakni WhatsApp.

Banyaknya fitur yang dimiliki GB WhatsApp membuatnya jadi pilihan. Sebab fiturnya ternyata jauh lebih banyak dibandingkan WhatsAPp resminya.

Mengapa bisa demikian? Apa sih GB WhatsApp itu? Bagaimana cara download-nya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu GB WhatsApp?

GB WhatsApp merupakan sebuah aplikasi modifikasi dari WhatsApp resmi. Ia bakal terinstal ke aplikasi WhatsApp yang sudah ada. Aplikasi ini nyaris sama dengan WhatsApp biasa, namun memiliki fitur yang lebih banyak.

Aplikasi MOD ini pertama kali dibuat oleh anggota senior forum XDA yang dikenal dengan nama Has.007. Ia memanfaatkan WhatsApp Plus yang pernah dibuat secara resmi oleh WhatsApp sendiri, kemudian dihapus.

Meski tak ada di Play Store karena aplikasi ini ilegal (versi WhatsApp), namun banyak orang tetap menggunakannya karena berbagai alasan. Alasan yang paling utama adalah karena GB WhatsApp punya lebih banyak fitur.

Fitur GB WhatsApp

Anda bisa melakukan berbagai hal dengan GB WhatsApp yang tidak bisa dilakukan dengan WhatsApp biasa. Saya tuliskan daftarnya berikut ini.

  • Bisa mengirim file besar yang tidak bisa dikirim lewat WhatsAPp biasa.
  • Tampilannya bisa diubah-ubah lebih banyak.
  • Ukuran file WhatsApp bisa diperkecil agar tidak memakan memori hp.
  • Tidak membuat hp lebih lemot.
  • Bugs yang dimiliki WhatsApp justru tidak ditemukan di GB WhatsApp.
  • Bisa menyembunyikan status “sedang mengetik”.
  • Bisa mengunduh status.
  • Menjadwalkan chat.
  • Bisa melihat chat yang sudah dihapus.
  • Melakukan broadcast otomatis ke grup.
  • dan lain-lain

Risiko GB WhatsApp

GB WhatsApp merupakan sejenis aplikasi MOD. Jika Anda sudah paham aplikasi MOD itu apa, maka seharusnya Anda juga sudah memahami segala risiko yang menyertainya.

Risiko menginstal aplikasi MOD termasuk GB WhatsApp ini adalah yang pertama tidak adanya jaminan keamanan. HP Anda bakal rentan terpapar malware maupun virus. Data pribadi Anda bakal lebih mudah diakses tanpa ada yang bertanggungjawab.

Urusan pembaruan aplikasi juga jadi masalah. Sebab setiap waktu, sistem operasi seperti Android dan iOS Anda akan terus diperbarui, sehingga aplikasi yang baik akan ikut diperbarui juga oleh pengembangnya. Nah, siapa yang bertanggungjawab terhadap pembaruan GB WhatsApp?

WhatsApp sudah dibuat sedemikian rupa untuk menghargai privasi penggunanya. Ketika Anda menginstal GB WhatsApp, bisa jadi aturan privasi itu dilanggar. Sehingga Anda juga berpotensi melakukan pelanggaran privasi di internet.

Banyak risiko yang diambil ketika Anda menginstal GB WhatsApp ini alih-alih mendapatkan keuntungan dari fitur yang tersedia. Sehingga jika Anda tetap memaksa untuk mengunduh dan menginstal GB WhatsApp, silakan tanggung risiko sendiri.

Yang perlu diketahui, pengembang GB WHatsApp yang pertama kali merilisnya saat ini sudah tidak lagi mengembangkan GB WhatsApp. Sehingga aplikasi yang beredar di internet saat ini sudah diluar kuasa mereka.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *