Apa Itu FYP TikTok dan Cara Mendapatkannya

  • Share
apa itu fyp tiktok

KopiTEKNO.com – TikTok menjadi media sosial yang tumbuh dengan sangat populer. Tahun lalu saja ada 837 juta pengguna, dan diperkirakan saat ini sudah menembus 1 miliar.

Soal pendapatannya juga jangan ditanya, fantastis! Mereka mengalami peningkatan 457% dari tahun-ke-tahun. Pada 2020, TikTok membukukan pendapatan hingga $1,9 miliar atau sekitar Rp27 triliun.

Ada satu hal yang diprediksi oleh banyak orang sebagai salah satu kunci dari kesuksesan aplikasi dari China ini. Nah, tiada lain tiada bukan, kunci dibalik suksesnya TikTok adalah FYP. Apa itu FYP TikTok?

Apa Itu FYP TikTok?

For You Page atau dikenal dengan FYP merupakan halaman utama TikTok yang merekomendasikan penggunanya untuk menonton video apa. Rekomendasi ini dibuat oleh algoritma TikTok yang berdasarkan berbagai faktor.

Faktor yang mendasari rekomendasi itu adalah:

  1. Interaksi pengguna: Algoritma tadi akan mengkalkulasi video apa saja yang Anda tonton, Anda beri tanda suka, komentar, bahkan hingga jenis video yang Anda buat sendiri.
  2. Informasi dalam video: Jenis informasi dalam video ini bisa didapatkan juga dari caption, suara, maupun hashtag.
  3. Perangkat dan pengaturan akun: Faktor ini meliputi bahasa yang dipergunakan, negara tempat tinggal, dan perangkat yang digunakan.

Ketiga faktor itu akan dihitung oleh algoritma TikTok untuk menentukan video apa yang bakalan muncul di FYP pengguna. Jika ia suka dengan video-video DIY, kemungkinan FYP-nya bakal muncul video serupa.

Jika Anda sering melihat video-video goyang pargoy, TikTok juga bakal merekomendasikan video yang sama dengan beragam variasinya.

FYP ini pada akhirnya membuat pengguna kembali lagi karena video yang ada di TikTok sesuai dengan minatnya.

Lantas bagaimana cara agar video Anda muncul di FYP TikTok? Apakah harus membubuhkan hashtag #foryoupage atau #fyp? Enggak begitu.

Cara Mendapatkan FYP TikTok

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar video Anda bisa masuk rekomendasi di FYP. Dan tentu saja tidak menggunakan tanda pagar #FYP maupun #foryoupage. Itu hanyalah rumor.

Yang perlu Anda lakukan agar mendapatkan FYP adalah sebagai berikut:

1. Pergunakan hashtag dengan baik

Tanda pagar ini penting untuk mengidentifikasi jenis video yang Anda buat. Ia masuk kedalam faktor informasi dalam video yang menentukan FYP.

Pergunakan hashtag ini dengan baik. Temukan hashtag yang mendapat banyak insight namun tetap relevan dengan konten Anda. Jangan memakai #FYP atau #ForYouPage karena itu tidak relevan dan tentu saja karena itu hanya rumor.

2. Buatlah video yang pendek saja

TikTok memang membuat kreatornya bisa mengunggah video hingga 5 menit. Namun jika memungkinkan, buatlah hanya video-video yang pendek saja.

Sebabnya jelas, video pendek bakal memberikan rasa penasaran yang lebih tinggi. Singkatnya durasi ini juga yang menyebabkan seseorang bertahan di video Anda dan tak melakukan swipe.

3. Tulis caption yang memikat

Caption yang panjang dan bertele-tele tidak diperlukan. Anda hanya perlu menuliskan beberapa kata yang singkat, jelas, dan tentu saja memberikan informasi yang cukup.

Karakter pengguna TikTok nyaris mewakili mayoritas pengguna internet yang hanya melihat informasi sekilas saja. Jadi buatlah caption yang memikat dan membuat mereka menonton videonya.

4. Buat video yang bagus

Video yang bagus bukan hanya soal konten. Anda bisa melihat jutaan video yang FYP dan mendapatkan jutaan reaksi, ternyata memiliki gambar yang bening dan suara yang jernih.

Jadi, pakailah hp yang bagus yang memiliki kamera yang baik. Pakailah ring light juga untuk mendapatkan pencahayaan yang baik.

5. Unggah konten saat pengguna aktif

Sebagai kreator, Anda mesti memeprhatikan kapan waktu paling aktif dari pengikut Anda di TikTok. Selain itu Anda juga mesti tahu kapan waktu paling aktif dari pengguna TikTok secara umum.

Banyak yang bilang pengguna TikTok paling aktif di saat jam 6 pagi hingga 10 pagi, dan jam 7 malam hingga jam 11 malam. Silakan unggah video Anda di waktu-waktu tersebut.

6. Pakailah musik dan suara yang sedang trending saat itu

Pengguna TikTok ternyata memiliki kebiasaan untuk melihat trending dari musik maupun suara yang dipakai. Kalau mereka sering mendengar suara A, misalnya, maka mereka juga bakal mengklik tombol musik untuk menuju ke halaman musik yang trending tersebut.

Dari situlah bakal terlihat sejumlah video yang menggunakan suara maupun musik yang sama. Dan Anda yang memakai musik yang sedang trending, memiliki kemungkinan terkena gelombang trending itu dan masuk FYP.

Demikianlah artikel tentang apa itu FYP TikTok dan cara mendapatkannya. Selamat mencoba.

Ikuti selalu informasi dari Kopitekno.com di Google News.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *