Apa Itu APK dan Bagaimana Cara Menginstalnya di Ponsel Anda

0
apa itu APK

Pengguna Android pasti pernah melihat atau setidaknya pernah mendengar file APK. Tiga huruf ini penting dalam penggunaan Android. Anda mesti memahami pengertian dan penggunaan istilah ini. Lalu sebenarnya apa itu APK?

Apa itu APK?

APK merupakan singkatan dari Android Package Kit. APK adalah format paket file yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk distribusi dan pemasangan aplikasi seluler. Kalau di sistem operasi Windows dikenal juga istilah file .exe ketika menginstal software.

Pengguna Android secara umum mungkin tidak pernah melihat file APK secara langsung. Sebab mayoritas instalasi dilakukan melalui Google Play Store.

Beda halnya kalau Anda membutuhkan aplikasi yang tidak ada didalam Play Store, misalnya aplikasi Google Cam MOD. Anda mesti mengunjungi situs pihak ketiga dan mengunduh file APK disana. Kemudian file tersebut dipasang di ponsel Android Anda.

Alasan Menginstal File APK

Kalau semuanya sudah tersedia di Play Store, memang tak perlu menginstal APK dari sumber lain. Sebab selain merepotkan, juga menambah risiko ponsel Anda disusupi malware jahat.

Adakalanya Play Store tidak menyediakan file yang dimaksud, sehingga Anda mesti kreatif dalam mencari penggantinya. Tapi ada juga aplikasi yang di Play Store ada, tapi Anda mesti mengunduhnya dari situs lain. Hal ini biasanya terjadi ketika aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda dan belum diunggah di Play Store. Ya katakanlah masih dalam program beta.

Program beta ini memberikan pengguna fitur-fitur baru yang belum dirilis secara resmi. Jadi Anda bisa mencicipinya terlebih dahulu dibanding orang lain. Nah, sebagian pengembang merilisnya lewat situs lain diluar Play Store.

Alasan terakhir adalah ketika ponsel Anda tidak memiliki Play Store, seperti ponsel Huawei terbaru dan ponsel-ponsel black market asal China. Para pemilik ponsel-ponsel ini tentu wajib menginstal APK di internet secara bebas kalau mau menikmati aplikasi yang diinginkan.

Seperti disinggung sebelumnya, mengunduh aplikasi dari pihak ketiga ini penuh risiko. Di Play Store yang sudah disaring dengan anti-virus saja banyak aplikasi yang berbahaya, apalagi diluar Play Store. Jadi Anda perlu benar-benar meneliti APK yang bakal diunduh sebelum ponsel Android kesayangan Anda terpapar malware yang merusak.

apa itu file apk

Cara menginstal APK di Android

  1. Anda dapat menginstal file APK dari browser di ponsel atau tablet Android.
  2. Buka browser tersebut, lalu cari file APK yang ingin Anda unduh melalui alamatnya langsung maupun melalui Google Search.
  3. Setelah diunduh, buka folder Unduhan, klik file APK tersebut, dan tekan Ya ketika diminta. Jika Anda diminta mengatur permission request, silakan atur terlebih dahulu.
  4. Aplikasi akan mulai menginstal di ponsel Anda. Selesai.

Cara menginstal file APK dari komputer

  1. Anda bisa mencari terlebih dahulu file APK yang dimaksud melalui browser di laptop atau komputer Anda.
  2. Simpan file hasil unduhan tersebut di USB flash atau kartu memori.
  3. Masukkan kartu memori atau USB flash ke ponsel Anda, kemudian temukan file APK yang dimaksud.
  4. Instal seperti biasa. Jika meminta permission request silakan atur di pengaturan. Selesai.

Ada banyak sumber file APK di seluruh web, tetapi pastikan untuk memilih situs yang Anda percayai. Beberapa file APK, sekali lagi, sangat mungkin berisi perangkat lunak jahat atau malware yang dapat membahayakan keamanan ponsel Anda. Berhati-hatilah.

Untunglah ada beberapa pihak yang peduli akan hal ini. Mereka mengumpulkan file APK dari ribuan aplikasi di dalam situs mereka. File tersebut bisa diunduh dan memiliki risiko yang rendah untuk terpapar dari malware.

Saya terbiasa mencari unduhan file APK di APK Mirror. Anda bisa mengakses situsnya di situs tersebut. Situs ini jarang dilaporkan memiliki masalah dengan file APK mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here