Inilah 10 Fitur Terbaru Android 11, dari Faktor Kemanan Sampai 5G

0
android-11

Rasanya belum lama ini Google merilis Android 10 sebagai versi tertinggi sistem operasi ponsel mereka. Sekarang dunia perponselan kembali ramai, karena raksasa Palo Alto itu merilis developer preview dari Android 11.

Android 11 Developer Preview

Secara resmi Android 11 baru mengudara beberapa bulan lagi. Tepatnya pada bulan Mei pada acara Google I/O 2020. Oleh karena itu, sekarang baru dirilis versi developer preview. Ya, versi pratinjau bagi para pengembang.

Versi ini tidak dirilis secara umum. Namun seperti biasa beberapa ponsel Google seperti Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, dan Pixel 4 XL mendapatkan pembaruannya.

Buat Anda yang memakai emulator Android Studio serta Project Treble juga bisa mendapatkan versi pratinjau yang pertama ini. Untuk mendapatkannya, silakan kunjungi saja laman Google Android.

android 11

Fitur Terbaru Android 11

Ada beberapa fitur terbaru yang tidak ditemukan pada Android 10. Mungkin sebagiannya hanya gimmick dan perbaikan tampilan, namun ada beberapa diantaranya yang substansial.

Android 11 versi pratinjau pengembang ini paling tidak memiliki 10 fitur baru yang menarik. Dari mulai mematikan getaran ponsel saat kamera menyala hingga kesiapan jaringan 5G.

Inilah fitur-fitur terbaru dari Android 11 tersebut:

1. Chat bubble pada aplikasi perpesanan

Buat yang familiar dengan Facebook Messenger dan lainnya, mungkin fitur ini tak begitu asing.

Chat bubble berarti gelembung percakapan. Maksudnya pada versi terbaru ini, aplikasi tersebut tidak cuma memunculkan gelembung notifikasi saja, namun percakapannya pun mengambang diatas aplikasi yang lain.

Anda tak perlu menutup aplikasi lain dan membuka aplikasi perpesanan. Namun aplikasi bawaan Android yang menggunakan SMS operator ini bakal menginterupsi aplikasi yang sedang berjalan.

2. Percakapan paling sering bakal muncul di notifikasi

Apapun aplikasi percakapannya, Android 11 rupanya memberikan perhatian agar Anda tetap terhubung dengan orang-orang yang sering dikontak.

Kontak WhatsApp yang sering terhubung, alamat email yang sering mengirim dan dibalas pesannya, dan apapun saja aplikasi pesannya akan terus dimunculkan di notifikasi.

Buat yang merasa risih, kabar baiknya fitur ini bisa diatur agar notifikasinya bisa dikurangi bahkan dihilangkan.

3. Berkirim gambar langsung dari notifikasi

Fitur ini memang tidak berjalan buat seluruh aplikasi percakapan. Namun kalau aplikasi percakapannya mendukung buat mengirim gambar, fitur ini sangat berguna.

Anda bisa mengirim gambar secara langsung dengan memasukkannya ke kolom pengiriman di aplikasi itu. Meskipun Anda tidak membuka aplikasi tersebut, Android 11 membuat pengiriman tersebut langsung di notifikasi.

Copy-paste gambar juga bisa dilakukan di notifikasi tersebut. Cuma ya sama saja, aplikasinya harus bisa mendukung pengiriman gambar lewat paste di kolomnya.

4. Izin aplikasi yang hanya bisa sekali

Google sedang bersih-bersih aplikasi di Play Store yang meminta izin perangkat terlalu banyak dan mencurigakan.

Sejalan dengan hal tersebut, pada Android 11 pun sudah dibuat agar aplikasi yang meminta banyak izin hanya bisa diberi izin sekali saja.

Untuk menggunakan aplikasi yang sama, maka izin itu akan diberikan kembali. Hal ini memang sedikit merepotkan, namun daripada aplikasi tersebut melanggar provasi, lebih baik izinnya hanya diberi sekali.

5. Mematikan getaran saat menggunakan kamera

Pernahkah Anda mendengar bunyi aneh yang memutus suara pada rekaman video? Jika pernah, itu merupakan notifikasi getar yang tetap muncul meskipun kamera sedang beroperasi.

Pada Android 11, hal itu tidak akan terjadi. Anda akan diberikan pilihan untuk mematikan segala macam notifikasi ketika menggunakan kamera terutama untuk merekam.

6. Menyimpan SIM digital, tapi…

Seperti halnya kartu kredit dan lain-lain yang bisa disimpan secara digital, kartu SIM pun sama. Lisensi untuk mengemudi ini akan bisa disimpan secara digital.

Meski begitu, tidak mudah buat menyimpan data sensitif ini di ponsel. Sebab selain izin pemerintah yang masih lampu merah, belum semua sistem lalu-lintas mendukung penyimpanan semacam ini.

7. Peningkatan mekanisme scoped storage

Setiap aplikasi memiliki aksesnya masing-masing pada folder di sistem operasi. Hal ini untuk mencegah munculnya malware maupun aplikasi jahat yang mengakses data tanpa izin.

Hal tersebut dalam Android 10 sudah berjalan dan disebut scoped storage. Pada Android 11, mekanisme tersebut lbih diperbaiki sehingga keamanannya meningkat.

8. Tingkat otentikasi biometrik meningkat

API Android menggunakan BiometricPrompt untuk menjalankan pemindai sidik jari dan sensor muka.

Pada Android 11, pemindaian biometrik tersebut lebih ditingkatkan lagi dengan tiga tingkat kesukaran: kuat, lemah, dan device credential.

9. Lebih mendukung tampilan poni

Saat ini banyak ponsel yang memiliki poni di bagian layarnya. Entah poni biasa yang mendatar, tompel, hingga poni gaya lubang. Semuanya ditujukan agar bisa menempatkan kamera depan namun tidak mengurangi lebar layar.

Google memahami itu, sehingga membuat Android 11 lebih memahami desain layar tersebut. Tampilan UI bakal beradaptasi dengan keberadaan poni itu dengan lebih baik dari sebelumnya.

10. Kesiapan jaringan 5G

Secara global jaringan 5G mulai tersebar. Banyak tempat di negara maju menerapkan jaringan yang jauh lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Untuk itulah sejak Android 10, Google telah mengadaptasikan sistem oeprasi ini agar bisa menerima jaringan 5G.

Pada Android 11, adaptasi itu diperbaiki. Ada yang disebut Dynamic Meterdness API untuk melakukan pengecekan jaringan 5G di lokasi. Kalau jaringannya bagus, ponsel bakal bisa memutar video atau apapun yang memanfaatkan koneksi yang super cepat itu.

Demikianlah 10 fitur terbaru Android 11. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here