Google secara resmi mengumumkan versi selanjutnya penerus Android Pie alias Android 9. Android versi ke-10 ini memang telah terpasang secara beta pada cukup banyak smartphone, namun Google belum memberinya nama. Kali ini nama untuk Android Q alias Android 10 itu sudah disematkan secara resmi oleh Google.

Android

Seperti biasa, setiap nama Android selalu diwakili oleh nama panganan penutup alias dessert yang berupa makanan manis. Mulai dari cupcake, donut, eclair, hingga terakhir pie. Makanya publik dibuat penasaran, makanan berhuruf Q apakah yang bakal mewakili Android versi 10 ini.

Pada Android Q kali ini, ternyata tidak ada nama makanan yang mewakilinya. Bahkan nama resminya bukanlah Android Q, tetapi Android 10. Ya, cukup Android 10. Sehingga kedepan sudah tidak akan ada lagi nama makanan yang mewakili Android. Android versi selanjutnya akan diberi nama Android 11, Android 12, dan seterusnya.

Saat ditanya media, VP of Product Management for Android, Sameer Samat, sebagaimana dikutip dari The Verge, menjelaskan kalau pemilihan nama tersebut agar Android lebih mengglobal. Sebab pemilihan beberapa nama makanan tersebut merupakan khas beberapa negara saja yang tidak mencakup seluruh negara yang bisa jadi lebih banyak memakai Android.

“Kami punya stok nama yang cukup banyak untuk nama-nama Android selanjutnya, akan tetapi hal itu tidak inklusif. Sebab Android merupakan brand global, yang dipergunakan oleh lebih banyak orang India dan Brazil dibandingkan Amerika sendiri,” ungkap Samat.

Ia pun mengungkapkan penggunaan istilah ‘pie’ pada Android Pie bukan selalu merupakan makanan manis pada beberapa negara, juga ‘lollipop’ yang sukar dilafalkan pada beberapa negara. Contoh lain dari Samat juga menyinggung soal kata ‘marshmallow’ yang tidak memiliki makna apapun pada beberapa negara. Sehingga pemilihan nomor sudah mewakili sifat universal dari Android sebagai brand global.

Android 10

Selain keputusan pengubahan gaya penamaan, Android juga mengubah logonya mulai Android 10 ini. Pada logo Android tetap tersemat robot hijau yang menandakan Android tetap manusiawi, gembira, dan ramah. Namun tulisan ‘android’ diubah menjadi berwarna hitam dari semula warnanya hijau.

Karena Android tidak lagi memakai nama makanan, maka tidak akan ada lagi logo makanan yang mewakilinya. Kedepan logo Android tampil lebih sederhana dengan hanya menampakkan tulisan Android berwarna hitam dengan diikuti oleh nomor versi yang berwarna sama.

Berikut video teaser dari Android terkait perubahan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here