fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaTips9 Alasan Gagal Update Aplikasi di Google Play

9 Alasan Gagal Update Aplikasi di Google Play

Kopitekno.com – Melakukan pembaruan alias update aplikasi di Google Play merupakan sebuah jalan untuk menjaga hp dari malware dan ancaman keamanan lainnya. Update juga memberikan jalan bagi pengembang untuk menambahkan fitur baru di aplikasi yang sudah terinstal di hp kamu.

Sayangnya tak semua update aplikasi di hp berjalan mulus. Ada saja kendalanya ketika melakukan pembaruan di Google Play ini. Indikasinya macam-macam, ada yang tombol β€œupdate” tidak berfungsi, proses update selalu gagal, dan lainnya.

- Advertisement -

Ada banyak alasan mengapa hal ini terjadi. Inilah beberapa diantaranya:

Koneksi Internet Bermasalah

Koneksi internet bermasalah tentu bermacam-macam. Ada yang memang terputus dari layanan penyedianya. Ada juga yang cuma kurang kuat saja koneksi Wi-Fi-nya. Bahkan mungkin saja masalah itu terjadi dari hp kamu sendiri.

Agar jaringan di hp kamu optimal, coba terlebih dahulu untuk mengeceknya. Silakan lihat di pengaturan Google Play. Caranya silakan buka Google Play dan klik ikon akun di sudut kanan atas. Kemudian buka Setelan > Preferensi jaringan > Update otomatis Aplikasi > Melalui jaringan apa pun.

Dengan mengaktifkan Melalui jaringan apa pun atau Over any network, kamu harus menyiapkan dan memastikan juga paket data selalu penuh. Sebab ketika Wi-Fi yang kamu andalkan koneksinya tidak bagus, paket data internet dari penyedia layanan seluler akan mengambil alih secara otomatis.

Salah Pengaturan Tanggal dan Waktu

- Advertisement -

Kalau masalahnya ini sebetulnya jangankan masuk ke Google Play, bahkan seluruh ekosistem Google di Android kamu tak akan berjalan optimal. Jadi boro-boro bisa melakukan update aplikasi.

Untuk itu silakan pastikan terlebih dahulu tanggal dan waktu di hp kamu diatur dengan benar. Silakan masuk ke pengaturan hp Android kamu. Masuk ke Setelan tambahan > Tanggal & waktu > hidupkan Gunakan waktu yang disediakan jaringan.

Banyak Cache yang Belum Dibersihkan

Cache memang memudahkan aplikasi dan sistem operasi secara umum untuk mengoperasikan hp. Sebab ketika masih ada cache, sistem operasi bisa langsung mengambil cache lama untuk menjalankan aplikasi.

Sayangnya tak semua cache kita perlukan. Bahkan untuk melakukan hal yang baru dengan aplikasi, kita tak memerlukan cache sama sekali. Jadi cache selalu dianggap sampah. Untuk itu bersihkan cache secara rutin.

Untuk membersihkan cache caranya masuk ke Setelan > Aplikasi > Kelola Aplikasi. Dari sini membersihkan cache bisa berbeda-beda setiap tipe hp, dan mesti manual satu persatu. Untunglah banyak yang sudah menyediakan aplikasi untuk membersihkan cache. Silakan dipergunakan.

Update Google Play Store yang Bermasalah

Kadang-kadang masalahnya justru ada pada update Google Play Store itu sendiri. Sebab untuk menghapusnya dari sistem dan memasangnya lagi tentu tak bisa, karena aplikasi ini bloatware langsung dari Android.

Ya, kamu hanya bisa menghilangkan update yang sudah dilakukan dan memakai versi lama dari Google Play. Cara ini mungkin tak selalu berhasil mengatasi gagal update aplikasi kamu, namun tak ada salahnya dicoba.

Silakan buka pengaturan hp kamu, kemudian kunjungi Aplikasi > Daftar Aplikasi > Google Play Store > Uninstal pembaruan.

Memori Hp Penuh

Pastikan juga sebelum melakukan update aplikasi, memori hp kamu muat untuk menampung tambahan kapasitas yang menyertainya. Kalau memori tidak muat, maka aplikasi akan menolak untuk melakukan pembaruan.

Untuk melihat apakah memori kamu muat dan bisa dilakukan update, silakan liat ke pengaturan hp kamu, kemudian ke Pengaturan tambahan, dan cek ke Penyimpanan.

Jika memang penuh, silakan lakukan penyesuaian. Hapus file dan aplikasi lain yang tidak terpakai. Kemudian coba diulangi lagi proses update aplikasinya. Jika masih belum bisa mungkin saja ada masalah lain yang terjadi.

Masalah pada Akun Google Play

Masalah ini mungkin terlihat sepele. Namun melakukan logout dan login kembali pada Google Play ternyata bisa juga menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah gagal update aplikasi.

Silakan masuk ke pengaturan hp, kemudian menu Akun > Google > buka Akun Google yang ada > pilih akun Google lain, atau jika belum silakan tambahkan > hapus Google yang lama > retsart hp > masukkan kembali akun Google yang sudah dihapus. Silakan coba update aplikasi kembali.

Penghemat Baterai Masih Aktif

Tahukah kamu bagaimana sebuah fitur penghemat baterai bekerja? Ia mematikan berbagai mekanisme otomatis yang berpotensi membuat baterai boros, termasuk update aplikasi otomatis.

Untuk mematikan penghemat baterai ini, silakan masuk ke pengaturan hp, kemudian ke pengaturan baterai, dan cari Power saving mode atau mode penghemat baterai atau nama lainnya. Silakan matikan fitur tersebut.

Untuk Android sekarang, ada fitur menjalankan aktivitas di latar belakang. Namun dengan pengaturan baterai yang lebih hemat, kadang-kadang fitur ini juga dimatikan. Untuk itu silakan hidupkan Allow background activity atau nama lainnya.

Android Masih Versi Lama

Setiap ketinggalan versi, Android lama biasanya kerap meninggalkan masalah di hp. Termasuk salah satunya hambatan dalam proses update aplikasi ini. Untuk itu silakan lakukan update Android agar mendapat versi terbaru.

Untuk melakukannya, silakan masuk ke pengaturan hp > Software update dan cek terlebih dahulu apakah sudah tersedia update yang disediakan oleh pabrikan. Jika sudah ada biasanya secara otomatis bisa langsung diunduh dan diinstal. Tapi pastikan ada cukup memori untuk memuatnya.

Terlalu Banyak Masalah, Waktunya Pengaturan Pabrik

Jika masalah diatas tidak bisa diselesaikan, mungkin hp kamu memerlukan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Cara ini bakal menghapus semua pengaturan dan memori yang ada di hp kamu. Sehingga bakal balik lagi seperti pengaturan dari pabrik.

Yang perlu diingat adalah, sebelum melakukannya pindahlah berbagai data penting dari hp kamu. Jika sudah yakin tak ada hal penting lain yang perlu dimitigasi, silakan lakukan factory reset.

Itulah sembilan alasan mengapa kamu gagal melakukan update aplikasi di Google Play. Jika kamu menemukan cara yang lain, silakan kemukakan saja di kolom komentar.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini