fbpx
Minggu, Oktober 17, 2021

Air Fryer: Cara Kerja, Penggunaan, dan Harga

Setahun belakangan ini air fryer menempati daftar barang incaran ibu-ibu di rumah. Pasalnya dengan beragam promosi, alat masak yang satu ini diklaim mampu menggoreng tanpa membutuhkan banyak minyak.

Sudah lazim diketahui bahwa menggoreng memang membutuhkan minyak. Proses memasak ini memang menghasilkan makanan yang lezat, enak, dan tentu saja gurih. Namun bahaya kesehatan yang mengintai dibalik makanan gorengan juga tak sedikit.

Untuk itulah air fryer menjadi solusi bagi orang yang suka makanan gorengan, namun tidak menghendaki bahaya yang dibawa oleh gorengan tadi. Tapi sudahkah kita mengenal air fryer?

Air fryer, Menggoreng dengan Udara

Air fryer adalah alat dapur yang menggunakan listrik, yang pada dasarnya menggunakan metode pemanasan makanan yang persis dipergunakan oleh oven. Namun bedanya, pada air fryer makanan ini betul-betul digoreng, sementara pada oven makanan itu dipanggang.

Pemanasan makanan pada air fryer memanfaatkan reaksi kimia yang dikenal dengan efek Maillard. Efek ini melibatkan asam amino dan gula yang dipanaskan sehingga menyebabkan perubahan warna, tekstur, dan rasa makanan.

Meski metodenya persis dengan oven, namun air fryer memproses makanan dengan caranya sendiri. Pengguna tinggal menambahkan minyak sedikit atau bahkan tanpa minyak sama sekali. Metode ini telah dipatenkan Philips Electronics, sehingga mereka mendapatkan bayaran setiap produksi air fryer.

Air fryer populer pada akhir 2019 dan mulai viral hingga pertengahan 2020. Bahkan menurut berbagai riset pasar, sekitar 40% rumah di Amerika Serikat sudah memiliki alat dapur elektrik yang satu ini.

Cara kerja air fryer

Makanan yang digoreng akan direndam dan dipanasi oleh minyak secara terus-menerus hingga matang. Proses sirkulasi panas dalam proses menggoreng ini ditiru oleh air fryer.

Ketika seseorang memasukkan makanan ke air fryer, maka wadah didalamnya akan memberikan panas dari atas dan dari bawah. Panas ini akan memutar ke makanan tersebut hingga membuatnya berubah tekstur, aroma, dan rasa, atau yang sering kita sebut dengan matang.

Secara teknis, beginilah cara menggoreng makanan di air fryer:

Tempatkan makanan di wadah air fryer yang tersedia

Wadah ini sangat relatif tergantung dari air fryer yang kamu beli. Ada yang besar, dan tentu saja ada pula yang minimalis.

Pada saat menaruh makanan ini bubuhi juga dengan minyak goreng satu atau dua sendok makan.

Atur waktu dan suhu

Waktu dalam memasak menggunakan air fryer biasanya berkisar antara 5 hingga 25 menit dengan suhu 170° sampai 200°. Silakan sesuaikan dengan bahan makanan yang hendak digoreng.

Tunggu hingga matang

Pada beberapa kasus, kamu mungkin perlu membalik makanan saat digoreng. Hal ini dilakukan agar makanan tersebut matang sempurna dengan hasil yang renyah dan gurih. Jika sudah matang, silakan diangkat. Jangan lupa pula bersihkan dengan teratur.

Makanan yang bisa digoreng di air fryer

Secara teknis, makanan apa saja yang bisa digoreng dalam rendaman minyak panas, maka makanan tersebut bisa juga digoreng dengan air fryer. Namun karena konsepnya persis dengan oven, kamu juga bisa memanggang kue kering dengan air fryer.

Ya, semua bahan makanan seperti makanan beku, ikan, daging, sayur, ayam, sayuran, dan beberapa adonan kue kering. Buat yang berlangganan channel Air Fryer Guy, alat dapur ini kelihatannya bisa melakukan banyak hal.

Polemik kesehatan seputar air fryer

Popularitas air fryer terjadi karena alat ini mampu menggantikan fungsi wajan dengan minyaknya untuk menggoreng makanan. Satu kali masak dengan wajan, dibutuhkan minyak 50 kali lebih banyak daripada menggunakan air fryer.

Penggunaan minyak yang sedikit ini, bahkan bisa tanpa minyak sama sekali, tentu saja menjadi keunggulan dari air fryer. Sebab diklaim menghasilkan makanan yang lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng dengan cara biasa.

Pada proses menggoreng, minyak yang berlimpah dapat memicu munculnya senyawa akrilamida. Senyawa ini bisa memicu kanker ginjal, endometrium, dan ovarium. Selain itu kandungan kalori dan lemaknya juga tinggi.

Namun para ahli memperingatkan kalau penggunaan air fryer juga memiliki potensi yang sama. Karena suhu tinggi yang dipicu oleh alat ini juga mampu memunculkan risiko munculnya senyawa karsinogenik. Untungnya risikonya lebih rendah dibandingkan penggunaan minyak panas.

Harga air fryer

Di pasaran saat ini sudah tersedia berbagai macam dan jenis air fryer dari berbagai produsen. Yang perlu diperhatikan, rata-rata air fryer memiliki kebutuhan tegangan listri sebesar 1.000 Watt, bahkan banyak yang lebih besar dari itu.

Harga air fryer cukup bervariasi. Harga ini tergantung dari merek, ukuran, fitur, dan listrik yang diperlukan.

Jika kamu melirik air fryer dari Philips, maka siapkan biaya mulai dari Rp1.800.000 hingga Rp3.000.000. Ada juga air fryer dari Xiaomi yang dibanderol mulai dari Rp800.000 hingga Rp2.000.000.

Buat ibu-ibu yang fanatik dengan produk dari Oxone, pabrikan ini juga membuat air fryer. Harganya mulai dari Rp1.100.000 hingga Rp3.500.000.

Dan masih banyak lagi air fryer dari beragam pabrikan elektronik. Kamu bisa mengeceknya di marketplace kesayangan atau toko elektronik terdekat di kotamu. Mari kita coba, eh selamat mencoba.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini