Action Blocks: Cara Cepat Membuat Tombol Custom di Android

0
action blocks

Saat era Android yang semakin canggih, ada sekelompok orang yang masih terkendala menggunakannya. Mereka bisa jadi adalah nenek, ibu, maupun teman yang secara fisik tak seberuntung Anda. Itulah mengapa sebagai pembuat Android, Google pun membuat Action Blocks.

Action Blocks saat ini memang belum populer. Banyak yang belum memakainya karena sebagian besar memiliki rutinitas yang tak perlu bantuan aplikasi. Saat memerlukan sesuatu di ponsel, sebagian besar orang rela menggulirkan beberapa tombol untuk menuju ke menu yang dituju.

Semua orang rela menghabiskan beberapa detik buat kenikmatan scrolling menu-menu di ponsel untuk menuju ke perintah yang dituju. Makanya kalau ada yang mau secara rutin langsung menuju ke menu yang dituju, maka silakan pasang Action Blocks di ponsel Anda.

Apa itu Action Blocks?

Action Blocks adalah aplikasi yang dibuat oleh Google untuk membuat jalan pintas bagi tombol yang sering dipergunakan. Aplikasi ini memakai jalur yang biasa dibuat oleh Google Assistant. Jadi buat yang memiliki rutinitas menggunakan tombol tertentu, maka aplikasi ini jawabannya.

Aplikasi ini boleh dibilang merupakan jawaban Google atas Siri Shortcuts dari Apple atau Alexa Routines dari Amazon. Sehingga Google pun memiliki aplikasi yang sama-sama mampu membuat tombol rutin dengan memanfaatkan aplikasi kecerdasan buatan Google Assistant.

Jadi pada dasarnya apapun perintah yang bisa Anda buat melaui Google Assistant, maka perintah itu bisa dijadikan tombol di Action Blocks. Sehingga tombol tersebut bisa menjadi widget di layar ponsel Anda tanpa perlu repot-repot memanggilnya lewat Assistant apalagi menelusurinya lewat menu.

Ya, Action Blocks adalah aplikasi pembuat tombol custom yang cukup sederhana sekaligus menarik.

Cara Menggunakan Action Blocks

action blocks

Untuk menggunakan Action Blocks, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh dan instal aplikasi Action Blocks dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasinya di ponsel Anda.
  3. Ketuk tombol Create Action Blocks berwarna biru di bagian bawah layar.
  4. Pilih salah satu Common Actions seperti melakukan panggilan dan seterusnya yang ada dalam daftar, atau ketuk Create custom action atau More actions untuk tombol yang lebih banyak.

Sebagai uji coba, saya pengin agar saya memiliki tombol rutin untuk mendengarkan Didi Kempot di YouTube. Maka beginilah yang saya lakukan.

  1. Ketuk pada Play Music atau Play video juga bisa karena saya ingin membuka YouTube.
  2. Ketik Play Didi Kempot on YouTube di baris aksi.
  3. Kalau Anda merasa terganggu dengan pilihan suara embak-embak yang mengulang perintah, maka Anda bisa menghilangkan centang di Always speak action out loud. Jika tidak masalah, biarkan saja centang tersebut.
  4. Ketuk pada Test action untuk memastikan tombol rutin yang baru Anda berfungsi normal.
  5. Ketuk Ya jika tes berfungsi sebagaimana yang dimaksud.
  6. Ketuk Next.
  7. Pilih Gambar untuk mewakili Action Blocks Anda di layar beranda. Anda dapat mengubah gambar default dengan mengetuk ikon pensil di kanan atas blok gambar.
  8. Masukkan nama untuk Action Blocks untuk ditampilkan di layar beranda.
  9. Ketuk Save Action Blocks.
  10. Saat diminta untuk menambahkan Action Blocks ke layar beranda, ketuk Next.
  11. Tekan dan tahan untuk menempatkan Action Blocks di layar beranda, atau ketuk menu edit untuk menuju menu Place on home screen.

Hasil akhir dari Action Blocks ini adalah widget, bukan tombol aplikasi biasa. Namun apabila diperlukan, tombol widget ini bisa diperkecil hingga seukuran icon aplikasi.

Bagaimana, mudah bukan membuat Action Blocks? Buat Anda yang malas mencari menu-menu tertentu, silakan manfaatkan aplikasi dari Google ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here