9 Aplikasi Keren untuk HP Android yang Sudah di Root

Bagi yang sering ngotak – ngatik HP terutama Android mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata “root”. Kata “root” itu mempunyai makna superuser atau pengguna super yang berlaku sebagai administrator dalam sistem operasi berbasis android.

Bagi kamu yang sudah melakukan root pada Android atau Smartphone pastinya akan mempunyai kendali atau memegang hak akses tertinggi sehingga bisa bertindak sebagai developer pada Androidmu sendiri. Dengan demikian, kamu bisa mengatur atau memodifikasi sistem yang ada pada Android tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Laptop Windows 8 Terbaru dan Terbaik

Ada beberapa alasan dan keuntungan seorang user Android melakukan root di antaranya adalah:

  • Menghapus aplikasi bawaan yang terkadang dirasa tidak terlalu dibutuhkan.
  • Meningkatkan kinerja CPU.
  • Meluaskan memori Android.
  • Back-up dan restore firmware.
  • Memodifikasi dan memasang ROM Custom sesuai yang diinginkan.
  • Ingin menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses root.

Namun alasan yang paling umum seseorang melakukan modifikasi HP dengan cara root pada sistem androidnya karena ingin menjalankan aplikasi yang menurutnya mempunyai keunggulan yang lebih dibandingkan dengan aplikasi bawaan Android tersebut, salah satunya contohnya adalah menginstall aplikasi Google Cam untuk meningkatkan performa kamera HP.

9 Aplikasi Keren untuk HP Android yang Sudah di Root

Selain Google Cam, masih banyak lagi aplikasi yang membutuhkan root pada sistem Android agar kamu bisa menjalankannya. Apa saja sih? Yuk simak artikel tentang aplikasi yang membutuhkan root berikut ini!

Jika kamu sudah melakukan root pada sistem android, setidaknya ada 9 aplikasi khusus HP Android yang sudah root yang wajib kamu coba.

Baca Juga: 14 Daftar Aplikasi Kamera Terbaik iPhone, Download di Sini!

Google Pixel Camera

Camera Google Pixel merupakan aplikasi bawaan dari Smartphone keluaran Google, yaitu Google Pixel. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang membutuhkan root pada sistem terlebih dahulu. Berdasarkan pengalaman dari beberapa pengguna android, Google Pixel mempunyai kamera yang sangat canggih dan menghasilkan poto yang sangat tajam seperti fitur Astrofotografi, Night Sight, Potrait Mode, perekaman video dengan resolusi tinggi dan daya dukung teknologi kecerdasan buatan.

Hal tersebut menarik perhatian para pengguna android lain untuk bisa memasang aplikasi tersebut di devicenya. Bagi yang bukan pengguna Device Google, tentunya aplikasi Gcam ini membutuhkan root sistem agar bisa terpasang di device yang digunakan dikarenakan Gcam ini sebenarnya hanya tersedia secara resmi untuk HP Google Pixel.

Titanium Back Up

Aplikasi root yang wajib kamu punya setelah melakukan root sistem yaitu Titanium Back Up. Aplikasi yang membutuhkan root sistem untuk pemasangannya ini ternyata sangat populer di kalangan pengguna HP android. Aplikasi ini berguna untuk mem-backup data – data yang ada di HP kamu bahkan bisa untuk restore ROM seperti UI System dan Framework.

Aplikasi ini memungkin kamu dapat melakukan backup secara berkala dan otomatis. Aplikasi Titanium Back up ini tersedia secara gratis. Akan tetapi, jika kamu ingin memasang banyak aplikasi secara langsung harus menggunakan fitur – fitur premium. Salah satu contoh fitur premium yang akan kamu dapatkan jika membuka atau membeli versi PRO atau berbayar adalah kamu bisa mengirimkan data HP kamu ke layanan online seperti Google Drive atau Drop Box.

XPosed Framework

Aplikasi khusus HP yang membutuhkan root ini sangat cocok sekali bagi kamu yang suka bermain game. Aplikasi ini digunakan untuk meningkatkan performa HP Android kamu dengan cara memodifikasi sistem android itu sendiri.

Secara sederhana, Xposed itu sendiri membantu kamu untuk memasuki jalan pintas menuju sistem android yang kamu miliki sedangkan Module Xposed membantu kamu untuk memodifikasi dan mengubah sistem android yang kamu miliki.

Baca Juga: Hebat! 15 Aplikasi Android Tercanggih Setelah Di Root

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah:

  • Bisa mengubah tampilan tema android.
  • Bisa menghilangkan iklan – iklan yang sering bermunculan di HP android, khususnya iklan yang ada di Youtube.
  • Bisa memasang XMIUI.
  • Nge-cheat game atau memasang cheat dalam game yang dimainkan.

Busy Box

Bagi yang sering memodifikasi HP android pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini adalah aplikasi yang membutuhkan root pada sistem HP android kamu sebelum digunakan. Salah satu fungsi aplikasi ini untuk mengganti MAC Address pada HP Android kamu. Selain itu fungsi lain dari aplikasi setelah root pada sistem android ini adalah:

  • Menggabungkan beberapa utilitas menjadi executable tunggal dengan cara kompresi.
  • Memberikan beberapa perintah tambahan pada sistem operasi android.
  • Memberikan akses ke aplikasi yang membutuhkan root sistem.

Inti dari kegunaan Busy Box itu sendiri adalah memungkinkan kamu bisa memodifikasi perangkat android dengan menggunakan perintah Linux karena Android itu sendiri berbasis sistem operasi Linux. Sebenarnya aplikasi ini bisa dipasang tanpa root sistem. Akan tetapi, untuk menggunakan fitur secara kesuluran pada aplikasi ini kamu tetap harus melakukan root pada HP android yang kamu gunakan.

Flashify

Aplikasi yang membutuhkan root pada sistem sebelum penggunaannya ini bisa kamu download di Google Playstore dan tersedia secara gratis. Kegunaan dari aplikasi ini yaitu bisa mem-flashing berkas recovery.img, boot.img, dan mod dalam bentuk zip secara langsung ke HP Android yang kamu gunakan tanpa diperluka bantuan PC atau Komputer.

Kebanyakan pengguna HP Android melakukan proses flashing menggunakan aplikasi ini daripada menggunakan TWRP dikarenakan keamanan Flashify diklaim lebih aman.

Root Explorer

Aplikasi yang membutuhkan root pada sistem android sebelum bisa digunakan ini berguna untuk mengakses dan mengelola file – file yang ada di HP Android kamu termasuk file sistem yang biasanya secara default tersembunyi. Untuk menggunakan aplikasi ini tentunya kamu harus melakukan root sistem pada HP kamu.

Fungsi lain dari aplikasi ini adalah memungkinkan untuk melakukan tindakan seperti memindahkan berkas, menyalinnya, mengganti nama dan mengesktraknya ke folder sistem android yang digunakan. Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun untuk menghilangkan iklan yang mengganggu kamu harus menggunakan versi yang berbayar.

Boot Animation

Bagi pengguna android yang sudah bosan dengan tampilan HP yang digunakan maka aplikasi Boot Animation ini sangat cocok untuk kamu coba. Kamu cukup lakukan modifikasi android dengan cara root maka aplikasi ini bisa kamu gunakan. Aplikasi ini menyediakan ratusan animasi yang bisa digunakan ke perangkat android kamu sehingga tampilan HP-mu akan berbeda dari yang sebelumnya.

Baca Juga: 11 Pilihan Download Aplikasi Piano untuk Android

StickMount

Kebanyakan HP Android keluaran di atas tahun 2020 sudah support dengan USB OTG sehingga kamu bisa membaca USB Drive atau Flashdrive di HP Android kamu tentunya dengan OTG adapter. Akan tetapi, HP android versi lawas tidak mempunyai fitur tersebut dan dibutuhkan aplikasi tambahan, yaitu StickMount. Tentunya aplikasi StickMount baru bisa dipasang setelah kamu melakukan root sistem pada HP Android yang kamu gunakan.

Flashfire

Kebanyakan kasus yang terjadi setelah kamu melakukan root sistem pada HP Android adalah tidak adanya updates otomatis lagi atau OTA (Over the Air). Kasus terburuknya adalah root akan hilang setelah kamu melakukan update dan bahkan sistem Android pada HP akan rusak.

Flashfire merupakan aplikasi yang dapat mencegah hal tersebut terjadi agar akses root tidak hilang ketika update android via Over the Air. Aplikasi Flashfire ini merupakan aplikasi buatan Chainfire yang bisa kamu gunakan setelah melakukan root pada sistem android di HP kamu.

🔴 BACA JUGA:  9 Aplikasi Penting Setelah Root Ini Wajib Banget Diinstall

Bagaimana, apakah ulasan mengenai 9 aplikasi yang membutuhkan root ini sudah cukup membantu? Tuliskan komentarmu ya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
5
Share