8 Aplikasi Ujian Online Berbasis Android Terbaik, Ada yang Bisa Unggah Animasi dan Audio

Masa pandemi membuat banyak kebiasaan berubah. Mulai dari sekolah online, kerja dari rumah, belanja online, bahkan sampai ujian online. Aplikasi ujian online berbasis android pun bermunculan untuk memudahkan aktivitas dan meminimalkan tatap muka.

Kegiatan online tersebut tentunya memerlukan gawai dan sinyal yang stabil. Bukan hanya itu aplikasi yang bagus dan mudah digunakan juga dicari di masa serba digital ini.

Aplikasi ujian online berbasis android berbeda dengan aplikasi belajar atau meeting online seperti Zoom, Google Meet, Webex, Skype, dan lain-lain. Aplikasi ujian online memungkinkan pengguna memilih jawaban pilihan ganda sampai essay.

Sebagai pengajar tentunya harus belajar menggunakan aplikasi ini. Pilih aplikasi ujian online berbasis android yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan. Ketimbang bingung, berikut ini rekomendasi aplikasi ujian online yang bisa digunakan:

Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Berbasis Android, Pilih yang Mana?

Google Form

Sebagian besar dari kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Kamu bisa langsung terhubung dengan aplikasi pembelajaran online Google Class.

Kamu bisa menggunakannya secara cuma-cuma alias gratis. Kamu hanya perku menyesuaikan model dan materi ujiannya saja.

Selain bisa digunakan untuk soal pilihan ganda, Google Form juga bisa dipakai untuk ujian essay panjang ataupun pendek. Kamu bisa menggunakan android untuk mengakses Google Form.

Bukan hanya ujian, Google Form juga kerap digunakan untuk survei atau angket. Kamu juga bisa membuat angket terkait efektivitas materi melalui Google Form.

Testmoz

Aplikasi ujian online yang mudah digunakan lainnya adalah Testmoz. Desainnya sederhana dan simple sehingga mudah untuk digunakan.

Jika kamu menggunakan versi gratis, maka bisa digunakan untuk 50 orang atau siswa sekaligus. Sepertinya cukup jika hanya untuk memfasilitasi siswa dalam satu kelas.

Kamu bisa memilih beberapa fitur dalam Testmoz, antara lain soal pilihan ganda, soal benar atau salah, mencocokkan jawaban essay panjang atau pendek.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur unggah gambar ke dalam jawaban. Ada juga fitur bank soal lengkap, unggah file, video, dan lain-lain.

Pastinya aplikasi Testmoz ini tidak memerlukan banyak ruang. Bisa digunakan di desktop ataupun mobile. Kamu berminat mencobanya?

ThatQuiz

Selanjutnya kamu bisa memilih aplikasi ujian online ThatQuiz. Aplikasi ujian online berbasis android ini bisa kamu gunakan ketika membuat soal ujian baik essay atau pilihan ganda.

Aplikasi ini masin terbatas pada mata pelajaran tertentu. Misalnya saja geografi yang membahas terkait benua, samudera, dan berbagai wilayah.

Pelajaran matematika dan bahasa seperti Jerman, Inggris, Perancis, dan Spanyol juga direkomendasikan menggunakan aplikasi ini.

Quizizz

Kamu pasti pernah menggunakan aplikasi ini. Selain untuk ujian, aplikasi Quizizz ini kerap digunakan untuk quiz atau brainstorming webinar atau acara lain.

Menariknya Quizizz ini bisa berlangsung secara realtime. Hasilnya juga akan langsung didapat saat itu juga.

Tampilan Quizizz sangat menarik, peserta ujian dijamin tidak bosan dan tegang saat mengerjakan soal ujian. Kamu juga bisa menambahkan animasi atau audio jika diperlukan. Wah serunya, bikin ujian lebih interaktif.

Aplikasi ujian online berbasis android Quizziz juga menyediakan bank soal. Jadi kalau kamu bingung atau kehabisan ide membuat soal, bisa menggunakan fitur bank soal yang ada di aplikasi tersebut.

Zoho Challenge

Aplikasi ujian online lainnya yang bisa kamu pilih adalah Zoho Challenge. Kamu bisa menambahkan berbagai media, seperti audio, gambar, dan video di setiap soal.

Kamu juga bisa membuat soal sesuai kebutuhan. Kamu mau membuat soal essay, pilihan ganda, atau bahkan mengisi titik-titik atau fill the blank juga bisa kamu gunakan.

Jika menggunakan aplikasi Zoho Challenge ini kamu bebas membuat soal apapun yang kamu mau. Menarik sekali ya, tertarik mencoba?

ProProfs

Aplikasi ujian online berbasis android berikutnya adalah ProProfs. Menariknya jika menggunakan aplikasi ini siswa akan mendapatkan piagam berdasarkan skor yang dicapainya. Wah, menarik ya.

Hanya saja aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk 10 orang jika ingin gratis. Jika ingin kapasitas lebih kamu harus membayar atau membelinya.

Quizstar

Rekomendasi aplikasi ujian online berikutnya adalah Quizstar. Kamu bisa membuka aplikasi Quizstar ini melalui website atau aplikasi.

Aplikasi ini dijamin gratis 100 persen. Selain membuat soal, ada juga fitur menyusun administrasi siswa dan penilaian otomatis. Menariknya ada fitur membuat soal dalam bentuk multimedia jika menggunakan aplikasi ini.

QuizEgg

Pilihan aplikasi ujian online berbasis online QuizEgg. Kamu akan mendapatkan link unik yang kemudian bisa di copypaste dan dibagikan ke siswa atau peserta ujian.

Kelebihan dari aplikasi ujian online yang satu ini adalah pengguna bisa melakukan kustomisasi dengan mudah.

Misal melakukan grade-ing di setiap soal. Selain itu kamu juga bisa menampilkan jawaban benar atau salah di setiap jawaban. Tentunya akan ditampilkan setelah peserta ujian selesai mengerjakan semua soal.

Tips Memilih Aplikasi Ujian Online Berbasis Android

Wah, ternyata ada banyak ya aplikasi ujian online yang bisa digunakan. Fitur dan fasilitasnya pun beragam. Penggunaannya mudah dan bisa digunakan di laptop ataupun handphone.

Setelah membaca rekomendasi aplikasi ujian online di atas, apakah sudah mempunyai bayangan aplikasi apa yang bakal dipakai?

Setiap aplikasi tentu ada kekurangan dan kelebihan. Kamu juga harus memperhatikan jenis soal yang akan kamu buat. Apakah soal pilihan ganda, isian, essay panjang pendek, dan lainnya.

Termasuk apakah memerlukan gambar, video, atau media lain dalam soal. Bukan itu saja, apakah pembuat soal akan meminta siswa atau peserta ujian mengunggah lampiran? Ini perlu jadi pertimbangan lho.

Nah, berikut ini adalah tips memilih aplikasi ujian online yang tepat.

Sesuai Kebutuhan

Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak memerlukan gambar atau suara, bisa menggunakan aplikasi Google Form.

Selain mudah digunakan aplikasi tersebut juga langsung terhubung dengan akun Google. Jadi tidak perlu repot untuk mempelajari aplikasi lain.

Nah, jika butuh mengunggah media baik foto ataupun video silakan pilih rekomendasi di atas. Rekomendasi tersebut akan membantumu membuat soal ujian dengan mudah.

Mudah Digunakan

Pelajari terlebih dulu beberapa aplikasi yang direkomendasikan tersebut. Apakah penggunaannya mudah atau tidak.

Pilih aplikasi yang paling mudah digunakan dan tidak ribet. Apalagi jika pengguna tergolong orang yang kurang memahami aplikasi baru.

Selain itu, aplikasi tersebut juga mudah digunakan untuk siapa saja. Pasalnya yang akan menggunakan link aplikasi adalah peserta ujian yang memiliki waktu terbatas ketika mengerjakan soal.

Fasilitas Lengkap

Jika ingin sempurna, pilih aplikasi ujian online dengan fasilitas lengkap. Misal bukan hanya menyediakan fitur pilihan ganda atau pun essay, tetapi yang bisa mengunggah media. Baik bagi yang membuat soal atau peserta ujian.

Nah, demikian ulasan singkat terkait aplikasi ujian online. Ingat pilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba aplikasi ujian online berbasis android.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share