Tips  

7 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone untuk Menjaga Privasi

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone
Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Handphone bukan sekadar alat komunikasi saja, tapi juga benda yang mampu menyimpan bermacam data berharga dari pemiliknya. Itu mengapa sebagian besar orang menganggap handphone sebagai benda yang sangat privasi sifatnya. Nggak boleh berpindah tangan sembarangan. Untungnya, fitur keamanan pada handphone sudah semakin canggih. Terlebih pada iPhone dengan segala kecanggihannya yang belum bisa “dijiplak” oleh android. Namun para pengguna perlu juga tahu cara mengunci aplikasi di iPhone demi menjaga kemanan yang lebih baik lagi.

Cara mengunci aplikasi pada iPhone sebetulnya bukan rahasia baru. Sebagian pengguna mungkin sudah menerapkannya pada iPhone mereka. Tapi, tetap saja ada pengguna iPhone yang belum tahu akan hal ini atau belum pernah menerapkannya sama sekali. Padahal, cara mengunci aplikasi pada iPhone terbilang sangat mudah. Bisa dilakukan tanpa atau dengan aplikasi bantuan.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone untuk Menjaga Privasi

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mengunci aplikasi yang terpasang di iPhone, silakan pahami 7 metodenya berikut ini.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Melalui Restriction

Jika kamu bermaksud mengunci aplikasi yang terinstal di iPhone dengan restriction, maka kamu harus tahu dulu perangkatmu menggunakan iOS apa. Sebab tahap-tahap penguncian untuk iPhone dengan iOS 12 ke atas akan berbeda dengan iOS 11 ke bawah. Kalau kamu sudah mengetahuinya, tinggal ikuti langkah-langkahnya:

Khusus untuk iPhone iOS 11 ke Bawah

  • Langkah awal buka menu pengaturan. Kemudian pilih opsi General.
  • Aktifkan “Restriction” lalu lanjutkan dengan memilih “Enable Restriction”. Sampai di tahap ini, kamu akan menerima perintah untuk memasukkan passcode. Setelahnya, kamu tinggal menentukan aplikasi apa saja yang tidak ingin terlihat oleh orang lain. Beres.

Khusus untuk iPhone iOS 12 ke Atas

  • Sebagai langkah awal, bukalah menu pengaturan pada perangkat iPhone-mu. Jika pada iOS11 ke bawah kamu harus memilih opsi General maka untuk yang ini kamu harus memilih opsi Screen Time.
  • Selanjutnya, pilih menu “Content and Privacy Restrictions”. Lalu silakan tekan tombol “Allowed Apss”.
  • Akhiri cara ini dengan memilih aplikasi yang ingin kamu kunci. Jika sudah, berarti semua aplikasi-aplikasi yang kamu pilih tadi nggak bisa lagi terlihat oleh orang lain. Hanya kamu sendiri yang bisa memunculkannya kembali.

Metode pertama yang terbagi dua bagian ini adalah cara termudah menyembunyikan aplikasi-apikasi tertentu dari layar handphonemu. Sebenarnya dengan menerapkan metode di atas privasimu sudah cukup aman. Namun untuk menambah wawasan agar lebih mantap lagi, tak ada salahnya untuk mempelajari metode-metode yang lain.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Menggunakan Touch Id

Pada metode kedua, pengguna tetap bisa melakukan penyimpanan aplikasi tanpa memerlukan support aplikasi ketiga. Kamu bisa mengandalkan Touch Id supaya aplikasi-aplikasi tertentu bisa kamu sembunyikan dari jangkauan mata orang lain sewaktu-waktu iPhone-mu hilang atau sedang dipinjam. Terpenting supaya cara kedua ini berhasil sesuai harapan, ikuti langkah-langkahnya dengan benar ya.

  • Untuk langkah pertama sama seperti metode sebelumnya. Yang harus kamu lakukan ialah membuka menu pengaturan pada perangkat handphonemu.
  • Kemudian, pilihlah opsi Touch ID and password. Cantumkan password yang masih aktif pada kolom yang tersedia.
  • Langkah berikutnya aktifkan Touch ID pada aplikasi-aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Namun agar Touch ID tersebut bisa berfungsi, kamu harus menambahkan sidik jari atau finger print. Tenang, nggak sulit kok. Cukup tekan jarimu pada touch pad atau layar handphone. Sistem internal iPhone akan “merekam” sidik jarimu sebagai identitas. Jadi sewaktu-waktu ada yang mencoba mengakses dengan sidik jari lain, maka security alert akan bekerja.
  • Selesai menambahkan sidik jari, hal yang harus kamu lakukan berikutnya ialah kembali ke menu pengaturan. Masukkan passcode dan Touch Id.
  • Sekarang tinggal aktifkan Touch Id lalu tandai aplikasi-aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Selesai.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone dengan Face Id

Metode ketiga dari cara mengunci aplikasi di iPhone ialah dengan mengandalkan fitur Face Id. Face Id merupakan fitur bawaan iPhone yang fungsinya mengidentifikasi pengguna. Bila Touch Id mengenali penggunanya lewat sidik jari, maka Face ID melalui wajah.

Fitur Face Id memungkinkan kamu menyembunyikan beberapa aplikasi yang menurutmu privat. Caranya sangat mudah. Ini tahap-tahap yang mesti kamu lakukan.

  • Buka menu setting sebagai langkah awal.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi “Akun” lalu “Privasi”. Setelah itu akan muncul halaman baru berisi beberapa opsi. Usap layar ke bawah sampai kamu temukan opsi “Kunci Layar”.
  • Klik Face Id, baru kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu kunci atau sembunyikan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada iPhone Pakai Timer

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa fitur timer bisa merangkap fungsi ganda. Selain sebagai penanda waktu, ternyata timer juga kamu manfaatkan untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang nggak ingin diketahui orang lain. Untuk membuktikannya, ikuti petunjuk langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, masuklah ke halaman home screen.
  • Usap layar agar control panel muncul. Lalu pilih opsi “Timer” yang ditandai dengan ikon jam.
  • Setelah memilih opsi tersebut, akan muncul opsi lanjutan berupa “When Timer Ends”. Nah jangan ragu untuk memilih opsi tersebut. Kemudian, lanjutkan dengan mencentang “Stop Playing” dan “Set” yang terdapat di bagian kanan atas layar. Beres.

Menyembunyikan Aplikasi di iPhone dengan Bantuan Applocker

Pada dasarnya, teknik penguncian aplikasi pada android dan iPhone tak jauh berbeda. Kalau kamu gagal memaksimalkan fungsi aplikasi bawaan untuk mengunci aplikasi-aplikasi penting, kamu masih bisa mengandalkan aplikasi tambahan. iPhone sendiri menyediakan banyak sekali aplikasi yang membantu memperkuat sistem keamanan perangkat, termasuk menyembunyikan aplikasi. Salah satunya Applocker atau biasa disingkat Applock.

Aplikasi ini bisa kamu unduh gratis melalui Playstore. Banyak pengguna iPhone yang suka menggunakan Applocker karena kemudahannya. Terlebih untuk pengguna baru yang belum terbiasa dengan program iPhone. Tampilannya pun terbilang jernih sehingga nyaman di mata.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Secret Folder App lock

Selain applock, ada juga aplikasi tambahan yang tak kalah memuaskan yakni Secret Folder App Lock. Bila kamu menginstalnya di iPhone, maka handphonemu akan mendapat perlindungan keamanan tingkat tinggi.

Bukan cuma bisa mengunci aplikasi, Secret Folder Lock juga bisa mengamankan file-file penting. Sehingga apabila iPhone-mu hilang, file-file tersebut tidak bisa diakses oleh orang lain.

Yang lebih menarik lagi, aplikasi sebagus ini bisa kamu unduh gratis di Playstore. Pantas bila Secret Folder App Lock telah diunduh jutaan kali oleh pengguna iPhone.

Menyembunyikan Aplikasi di iPhone dengan iProtect 

Aplikasi iProtect menambah panjang daftar cara mengunci aplikasi pada iPhone. Menawarkan security system yang tak kalah mantap dari aplikasi-aplikasi sejenis lainnya. Kamu bebas pilih sendiri sistem pengunciannya seperti apa. Boleh dalam bentuk password, sidik jari, garis, dan sebagainya. Senyaman kamu saja.

Begitulah 7 cara mengunci aplikasi di iPhone yang bisa kamu terapkan dengan mudah demi menjaga privasi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share